Ketetapan Allah atas Rizqi bagi MakhlukNya

Hasbunallaah


وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). ( QS. Hud : 6 )

Assalamu'alaikum saudaraku, membicarakan mengenai rezeki, kadang kita melihat saudara-saudara kita yang semangat dan menggebu-gebu sekali dalam mencarinya, sampai muncul istilah membanting tulang demi mencari sesuap nasi. 

Mencari rezeki memang diperintahkan Allah dalam rangka mencukupi kebutuhan kita selama hidup di dunia, tetapi kadang kita justru lebih mengedepankan mencari  rezeki di dunia ini. Kita takut rezeki akan jauh dari kita ketika kita tidak menggebu-gebu dalam mencarinya dan kita juga takut jatuh miskin karena kekurangan rezeki. 

Sehingga tidak sedikit kemudian diantara kita justru akhirnya terbujuk akan gemerlap dunia dan lupa akan kewajiban sejati kita yaitu bersyukur dengan taat beribadah kepada Sang Pemberi Rezeki, Allah SWT. Padahal sebagaimana ayat yang saya sebutkan diatas, Allah adalah pengatur alam semesta, dan tidak ada satu makhluk pun kecuali Allah telah menentukan rezeki atasnya. 

Ada sebuah hikayat yang saya nukil dari kitab Al-mawa'iz al-'Ushfuriyyah karangan Syaikh Muhammad bin Abi Bakr, kiranya hikayat ini dapat kita ambil hikmah dan i'tibar bagi kita.

Hikayat ini berkisah tentang Ibrahim bin Adham, salah seorang tokoh sufi yang masyhur dalam Islam. Sebelum menjalani kesufian, beliau adalah seorang Raja yang kaya raya di suatu negeri. Hikayat ini adalah mengenai sebab pertaubatan beliau.

Pada suatu ketika, beliau sedang pergi berburu di hutan. Setelah lelah berburu, beliau beristirahat di sebuah tempat sembari menggelar tikar untuk tempat beliau makan. Ketika beliau sedang makan, tiba-tiba datanglah seekor burung gagak dan mengambil sepotong roti miliknya. Burung tersebut menggunakan paruhnya untuk membawa roti tersebut dan  terbang ke angkasa. 

Ibrahim bin Adham takjub melihat tingkah burung tersebut dan beliau bergegas menaiki kudanya dan mengikuti kemana burung itu pergi. Beliau terus mengikuti burung itu, hingga akhirnya sang burung naik ke atas sebuah bukit dan hilang dari pandangan mata Ibrahim. Kemudian Ibrahim pun naik ke atas bukit untuk mencari burung tersebut.

Dari jarak yang cukup jauh, beliau melihat burung gagak yang dicarinya. Ketika beliau mencoba mendekat, terbanglah burung gagak tersebut, namun di dekatnya beliau melihat seorang lelaki yang terbaring di tanah dan terikat tali. Melihat hal itu, kemudian beliau turun dari kudanya dan segera melepaskan ikatan tali pada lelaki itu. 

Beliau pun bertanya kepada lelaki tersebut mengenai kisah dan keadaan yang dialaminya. Sang lelaki kemudian menjawab : 
''Sesungguhnya saya adalah pedagang yang hendak pergi berdagang, namun di tengah jalan saya dirampok oleh kawanan perampok. Mereka mengambil semua hartaku dan hendak membunuhku. Mereka mengikatku dan kemudian membuangku di tempat ini. Selama satu minggu dengan keadaan saya terikat, setiap hari datang seekor burung gagak dengan membawa sepotong roti. Burung itu bertengger di atas dadaku dan memecah roti menjadi potongan kecil dengan paruhnya. Kemudian sang burung meletakan roti itu ke dalam mulutku. Dengan keadaan seperti itulah Allah tidak pernah meninggalkanku dalam keadaan lapar walaupun dengan keadaan terikat berhari-hari.

Setelah mendengar kisah sang lelaki, Ibrahim kemudian segera naik ke atas kuda dan membonceng sang lelaki mengantarkannya ke tempat tinggal sang lelaki. 

Ibrahim bin Adham kemudian bertaubat dan kembali kepada Allah. Beliau melepas pakaian kebesarannya dan beliau ganti dengan pakaian dari kain wol, beliau juga merdekakan budak-budaknya serta mewakafkan tanah dan harta miliknya.

Kemudian beliau mengambil tongkat dan berjalan menuju Makkah tanpa membawa bekal dan kendaraan. Beliau pasrahkan semua kepada Allah, bekal dan rasa lapar tidak beliau khawatirkan, hingga akhirnya sampailah beliau di Ka'bah. Kemudian beliau mengucap syukur dan pujian kepada Allah Ta'ala.

Allah berfirman : 

Dan Allah memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. ( QS. At Thalaq : 3 )
Labels: Kisah Hikmah

Thanks for reading Ketetapan Allah atas Rizqi bagi MakhlukNya. Please share...!

0 Komentar untuk "Ketetapan Allah atas Rizqi bagi MakhlukNya"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.