Jenis-Jenis Penginapan Beserta Deskripsi Singkatnya


Zaman semakin maju, jarak pun menjadi terasa semakin dekat karena kemudahan akses transportasi. Aktivitas manusia pun seringkali tidak hanya berpusat di satu lokasi tertentu saja. Entah itu tuntutan profesi pekerjaan, sekedar jalan-jalan untuk menghabiskan waktu berwisata, atau keperluan-keperluan lainnya, kadangkala kita mesti pergi ke tempat nun jauh di sana untuk mengurusi kebutuhan tersebut.

Karena jauh dari tempat tinggal dan bisa memakan waktu berhari-hari lamanya, kita pun harus mencari tempat bernaung untuk mengistirahatkan badan di kala waktunya beristirahat.

Penginapan

Melihat fenomena tersebut, kini telah banyak dijumpai pilihan tempat bernaung atau menginap bagi anda yang sedang bepergian jauh dan butuh tempat untuk beristirahat.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada banyak jenis penginapan yang perlu anda tahu agar bisa disesuaikan dengan keperluan anda saat menginap di tempat jauh dari rumah. Berikut di antaranya:

1. Hotel

Hotel merupakan jenis penginapan yang paling populer di antara jenis-jenis penginapan lainnya. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap mulai dari layanan kamar hingga makan dan minum serta jasa umum lainnya.

Berdasarkan jumlah kamar dan fasilitas yang disediakan, hotel biasanya diklasifikasikan menjadi beberapa kelas, mulai dari predikat hotel bintang 1 hingga hotel bintang lima. Jenis tamu yang menginap di hotel biasanya adalah keluarga, pebisnis, ataupun wisatawan yang sedang berlibur. Fasilitas yang tersedia di hotel pada umumnya berupa kelengkapan layanan kamar, ruang meeting, tempat spa, kolam renang, tempat gym, restoran, dan lainnya. 

2. Boutique Hotel

Meski termasuk jenis hotel, bermalam di hotel boutique memiliki keunikan tersendiri di banding hotel-hotel pada umumnya. Jenis penginapan yang baru booming beberapa tahun ini biasanya disukai oleh para traveller muda berjiwa petualang, kreatif, dan eksploratif. Selain itu, jenis penginapan ini juga cocok bagi anda yang menginginkan sensasi menginap unik, private, dan tanpa fasilitas berlebihan.

Di banding hotel pada umumnya, jumlah kamar yang dimiliki boutique hotel biasanya lebih sedikit dengan tiap kamar mengusung konsep dan fasilitas berbeda-beda. Boutique hotel didesain memiliki tema yang berbeda untuk masing-masing kamar, sehingga bisa disesuaikan dengan jenis tamu yang datang untuk menginap. 

3. Hostel

Meski penyebutannya mirip dengan hotel, hostel adalah tempat menginap dengan biaya lebih murah dibanding hotel, sehingga cocok bagi anda yang ingin berhemat. Istilah hostel ini cukup populer di kalangan para traveler atau backpacker yang sedang melakukan perjalanan wisata.

Hostel memiliki desan kamar seperti asrama dimana dalam satu kamar bisa diisi empat sampai sepuluh orang. Fasilitas kamar mandi dengan jumlah banyak berada di luar dan dipakai secara bersama-sama dengan penghuni kamar lainnya. Selain itu, hostel juga biasanya menyediakan ruang komunal dan ruangan dapur untuk dipergunakan seluruh tamu, sekaligus sebagai tempat untuk bersosialisasi.

 4. Guesthouse/ Wisma Tamu

Konsep Guesthouse seperti halnya rumah pribadi yang juga dijadikan tempat penginapan bagi para tamu atau pengunjung. Sesuai dengan namanya, Guesthouse atau wisma tamu dijalankan secara tradisional dan kekeluargaan, sehingga para penginap akan serasa di rumah sendiri.

