Penyebab-Penyebab Kulkas Tidak Dingin Lagi


Kulkas atau lemari es merupakan piranti kebutuhan rumah tangga yang kini tidak asing lagi. Hampir di setiap rumah bagi kalangan yang cukup berduit pasti memiliki kulkas di rumahnya. Kulkas ibarat kepingan rumah tangga yang tidak boleh tertinggal bagi kehidupan masyarakat modern pada masa kini. Keberadaan kulkas memang cukup membantu dalam menunjang berbagai keperluan kita, sehingga kita rela untuk mendapatkannya meski dengan harga yang tidak murah. Ia bermanfaat sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar, dingin dan awet sehingga bisa bertahan lebih lama. 

Bagi yang suka memasak, kulkas juga bisa untuk menyimpan bahan makanan agar tetap segar. Ia bisa untuk menyimpan sayur-sayuran, buah-buahan, bahkan daging mentah untuk keperluan masak juga disediakan tempat untuk menyimpannya di dalamnya, sehingga sewaktu-waktu kita hendak mengolahnya, kita bisa tinggal mengambilnya dari kulkas dalam keadaan masih segar. Atau kita juga bisa memanfaatkan kulkas untuk menunjang bisnis yang kita jalani, misalnya bagi yang jualan es lilin, es krim, dan sebagainya. 

Kenapa kulkas tidak lagi dingin
ilustrasi kulkas

Kulkas memang identik dengan dingin, sehingga ketika tidak dingin lagi maka berarti ada masalah yang terjadi pada kulkas anda. Jika anda merasa kulkas di rumah anda terasa tidak dingin lagi, segera lakukan pengecekan dan pastikan untuk segera mengatasinya. Anda bisa memanggil tukang servis yang memang berkompeten tentang hal itu. Hal ini penting untuk menjaga agar kulkas anda kembali sehat dan dapat kembali berkinerja baik seperti yang diharapkan. 

Sebagai langkah pencegahan, kita juga mesti mengetahui beberapa penyebab yang bisa menjadikan kulkas menjadi tidak dingin lagi, sehingga kita bisa mengantisipasi agar hal itu tidak terjadi lagi di masa mendatang. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa penyebab yang membuat kulkas menjadi tidak dingin lagi, di antaranya yaitu:

1. Sering Buka Tutup Pintu Kulkas


Kita seringkali buka tutup pintu kulkas saat sedang mencari makanan atau hendak memilih bahan makanan untuk memasak. Tanpa kita sadari kegiatan yang berulang-ulang ini nyatanya dapat berpengaruh bagi 'kedinginan' kulkas. Hal ini karena kegiatan sering buka tutup pintu kulkas ini dapat menyebabkan karet pintu kulkas menjadi longgar dan tidak lagi berfungsi dengan baik saat pintu menutup. Pintu kulkas yang tidak menutup rapat akan menyebabkan udara dalam kulkas keluar dan tercampur dengan udara bebas, sehingga suhu dingin di dalam kulkas akan menurun dan menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin lagi.

Hal ini terjadi karena saat pintu kulkas dibuka, maka udara dingin di dalam kulkas akan tercampur dengan suhu ruangan. Dan ketika pintu ditutup kembali, mesin pun akan menyesuaikan suhu di dalam kulkas kembali dingin. Jika hal ini dilakukan berulangkali maka mesin kulkas akan terus bekerja keras dan cepat rusak, sehingga akibatnya kulkas pun bisa menjadi tidak dingin. Oleh karenanya, kebiasaan seperti ini harus mulai kita hindari untuk menjaga keawetan kulkas. Hendaknya kita membuka kulkas saat benar-benar membutuhkan sesuatu di dalamnya, atau pikirkan terlebih dahulu barang-barang yang hendak kita ambil dari dalam kulkas, sehingga kita tidak perlu sering buka tutup pintu kulkas. 

2. Memasukkan Makanan Yang Masih Panas ke dalam Kulkas


Ini juga seringkali kita remehkan. Biasanya kita justru memasukkan makanan yang masih panas agar lekas dingin, namun cara ini ternyata tidak baik untuk keawetan kulkas, bahkan bisa berakibat fatal. Makanan panas yang disimpan dalam kulkas berpotensi menjadikan suhu di dalam kulkas menjadi menurun. Suhu panas dari makanan tersebut akan membuat mesin bekerja ekstra untuk menyesuaikan suhu tersebut dan kemudian mendinginkannya.

Jika hal ini sering kali kita lakukan, maka suhu kulkas bisa cepat drop dan kulkas bisa menjadi cepat rusak sehingga tidak dingin lagi. Cara untuk mencegahnya pastinya kita harus menghindari kebiasaan buruk tersebut, sehingga kulkas akan menjadi lebih awet. Oleh karenanya, sebelum menyimpan makanan ke dalam kulkas, pastikan makanan tersebut sudah benar-benar dingin sehingga nantinya kulkas kita akan tetap awet dan aman dari kerusakan.

3. Aliran Listrik Bermasalah


Kulkas menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Oleh karenanya, aliran listrik yang bermasalah bisa jadi membuat kulkas anda menjadi tidak dingin karena tidak berfungsi dengan baik. Kita seringkali mengabaikan hal sepele seperti ini, padahal jika aliran listrik tidak mengalir dengan baik maka kulkas juga tidak berfungsi dengan baik dan suhu menjadi tidak dingin. Jika kulkas anda tidak dingin, anda bisa coba mengecek saluran listrik yang terhubung dengan kulkas anda.

