Suluk Martabat Wahdat Wakidiyat dan Terjemahannya


Suluk Martabat Wahdat Wakidiyat merupakan salah satu karya dari Susuhunan Paku Buwono III yang berkuasa di Kasunanan Surakarta pada tahun 1749 - 1788 M. Selama memegang tampuk kekuasaan, beliau juga sangat aktif dalam mengembangkan sastra dan budaya jawa. Dari sini kita bisa melihat bahwa selain menjadi seorang Sultan, Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Paku Buwana III juga merupakan seorang yang memiliki kepandaian dan kemahiran dalam dunia sastra. Bahkan beliau termasuk penulis yang produktif, sehingga dapat dikatakan sebagai Pujangga ulung. Kemahirannya dalam bidang sastra juga kemudian diwariskan kepada putranya yaitu Sunan Bagus (Paku Buwana IV), yang kelak menjadi penerus kekuasaannya dan seorang pujangga ulung juga.

Ilustrasi suluk
Ilustrasi

Selain Suluk Martabat Wahdat Wakidiyat, karya-karya Paku Buwana III yang lain yaitu Serat Wiwaha Jarwa (th 1704 atau 1778), Suluk Bayan Maot, dan Suluk Sasmitaning Sanjata Cipta. Di samping menulis beberapa karya, Paku Buwana III juga mengambil peranan dalam dunia kesenian. Beliau aktif dalam pelestarian tari-tari ritual kenegaraan, salah satunya adalah tari Bedhaya Ketawang yang sampai sekarang masih tetap eksis. Mengenai karya fenomenalnya yaitu Suluk Martabat Wahdat Wakidiyat, sastra mistis ini berbentuk tembang Asmaradana yang terdiri dari 14 bait. Suluk ini merupakan salah satu bagian dari Serat Suluk Jaman Keraton Dalem Ing Surakarta, yang terdiri dari 27 macam suluk dan serat.

Suluk Martabat Wahdat Wakidiyat memberikan gambaran tentang penghayatan ghaib terhadap Tuhan dalam kerangka ajaran Martabat Tujuh (manusia adalah tajalli Dzat yang bersifat Esa). Dalam konsep tajalli, Tuhan bersifat aktif, menampakkan diriNya melalui tujuh martabat. Banyak makna yang dapat dikaji dari suluk ini, terutama hal-hal yang berkaitan dengan ajaran Tasawuf. Konsep makrifat dan jalan untuk mencapainya, konsep tauhid, tajalli Allah dalam diri manusia sebagai insan kamil merupakan ajaran utama dalam suluk ini.

Dikutip dari 'Islam dan Spiritualitas Jawa' karya Samidi Halim, berikut isi Suluk Martabat Wahdat Wakidiyat beserta Terjemahannya:

1. Martabat pitu Kinawi
Martabat tujuh dikarang
Pra samya angawruhana
Agar semua mengetahui
Akadiyat wiwitane
Akadiyat permulaannya
Ping kalih martabat wahdat
Yang kedua martabat wahdat
Ping tiga wakidiyat
Yang ketiga wakidiyat
Wahdaniyat kapatipun
Wahdaniyat yang keempat
Kaping lima ngalam misal
Kelima alam misal. 

2. Ping nem alam jesam singgih
Keenam yaitu alam ajesam
Insan Kamil ping pitunya
Insan Kamil yang ketujuh
Martabat iya tegese
Martabat itu artinya
Akarya ing kenyataan
Membuat kenyataan
Tegese akadiyat
Arti dari akadiyat
Nyatakaken ing datipun
Menyatakan dat-Nya
Tuhune ing dhirinira
Yang sesungguhnya di dalam dirimu. 

3. Tegese Wahdat puniki, 
Arti Wahdat ini
Nyatakaken sipatira, 
Menyatakan sifat-Nya
Pan wis nyata ing dheweke, 
Yang sudah nyata dalam dirinya
Tegese kang Wakidiyat, 
Arti dari wakidiyat
Punika kaya paran, 
Itu bagaimana
Nyatakaken wimanipun, 
Menyatakan rumah-Nya
Wus nyata ing aranira. 
Sudah nyata nama-Nya

4. Wahdaniyat ingkang wahit, 
Wahdaniyat yang pertama
Punika den kawruhana, 
Ketahuilah hal tersebut
Gone nyata dat sipate, 
Tempatnya yang nyata dzat sifat-Nya
Asma kalawan apengal
Asma dengan afngal (perbuatan) 
Pundi nyataning ngedat
Yang mana kenyataannya dzat
Roh ilapi jatinipun
Roh ilafi yang sebenarnya
Nyatane among titiga. 
Nyatanya hanya tiga. 

5. Nyatane kang roh ilapi, 
Sebenarnya roh ilafi
Wus nyata ing ngasalira, 
Sudah nyata dalam asal-Nya
Nyatakaken ing rupane, 
Menyatakan wujud-Nya
Ping kalih alam ajesam, 
Kedua alam ajesam
Tegese alam jesam
Artinya alam ajesam
Nyatakaken apngalipun, 
Menyatakan afngal-Nya
Insan Kamil kaping tiga. 
Insan Kamil yang ketiga. 