Karena berbagi ruang bersama pemilik rumah, fasilisitas yang ada seperti televisi, dapur, dan ruang tamu merupakan fasilitas umum dan dapat digunakan bersama dengan pemilik rumah. Memang standar tempat tidur dan layanan makan lebih sederhana alias beda dengan pelayanan ala hotel. Meski demikian, menginap di guesthouse akan memberikan sensasi tersendiri yang mungkin tidak akan anda dapatkan di penginapan lainnya.

5. Bed and Breakfast

Bed and Breakfast adalah jenis penginapan milik orang pribadi yang menyediakan tempat bagi penginap. Hampir sama dengan Guesthouse, Bed and Breakfast juga memiliki konsep penginapan sederhana ala warga lokal. Bedanya, seperti bisa dipahami dari namanya, penginapan ini biasanya hanya menyediakan layanan fasilitas tempat tidur dan sarapan saja tanpa fasilitas lain.

Meski demikian, kedua layanan tersebut dijalankan dengan profesional dan tidak jarang menggunakan standar hotel sehingga penginap akan serasa berada di hotel namun dengan suasana lebih intim. Jika anda bepergian bersama pasangan dan ingin berhemat, bed and breakfast bisa menjadi pilihan tepat untuk tempat menginap anda. 

6. Motel

Motel adalah jenis penginapan yang biasa ditemukan di dekat jalan raya. Istilah motel sendiri berasal dari kata motor dan hotel, karena memang letak penginapan ini biasanya berada di dekat jalan raya tempat motor berlalu-lalang. Kamar motel juga biasanya didesain berhadapan langsung dengan tempat parkir, sehingga memudahkan pengunjung yang sedang dalam perjalanan jauh.

Motel adalah subkategori hotel, sehingga perbedaan antara keduanya tidak terlalu signifikan. Meski begitu, fasilitas yang tersedia di motel lebih sedikit sehingga tarifnya lebih murah dibandingkan hotel. Selain itu, bangunan motel juga sederhana dan tidak begitu luas, sehingga lebih mirip rumah atau gedung kecil.

7. Losmen

Losmen adalah sejenis penginapan komersial dengan menawarkan tarif lebih murah daripada hotel. Pada umumnya, penginapan losmen ini berbentuk rumah dan disewakan per kamar. Ukurannya juga tidak terlalu besar. Biasanya terdapat bangunan utama yang ditinggali oleh pemilik atau pengelola losmen tersebut.

Karena konsepnya sederhana, penginapan minimalis ini hanya menawarkan fasilitas kamar tidur seperti kasur dan lemari seadanya. Menginap di losmen tidak akan menjumpai fasilitas mewah seperti AC, TV dan lain sebagainya. Dengan harga murah yang ditawarkan, menginap di losmen cukup membuat kantong nyaman jika bujet Anda sesuai dengan tempat ini.

8. Apartemen

Bagi para traveler yang sedang berlibur di luar negeri atau berada di kawasan perkotaan, sewa apartemen bisa menjadi pilihan tempat menginap yang tepat bagi anda. Akomodasi jenis penginapan ini juga tersedia baik untuk jangka pendek dan jangka panjang, sehingga bisa disesuaikan dengan keperluan anda.

Menginap di apartemen akan membuat anda serasa berada di rumah sendiri. Fasilitas yang tersedia di antaranya kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan dapur dalam satu unit. Jika anda menginap bersama rombongan, tersedia pula ruang untuk menikmati waktu istirahat secara terpisah atau merencanakan kegiatan hari berikutnya saat makan bersama. Usahakan sebelum menyewa untuk mencari tahu fasilitas yang tersedia dan pastikan lokasi strategis serta aman.

9. Homestay

Homestay atau rumah singgah adalah jenis penginapan di tengah-tengah permukiman warga yang disediakan oleh pemilik homestay untuk waktu tertentu. Di luar negeri, konsep Homestay ini biasanya sering dijadikan sebagai tempat tinggal sementara bagi pelajar atau pun tempat menginap wisatawan ketika berlibur.

