7 Goa Keren dan Menakjubkan di Kebumen

Melihat kontur beberapa wilayah di Kebumen yang didominasi pegunungan karst, kemungkinan besar ada banyak goa alami yang bisa dijumpai di wilayah-wilayah tersebut. Beberapa di antaranya sudah cukup dikenal di kalangan wisatawan dan beberapa lainnya masih cukup asing karena masih tersembunyi, belum dikelola, atau masih tahap pengembangan dalam upaya menjadikan goa-goa tersebut sebagai tempat wisata. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini di antara beberapa Goa Keren dan Menakjubkan di Kebumen. 

1. Goa Petruk 


goa petruk
via inibaru.id

Goa Petruk termasuk salah satu goa terindah di Indonesia karena memiliki bentuk sedimen bebatuan yang mengagumkan. Nama petruk sendiri berasal dari nama salah satu tokoh wayang yang berhidung panjang. Lokasi goa ini berada di dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah. Karena masih sangat alami, goa ini tidak diberi penerangan, alias gelap gulita sehingga pengunjung mesti didampingi seorang pemandu untuk menyusuri goa sedalam kurang lebih 2 km ini. Di dalam goa, kita akan disuguhi pemandangan indah dari bebatuan yang cukup mempesona. Batuan-batuan stalaktit dan stalagmit terlihat menyerupai berbagai bentuk unik dengan beragam keindahannya.

2. Goa Jatijajar


goa jatijajar
dok. pribadi

Goa jatijajar memang sudah cukup dikenal luas oleh wisatawan, baik dalam kota maupun luar kota Kebumen. Goa ini memiliki panjang sekitar 250 meter dari mulut goa hingga pintu keluarnya. Terdapat fasilitas jembatan, tangga, dan lampu penerangan yang cukup di dalam goa sehingga pengunjung dapat melihat-lihat dengan jelas isi dalam goa seperti jenis-jenis bebatuan atau ornamen-ornamen alami. Beberapa patung yang mengisahkan legenda Lutung Kasarung juga dijumpai di goa ini. Bukan hanya itu saja, di dalam goa ini juga dijumpai beberapa sungai atau sendang seperti sendang Mawar, sendang Kantil, dan sendang-sendang lainnya. Lokasi goa ini berada di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen.

3. Goa Barat 


goa barat
via jejakpiknik.com

Tidak begitu jauh dari goa jatijajar, ada satu goa lagi yang bisa anda susuri untuk menjelajahi keindahannya yaitu goa Barat. Meski belum seramai goa jatijajar, goa barat menyajikan pemandangan isi dalam goa yang menakjubkan berupa stalagmit dan stalagtit unik yang terbentuk secara alami. Bukan itu saja, di dalam goa ini pengunjung juga akan mendapati pesona air terjun Superman’s Big Sister dengan debit air cukup deras yang tampak eksotis. Pengunjung biasanya akan ditemani pemandu plus peralatan caving lengkap untuk dapat menjelajahi goa ini. Lokasi goa barat terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. 

4. Goa Silodong 


goa silodong
via atmosferku.com

Beralih ke bagian utara Kebumen, kita akan menjumpai goa Silodong yang berada di desa Totogan, kecamatan Karangsambung, Kebumen. Goa ini letaknya cukup tersembunyi dan masih jarang dikunjungi wisatawan. Meski begitu, akses menuju gua ini sudah ditata dengan baik meski harus tetap berhati-hati karena sepanjang jalan kita akan menjumpai jalanan berbatu terjal. Keunikan goa silodong yaitu memiliki 3 lantai dengan kedalaman goa mencapai 150 meter. Untuk menjelajahi isi dalam goa, pengunjung mesti membawa peralatan sendiri dan disarankan meminta bantuan warga sekitar untuk memandu sepanjang perjalanan. 

5. Goa Langse


goa langse
via langse.kec-karangsambung.kebumenkab.go.id

Termasuk goa Silodong, di desa Totogan, kecamatan Karangsambung ini sebetulnya ada 3 goa yang bisa anda jumpai, dua lainnya yaitu goa Langse dan goa Sikempul. Ketiga goa ini terletak di sebuah bukit bernama Bukit Jatibungkus. Gua Langse berada di sisi barat bukit sedangakan Goa Sikempul dan Goa Silodong di sebelah timurnya. Karena berada di atas bukit, goa-goa ini memiliki pemandangan yang sangat indah, cocok bagi anda yang suka berpose dengan latar belakang alam. Sama seperti goa silodong, pengunjung juga mesti membawa peralatan sendiri dan disarankan meminta bantuan warga sekitar untuk memandu saat menjelajahi isi dalam goa. 

6. Goa Sawangan 


goa sawangan
via ngadem.com

Beralih ke bagian pesisir selatan Kebumen, di sini anda juga dapat mengunjungi goa sawangan yang berlokasi di desa Karang Duwur, kecamatan Ayah, Kebumen. Goa Sawangan sebenarnya hasil dari bertemuanya dua goa, yaitu Goa Sawangan dan Goa Surupan. Goa tersembunyi ini terkenal akan pesona keindahan stalagmit dan stalaktitnya. Beberapa di antaranya menyerupai bentuk unik seperti ikan hingga durian. Selain itu, di ujung goa ini kita juga bisa menyaksikan pemandangan Samudera Hindia dengan laut terhampar luas. Ohya, goa ini juga terkenal akan keindahan curug sawangannya yang tampak eksotis dan menakjubkan. 

7. Goa Siwowo 


goa siwowo
via direktori-wisata.com

Tidak begitu jauh dari goa Sawangan, ada juga goa siwowo yang bisa anda jumpai di desa Karang Duwur, kecamatan Ayah, Kebumen. Goa ini sebenarnya terlihat sesaat ketika anda menuju air terjun Sawangan. Bagi para aktivis pecinta alam, Goa Siwowo juga biasa digunakan sebagai kegiatan rapelling dari atas gua menuju dasar. Di dalam goa ini, banyak dijumpai ornamen khas goa meski banyak di antaranya sudah tidak aktif. Sejumlah mata air di antara stalaktit airnya juga bisa diminum. Untuk menjelajahi goa ini, anda harus dilengkapi peralatan caving lengkap dengan ditemani pemandu berpengalaman.

Itulah tadi informasi tentang beberapa Goa Keren dan Menakjubkan di Kebumen yang bisa anda jadikan sebagai destinasi wisata anda. Semoga bermanfaat. 

Labels: Jelajah, Kebumen

Thanks for reading 7 Goa Keren dan Menakjubkan di Kebumen. Please share...!