6. Ingkang ngaran asma jati, 
Yang dinamakan asma jati
Nenggih asmane Roh Ollah, 
Adalah asmanya rohullah
Edat Ilaha sipate, 
Dzat Ilahi sifat-Nya
Ilalah ing ngaran asma, 
Illallah yang disebut asma
Muhkamad Rasulullah
Muhammad Rasulullah
Nggih puniku apngalipun
Yaitu afngal-Nya
Nora jasad lan Muhkamad. 
Bukan badan Muhammad. 

7. Wus nyata asal ngawruhi, 
Sudah jelas asal pengetahuannya, 
Pundi ingkan aran edat, 
Mana yang dinamakan dzat
Lan sipat apngal asmane, 
Dan sifat afngal asma-Nya
Wus nyata ing jenengira
Sudah nyata dalam nama-Nya
Nyatane polahira, 
Sesungguhnya tindakan-Nya
Puniku roh jatinipun, 
Itu roh yang sejati
Apngal nyata gawenira. 
Afngal nyata perbuatannya. 

8. Nyatane asma kang yekti, 
Sejatinya asma yang sebenarnya
Pangucap ing roh punika, 
Perkataan roh itu
Namaning ngeroh jatine, 
Namanya roh sejati
Jaba jero pan wus nyata, 
Luar dalam sudah nyata
Terus kalawan padhang, 
Lurus dan terang
Datan ana liyanipun, 
Tidak ada lainnya
Teka wulune salembar. 
Walau hanya sehelai bulu. 

9. Pundi kang aran roh Jati, 
Mana yang dinamakan roh sejati
Iya kang nyata iman, 
Yaitu iman yang sebenarnya
Tokit lawan makripate, 
Tauhid dan makrifat
Kang pundi tegese iman, 
Yang berarti iman itu
Pangestune Roh Ullah, 
Berkahnya Rohullah
Kang ngaran tokit puniku
Yang dinamakan Tauhid itu
Tunggal jeneng lawan sira. 
Satu nama denganmu. 

10. Tegese makripat iki, 
Arti makrifat ini
Paningalira punika, 
Penglihatanmu itu
Aran makripat tegese, 
Arti makrifat yaitu
Punapa ingkang tiningalan, 
Apa yang dilihat
Kalawan tinarima, 
Dan yang diterima
Jenenge roh kang rumuhun, 
Namanya roh yang terdahulu
Narima ing jisimira. 
Menerima terhadap jasadmu. 

11. Nenggih tatkalane urip, 
Yaitu ketika hidup
Kinarya paesan tunggal, 
Dijadikan hiasan tunggal
Narima ing wayangane, 
Menerima dalam bayangannya
Kaya roh ing nguripira, 
Seperti rohnya hidupmu
Nanging Ngallah kang mulya, 
Tetapi Allah Yang Maha Mulia
Anenggih kang Maha luhur, 
Dan Yang Maha Luhur
Langgeng datan kena owah. 
Abadi tidak bisa berubah. 

12. Apa kang tunggal pamanggih, 
Apakah yang satu pendapat
Tunggal wujud lawan sira, 
Menjadi satu wujud denganmu
Pamanggih ing roh tegese, 
Pendapat roh maksudnya
Jangjine urip satunggal, 
Janjinya hidup satu
Kaya paran tunggalnya, 
Bagaimana menyatunya
Tegese tokit puniku, 
Artinya tauhid itu
Datan roro jenengira. 
Tidak dua namanya

13. Paningale roh kang ening, 
Penglihatan roh yang hening
Datan mulat maring liyan, 
Tidak melihat pada yang lainnya
Nenggih amung pangerane, 
Tetapi hanya kepada Tuhannya
Dadi awas mring pengeran, 
Jadi memandang terhadap Tuhan
Sapa wonge kang ngawas, 
Barang siapa yang memandangnya
Ingkang ngawas mring rohipun,
Juga memandang terhadap rohnya
Iku awas marang suksma.
Itu memandang terhadap Suksma. 

14. Pangucap ing roh kang yekti,
Perkataan roh yang sebenarnya
Iku wong ngamaca Kur'an,
Itu adalah orang yang membaca Al Qur'an
Ing siyang lawan dalune,
Di siang dan malam hari
Tan lali ing ngadhepira,
Tidak lupa menghadap
Kang madhep marang suksma,
Yang menghadap pada Tuhan
Ngendi lakune roh iku,
Dimana jalannya roh itu
Nenggih nglampahaken salat.
Adalah menjalankan sholat.

Labels: Seni Budaya

Thanks for reading Suluk Martabat Wahdat Wakidiyat dan Terjemahannya. Please share...!

0 Komentar untuk "Suluk Martabat Wahdat Wakidiyat dan Terjemahannya"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.