Oleh karenanya, tidak jarang Homestay ini biasanya disewakan dalam jangka waktu lama tergantung keperluan. Pemilik homestay biasanya tinggal di kamar bagian belakang yang tidak disewakan, atau pun bisa juga tinggal jauh dari homestay miliknya. Hampir sama seperti guesthouse, menginap di homestay kita bisa merasakan kearifan lokal dengan berbaur bersama warga sekitar.

10. Villa

Villa juga termasuk salah satu jenis penginapan yang biasanya berbentuk hunian asri dan berlokasi di dekat tempat wisata seperti pantai atau pegunungan. Karena lokasinya jauh dari keramaian, tempat ini sangat cocok bagi anda yang berlibur sembari bersantai menikmati ketenangan hidup. Selain itu, villa juga cocok untuk menginap bersama keluarga atau rombongan untuk menghabiskan waktu bersama dan menjalin keakraban.

Fasilitas villa terdiri dari satu atau lebih kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan biasanya juga dilengkapi dengan kolam renang. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, harga sewa villa memang cenderung mahal. Namun dengan lokasi masih asri dan kenyamanan yang ditawarkan, menginap di villa bisa menjadi pilihan untuk menginap anda saat berlibur. 

11. Cottage

Hampir mirip dengan villa, Cottage merupakan jenis penginapan yang berlokasi di dekat tempat-tempat wisata dengan pemandangan alam yang sangat indah. Daerah pinggir pantai, sungai, danau, atau gunung dengan pemandangan cantik dan alami merupakan tempat dimana cottage bisa dengan mudah anda temukan.

Bedanya dengan villa, Cottage biasanya berbentuk bangunan seperti pondok atau rumah kecil yang terpisah-pisah namun masih berada dalam satu area. Selain itu, bangunan cottage juga lebih berkonsep tradisional dan sederhana, dengan tetap mengutamakan privasi bagi para pengunjungnya. Untuk harga menginap di cottage bervariasi, tergantung lokasi dan fasilitas yang disediakan.

12. Bungalow

Hampir sama dengan cottage, bungalow juga bentuknya seperti pondok-pondok terpisah yang berlokasi jauh dari pusat keramaian atau di sekitar tempat-tempat wisata. Bedanya, bungalow biasanya menggunakan ornamen kayu pada dinding dan jerami sebagai aksen pada atapnya.

Bungalow biasanya mudah ditemukan di daerah-daerah pegunungan yang menawarkan keindahan alam dengan suasana sejuk. Menginap di bungalow, kita bisa merasakan atmosfir menginap bagaikan berada di pedesaan yang dekat dengan tempat wisata alam. Harga menginap di Bungalow juga cukup terjangkau, apalagi jika disewa beramai-ramai bersama rombongan saat berlibur. 

13. Resort

Memiliki standar penginapan layaknya hotel, resort lebih mengutamakan fasilitas rekreasi bagi para tamunya. Tidak heran, resort biasanya berlokasi di dekat tempat wisata seperti pantai ataupun pegunungan dengan suasana sejuk dan alami. Resort biasanya memiliki bangunan yang luas dengan dilengkapi fasilitas mewah dan nyaman untuk menunjang liburan para wisatawan.

Kamar-kamar didesain unik sesuai dengan kearifan lokal wilayah tersebut. Selain itu, tersedia beberapa kolam renang, restoran, jacuzzi dan fasilitas spa terpisah untuk memanjakan tamu yang menginap. Biasanya, tiap resort juga menawarkan fasilitas kolam renang pribadi di luar kamar. Dengan beragam fasilitas mewah tersebut, harga sewa kamar resort memang cenderung mahal.

Itulah beberapa jenis penginapan yang bisa anda coba singgahi dan menginap di dalamnya saat dalam perjalanan jauh, baik untuk urusan bisnis atau pun liburan. Semoga bermanfaat.

Labels: Info & Sains

Thanks for reading Jenis-Jenis Penginapan Beserta Deskripsi Singkatnya. Please share...!