Mencegah dan Melindungi Mata dari gangguan Computer Vision Syndrome (CVS)

Gangguan CVS

Ketika kita sering berlama-lama menatap layar komputer sampai berjam-jam untuk bekerja, mengerjakan tugas, mencari informasi ataupun bersosialisasi, mata menjadi terasa kering, panas, dan penglihatan menjadi kabur.

Bahkan tidak jarang merembet menjadi sakit punggung, leher, bahu dan sakit kepala. Jika terjadi hal demikian, mungkin kita mengalami gangguan yang disebut Computer Vision Syndrome (CSV). Computer Vision Syndrome adalah salah satu bentuk dampak negatif yang terjadi pada mata atau anggota tubuh lainnya akibat pemakaian komputer yang berlebihan.

Untuk mencegah dan melindungi mata dari gangguan CVS tersebut, lakukan langkah-langkah berikut :

  1. Dengan posisi tubuh tegak, atur layar komputer agak ke bawah sehingga letaknya sekitar 4 sampai 8 inci di bawah level mata.
  2. Aturlah cahaya dan kilau layar pada komputer hingga mendapatkan yang paling nyaman bagi mata kita.
  3. Setiap 15 menit, gerakkan mata ke kiri dan kanan. Kemudian lihat ke tempat jauh sambil memutar bahu, sehingga dengan begitu kita juga melakukan peregangan leher.
  4. Gunakan waktu 10 menit untuk istirahat paling sedikit setiap 2 jam. Jalan mondar mandir di dekat meja atau di mana saja, ataupun keluar ruangan. Biarkan mata melihat objek lain selain layar komputer. Lakukan apa saja yang tidak perlu fokus secara intens.
  5. Gunakan tetes mata. Kedipan mata berkurang ketika kita menatap layar. Akibatnya mata menjadi kering. Menggunakan obat tetes mata mungkin bisa membantu mengatasi mata kering.
  6. Penggunaan kacamata. Bagi yang berkacamata, minta kepada dokter spesialis mata untuk memilihkan kacamata yang tepat saat menggunakan komputer juga dianjurkan.
  7. Istirahatkan mata dengan tidur. Membran retina sama seperti bagian tubuh lainnya yang memerlukan istirahat. Tidur juga diperlukan untuk pemulihan.

Tips agar layar tidak merusak mata

Berikut saran para ahli bagi yang sering menatap layar komputer, televisi, atau ponsel.

  1. Gunakan aturan 20-20-20. Ketika menatap layar, kita berkedip 2/3 lebih sedikit per menit. Hal ini bisa membuat mata kering dan dapat menyebabkan iritasi. Untuk membantu mempertahankan tingkat kelembaban yang sehat dan mengurangi mata lelah, biasakan melihat sesuatu yang jaraknya paling sedikit 20 kaki, paling sedikit 20 detik setiap 20 menit. (Mark Rosenfield, PhD., Professor of Clinical Education di State University of New York College of Optometry)
  2. Cari tipografi. Menggunakan font Times New Roman mungkin menjadi pilihan, tetapi di layar komputer, desainnya yang curvy dengan ekor-ekor kecil di ujung huruf dan disebut serif, dapat memperlambat pengenalan kata dan memaksa kita menatap layar lebih keras dan lebih lama, maka akibatnya mata menjadi lelah. Menggunakan font seperti Arial atau Verdana, yang punya lebih jarak di antara huruf-huruf, bisa membuat kata-kata lebih jelas dan lebih mudah dibaca dari jarak agak jauh, dan tidak membuat mata terlalu lelah. (James Sheedy, PhD., Direktur Vision Performance Institute di Pacific University College of Optometry)
  3. Bersihkan layar. Setiap kali memandang sesuatu dari jarak dekat, mata harus bergerak ke dalam untuk membuat fokus. Jika layar tertutup debu, kotoran dan sidik jari, fokus bahkan jadi lebih susah lagi dan lama kelamaan bisa membuat mata lelah, selain itu juga dapat menyebabkan sakit kepala kronik. Lap layar yang paling banyak digunakan setiap hari dengan lap microfiber untuk menghilangkan kotoran. (Peter Shaw McMinn, Assistant Professor of Clinical Studies di Southern California College of Optometry)



Sumber: Situs Sharecare; Oprah.
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Mencegah dan Melindungi Mata dari gangguan Computer Vision Syndrome (CVS). Please share...!

0 Komentar untuk "Mencegah dan Melindungi Mata dari gangguan Computer Vision Syndrome (CVS)"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.