7 Wisata Jelajah Goa di Kabupaten Purworejo


Goa adalah lubang alami atau rongga bawah tanah yang terbentuk melalui sistem percelahan, rekahan, atau aliran sungai yang membentuk suatu lintasan aliran sungai bawah tanah. Sebuah Goa biasanya terdapat pintu masuk, lorong dan ruangan yang bisa ditelusuri dan dijelajahi oleh manusia.

Memiliki wilayah berupa pegunungan, Kabupaten Puworejo juga mempunyai beberapa wisata goa yang siap menanti petualangan anda. Beberapa goa berikut ini berada di wilayah yang tidak begitu jauh lokasinya sehingga anda bisa menelusuri sepuasnya. Berdasarkan data yang kami peroleh, berikut informasinya. 

1. Goa Seplawan


Goa Seplawan
via njogja.co.id

Goa ini merupakan salah satu tujuan wisata unggulan di Kabupaten Purworejo. Berada di kawasan pegunungan yang masuk wilayah Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, panorama alam di sekitar goa Seplawan ini terasa sangat sejuk. Saat berada di pintu masuk, kita akan disambut oleh replika arca emas dari Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Dahulu memang pernah ditemukan kedua patung Dewa Dewi tersebut di goa ini.

Selain bernilai sejarah, goa Seplawan menyajikan sensasi petualangan seru menyusuri goa alam yang begitu eksotis. Di dalamnya dijumpai stalagtit dan stalagmit serta ornamen-ornamen di dinding goa yang begitu menawan sehingga sayang untuk anda lewatkan. 

2. Goa Anjani 


Goa anjani
via explorekabupatenpurworejo.blogspot.com

Meski masih belum begitu populer, Goa Anjani adalah salah satu tempat wisata alam menarik di Kabupaten Purworejo. Goa yang cantik, alami dan menakjubkan ini berada berada di Dusun Somoroto, Desa Tlogoguwo Kecamatan Kaligesing. Berada di lereng bukit, terdapat sungai kecil sepanjang jalur penelusuran goa anjani yang merupakan sumber mata air Curug Tawing yang masih satu kawasan dengan goa ini.

Objek wisata tersembunyi ini menyajikan suasana keindahan goa yang mempunyai lorong horisontal sedalam kurang lebih 1000 meter siap menantang anda untuk menjelajahinya. Di dalamnya, kita juga bisa menikmati isi dalam goa seperti stalaktit dan stalakmit yang indah dan menawan.

3. Goa Sikantong


Goa Sikantong
via inibaru.id

Berada di puncak gugusan Perbukitan Menoreh, goa Sikantong siap menyapa anda untuk segera menjelajahinya. Memiliki lintasan sepanjang 1,5 km, obyek wisata yang berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing ini menawarkan petualangan seru dengan berbagai rute menantang.

Pemandangan di dalamnya juga begitu indah sehingga anda tidak akan merasa lelah berjalan sembari menikmati isi dalam goa. Mata anda akan dimanjakan dengan keindahan stalagtit dan stalagmit di dalamnya. Sekitar 40 menit penyusuran, kita akan sampai di ujung goa. Puas menjelajahi goa, kita bisa bersantai sembari menikmati Sikantong Robusta, minuman kopi hitam khas tempat ini. 

4. Goa Nguwik


Goa nguwik
via magmagama.wordpress.com

Masih di desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, goa Nguwik dengan penoramanya juga siap untuk anda susuri. Selain menyajikan keindahan khas goa, tempat ini juga menyimpan sejarah masa lampau karena pernah ditemukan fosil-fosil berusia sekitar 900 ribu tahun. Fosil-fosil yang ditemukan yaitu fosil rusa, kudanil, serta badak.

Goa Nguwik memiliki lintasan sepanjang 220 meter dengan mulut goa tidak terlalu besar. Di dalamnya banyak dijumpai kelelawar berterbangan di langit-langit goa. Dengan penerangan belum terlalu sempurna, anda mesti hati-hati saat menjelajahi isi dalam goa ini. Meski begitu, pemandangan di dalamnya cukup mengagumkan dengan adanya stalagtit dan bebatuan-bebatuan unik yang siap memanjakan mata anda.

5. Goa Gong


Goa Gong
via kebudayaan.kemdikbud.go.id

Berada di sebuah perbukitan pada ketinggian 49 mdpl, goa Gong menyimpan nilai sejarah tinggi sejak zaman purbakala. Untuk menuju tempat ini, kita harus melewati jalan terjal dan licin dengan kemiringan hampir 80 derajat karena masih alami berupa tanah liat. Goa yang berlokasi di Desa Kesawen, Kec. Pituruh ini memiliki dua bilik dan satu ruang utama yakni perut gua. Tepat di bagian perut terdapat sebuah altar berbahan marmer yang oleh warga dipercaya dulunya menjadi tempat bertapa seorang sakti.

Di dalam Situs Goa Gong ini juga terdapat sebuah fragmen lingga yang menyatu dengan yoni. Selain bernilai sejarah, goa Gong juga merupakan wisata potensial jika dikelola dengan baik. Berdiri di bibir gua ini, kita bisa menikmati pemandangan alam luar bisa indahnya. 

6. Goa Lawang dan Silumbu


Goa Lawang dan Silumbu

Kedua situs goa ini terletak di Desa Kali Glagah, Kecamatan Kemiri. Goa Lawang berada di dataran rendah, sedangkan Goa Silumbu berada di atas bukit. Diperkirakan kedua situs ini dibangun pada sekitar abad 8 Masehi (pada masa Hindu). Seperti pada ulasan goa sebelumnya, Goa Lawang juga mempunyai nilai sejarah tinggi dengan ditemukannya fragmen lingga dan yoni.

Goa Lawang sendiri terdiri dari tiga buah Gua dan dibuat dari padas yang dipahat. Sedangkan goa Silumbu yang berada di atas bukit ternyata juga mempunyai keterkaitan dengan goa lawang. Kedua goa ini menyimpan sejarah kehidupan pada zaman itu. Tidak hanya kaya akan nilai sejarah, di kedua tempat ini kita juga bisa menikmati pemandangan indah di dalam dan sekitar goa. 

7. Goa Lawa


Goa Lawa
via screenshot youtube: Cah nDeso

Mungkin banyak dijumpai nama Goa Lawa di beberapa wilayah khususnya di pulau Jawa. Secara umum, lawa berarti kelelawar sehingga goa lawa artinya goa yang juga menjadi sarang dari para kelelawar. Tempat wisata menyusuri lubang bumi bernama goa lawa juga ditemukan di Kabupaten Purworejo tepatnya di Desa Bendosari, Kecamatan Gebang.

Meski belum begitu banyak informasi mengenai tempat wisata ini, namun goa anugerah alam ini memiliki potensi yang layak untuk dikembangkan. Berbagai kegiatan juga telah digalakkan agar pengelolaan objek wisata baru ini dapat berjalan secara maksimal dan berkelanjutan. Selain itu, penambahan fasilitas juga diperlukan sehingga wisatawan tertarik untuk berkunjung ke tempat ini.

Demikianlah 7 Wisata Jelajah Goa Mengagumkan di Kabupaten Purworejo. Semoga bermanfaat.

Labels: Jelajah

Thanks for reading 7 Wisata Jelajah Goa di Kabupaten Purworejo. Please share...!