Caranya anda bisa coba menyambungkan peralatan elektronik lain ke sumber listrik tersebut. Jika berfungsi dengan baik, bisa jadi kabel kulkas anda yang rusak atau mungkin hanya kurang kencang ketika dipasangkan ke stop kontak. Tapi jika masalah ada pada yang lain seperti stop kontak atau mungkin juga karena tegangan listrik rumah anda yang kurang stabil sehingga menurunkan performa dari kulkas atau peralatan elektronik anda lainnya, maka segera perbaiki hal itu untuk membuat kulkas menjadi dingin kembali. Hal itu tentunya juga untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

4. Bunga Es yang Menumpuk


Bunga es atau gumpalan es yang jarang dibersihkan juga bisa jadi penyebab kulkas menjadi tidak dingin. Di bagian dalam kulkas terdapat lubang angin yang berperan dalam mendinginkan udara di dalam kulkas. Biasanya, bunga-bunga es ini akan menumpuk dan seringkali menutupi bagian lubang tersebut, sehingga kinerja kulkas juga menjadi terganggu. Oleh karenanya, jika anda mendapati bunga es sudah banyak menumpul di kulkas anda, segera bersihkan bunga es tersebut agar kulkas menjadi normal dingin kembali. 

Untuk cara membersihkannya anda bisa menggunakan kipas angin yang menyala dengan meletakkannya di depan kulkas yang terbuka. Biarkan angin masuk dan berinteraksi dengan bagian dalam kulkas sehingga bunga es tersebut mencair. Jika sudah mencair semuanya anda bisa membuang air tersebut dan mengelapnya sampai bersih. Selain dengan kipas angin, anda juga bisa membiarkan es mencair dengan sendirinya. Caranya yaitu biarkan pintu kulkas dan freezer terbuka, dan setting off agar bunga es mencair. Untuk cara ini biasanya butuh waktu satu jam an jika bunga es yang menumpuk cukup banyak. 

5. Pengaturan Suhu yang Salah


Saat kita membeli kulkas baru, biasanya ada petunjuk penggunaan yang mesti kita ketahui terkait cara menggunakan kulkas, salah satunya yaitu pengaturan suhu. Setiap kulkas dilengkapi dengan alat pengatur suhu. Namun tampaknya banyak dari kita yang kurang faham dengan fungsi dari pengaturan tersebut. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang kulkasnya masih baru, sehingga mereka lupa untuk memeriksa terlebih dahulu bagian pengatur suhunya setelah kulkas dinyalakan. 

Hal ini bisa juga terjadi karena mungkin ada anggota keluarga yang secara tak sengaja atau iseng menurunkan suhunya, sehingga tentunya akan membuat kulkas menjadi tidak maksimal dinginnya. Oleh karenanya, jika kulkas anda tidak dingin lagi bisa juga anda mengecek pengaturan suhunya, bisa jadi masalahnya ada di sana. Jika karena hal itu maka atur kembali pengaturan suhu dengan benar agar kulkas menjadi dingin normal kembali. 

6. Freon Bocor atau Habis


Seperti halnya pada AC, freon juga dipakai dalam kulkas untuk pendingin, agar suhu dalam ruangan kulkas bisa serendah mungkin. Freon adalah senyawa gas/carian yang tak berwarna, berbau, dan tak mudah terbakar. Pada umumnya, freon memiliki masa pakai dan perlu diganti bila isi tabungnya habis. Jika freon bocor atau sudah habis, maka otomatis akan meyebabkan kulkas menjadi tidak dingin. Untuk mengeceknya, andai bisa coba pegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grillkulkas. Bagian ini merupakan bagian yang seharusnya panas, karena panas freon akan dilepaskan di sini. Jika dirasa tidak terasa hangat, maka ada kemungkinan freon bocor atau mungkin sudah habis sehingga harus diisi lagi.

7. Kompresor Bermasalah


Penyebab lain dari kulkas yang tidak dingin juga bisa terjadi karena kompresor yang bermasalah. Kompresor ini ibarat jantung yang membuat seluruh komponen kulkas bekerja dengan baik, oleh karenanya ketika kompresor bermasalah maka kinerja kulkas juga terganggu. Pada kulkas yang tidak lagi dingin, biasanya hal ini terjadi karena bagian kompresor ini melemah, sehingga akibatnya suhu kulkas jadi memanas. Jika terjadi hal yang demikian, maka sebaiknya anda segera memanggil jasa tukang servis kulkas untuk mengecek dan memperbaiki kompresor kulkas anda yang rusak. 

Itulah di antara penyebab-penyebab kulkas menjadi tidak dingin lagi. Dengan melakukan perawatan rutin secara berkala, maka segala penyebab kulkas tidak dingin di atas dapat diminimalisir, dan kulkas anda pun bisa tetap berkinerja dengan baik, semakin awet dan tahan lama. Sekian. Semoga bermanfaat.

Labels: Tips & Cara

Thanks for reading Penyebab-Penyebab Kulkas Tidak Dingin Lagi. Please share...!