Curug-Curug (Air Terjun) Keren dan Mempesona di Kabupaten Kendal

Menikmati panorama keindahan air terjun memang menjadi keasyikan tersendiri bagi para pemburu wisata alam nan eksotis. Lokasi air terjun yang tersembunyi dengan tantangan yang ditawarkan seakan menjadi syarat wajib bagi para traveller untuk dapat menikmati sajian alam yang mempesona ini. Nah, bagi anda yang sedang mencari tahu tentang curug-curug atau air terjun eksotis nan menawan yang berada di Kabupaten Kendal, berikut informasinya untuk anda. 

1. Curug Sewu 


curug sewu
via alvianfoto.wordpress.com

Curug Sewu adalah air terjun cantik dengan tiga tingkatan yang berlokasi di Remboko, Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean. Curug ini memiliki ketinggian mencapai 80 meter dengan rincian tingkat pertama setinggi 45 meter, tingkat kedua 15 meter, dan ketiga setinggi 20 meter. Indahnya alam yang asri dan alami tentu akan membuat pengunjung betah untuk berada di sini. Selain menikmati indahnya pemandangan di sekitar air terjun, pengunjung juga dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah tersedia seperti kolam renang, gardu pandang, mini zoo dan lain sebagainya. 

2. Curug Semawur 


semawur
via pariwisataku.com

Berlokasi di Dusun Jiwan, desa Blumah, kecamatan Plantungan, Curug Semawur merupakan wisata air terjun yang masih sangat alami karena belum banyak dikenal wisatawan. Selain itu, keunikan dari curug ini yang berbeda dengan curug-curug lain yaitu memiliki delapan tingkat air terjun dengan tiap tingkatannya memiliki ketinggian antara 7 sampai dengan 15 meter. Airnya juga cukup jernih meski aliran airnya tidak terlalu deras. Karena lokasinya yang cukup tersembunyi, alam di sekitar curug ini masih terlihat perawan dengan hawa sejuk yang menyertainya. 

3. Curug Panglebur Gongso 


panglebur gongso
via inibaru.com

Menikmati sejuknya hawa udara pegunungan akan semakin komplit saat anda mengunjungi Curug Panglebur Gongso yang terletak di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Gondang, Kecamatan Limbangan. Keindahan suasana alam khas pegunungan akan sangat lengkap terasa saat anda mengunjungi curug ini. Meski ketinggiannya hanya sekitar 4 – 5 meter saja, curug Panglebur Gongso juga tetap terlihat menawan dengan aliran air yang begitu bersih dan jernih. Anda dapat berenang, membasuh muka, atau sekedar bermain air untuk merasakan sensasinya.


4. Curug Glawe 


glawe
via travelingyuk.com

Curug Glawe merupakan air terjun yang berlokasi di Dusun Kaliereng, Desa Cening, Kecamatan Singorojo. Curug ini berada di pelosok desa dan akses jalan masih belum memadai sehingga terbilang cukup sulit untuk dilalui. Meskipun begitu, keindahan curug ini tidak kalah dari curug-curug lainnya. Curug bertingkat dua ini airnya mengalir pada sebuah tebing bebatuan andesit dengan ketinggian total hampir mencapai 40 meter. Di antara dua tingkat curug ini juga terdapat kolam berdiameter 3 meter dengan kedalaman 1,5 meter dehingga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berendam dan bermain air.

5. Curug Jeglong 


jeglong
via travel.kompas.com

Berjarak sekitar 40 km dari kota Kendal, curug Jeglong adalah air terjun eksotis yang berlokasi di dusun Jeplak, desa Bendosari, Kecamatan Plantungan. Curug ini memiliki lima tingkatan air terjun dan beberapa kedung (kolam), sehingga pengunjung dapat berenang untuk merasakan kesejukan airnya. Bagi yang hobi foto, tersedia pula gardu pandang untuk mengabadikan gambar dengan latar belakang pemandangan curug. Curug Jeglung ini masih sangat alami. Keberadaan hutan pohon pinus yang tumbuh di sekitar lokasi juga semakin menambah keindahan dari tempat ini.

6. Curug Corong 


corong
via jadwaltravel.com

Jika anda pernah mengunjungi curug Panglebur Gongso, maka curug Corong ini berlokasi di desa yang sama yaitu di Beku, desa Gondang, Kecamatan Limbangan. Lokasinya yang cukup tersembunyi dengan jalur menantang sangat cocok bagi anda yang suka petualangan. Keunikan curug ini yaitu memiliki aliran air melebar pada dinding tebing batu hitam yang membentuk dua tingkat. Suasana di sekitar curug ini juga masih sangat alami sehingga pengunjung dapat menikmati indahnya alam sembari menghirup segarnya udara di sekitar lokasi. 

7. Curug Tundo Tigo dan Citro Arum


tundo tigo dan citro arum
via eksapedia.com

Berada di lereng gunung Ungaran, kedua curug memukau ini berlokasi tepat di desa Pakis kecamatan Limbangan. Anda dapat mengunjungi salah satunya atau kunjungi saja kedua-duanya agar tidak membuat penasaran. Curug Tundo Tigo merupakan air terjun setinggi kurang lebih 15 meter yang berada di bagian paling atas, sedangkan Curug Citro Arum berada di bagian bawahnya. Meskipun akses yang harus dilewati cukup menantang, kedua curug ini belum banyak dikenal orang sehingga masih betul-betul terjaga keasrian dan kealamiannya. 

Itulah informasi tentang daftar Curug atau Air Terjun Keren dan Mempesona yang berada di Kabupaten Kendal. Semoga bermanfaat.

Labels: Jelajah

Thanks for reading Curug-Curug (Air Terjun) Keren dan Mempesona di Kabupaten Kendal. Please share...!