Resep-Resep Alami Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Rambut

Rambut yang sehat dan tertata rapi tentu menjadikan seseorang sedap dipandang dan terlihat stylish. Terlebih bagi kaum wanita, rambut panjang yang hitam memukau menjadi idaman setiap wanita. Selain layaknya mahkota sebagai penghias kepala, keberadaan rambut kepala bagi manusia juga berfungsi sebagai pelindung kulit kepala dari sengatan sinar matahari langsung. Oleh karenanya, kesehatan rambut juga mesti diperhatikan agar selalu tampak indah rupawan. 

Namun aktivitas sehari-hari manusia yang selalu bersinggungan dengan segala hal adakalanya membuat rambut menjadi bermasalah sehingga menyebabkan rasa kurang nyaman di kepala. Gangguan pada rambut kepala antara lain yaitu munculnya ketombe, rambut rontok, rambut kering, rambut bercabang dan sebagainya. 

rambut panjang sehat
ilustrasi via pinterest

Pada dasarnya, kesehatan rambut sangat tergantung pada ketekunan kita dalam menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut, serta pemenuhan gizi yang dibutuhkan oleh rambut. Walaupun ada juga faktor penyakit yang bisa membuat rambut rontok (radiasi, penyakit kulit kepala, diabetes, stres, operasi besar, dll), kita bisa mengupayakan agar rambut kembali subur dengan pemenuhan gizi yang cukup setelah kesehatan pulih.

Selain itu, biasanya kita juga menggunakan shampo untuk menghilangkan atau mengurangi masalah yang terjadi pada rambut kita. Tapi selain menggunakan shampo, sebetulnya ada beberapa resep-resep alami untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Jika anda ingin mencobanya, berikut ini beberapa resep-resep alami yang bisa anda coba. 

Menghilangkan Ketombe

Resep 1:

Siapkan 1 - 2 jeruk nipis dan kemudian peras airnya. Oleskan air perasan jeruk nipis tersebut ke seluruh kulit kepala. Biarkan selama 20 - 30 menit, lalu keramas. Setelah tiga kali melakukan (setiap kali akan cuci rambut), biasanya ketombe hilang.

Resep 2:

Siapkan 2 - 3 buah mengkudu matang. Selanjutnya mengkudu dilumat, beri air, peras, dan airnya kemudian dipakai untuk keramas. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa gunakan shampo untuk menghilangkan baunya.

Menghitamkan Rambut Secara Alami

Resep 1:

Cuci daun pandan wangi sebanyak 7 lembar kemudian dipotong-potong. Rebus daun tersebut dengan 1 liter air sampai warnanya berubah menjadi hijau. Embunkan air rebusan tadi selama semalaman. Pagi harinya, campurkan rebusan daun pandan tersebut dengan perasan 3 buah mengkudu masak. Gunakan air campuran tersebut untuk mencuci rambut. Lakukan 3 kali seminggu sampai terlihat hasilnya.

Resep 2:

Ambil segenggam biji dari buah pepaya tua kemudian sangrai sampai kering, lalu tumbuk hingga halus. Beri air sedikit lalu oleskan ke kulit kepala berikut rambutnya secara merata sambil dipijat-pijat. Biarkan sampai kering kemudian keramas.

Mengatasi Rambut Merah dan Bercabang

Resep 1:

Siapkan daun kangkung yang baru dipetik dan masih segar, kemudian dicuci lalu dipotong-potong. Masukan daun ke dalam panci, tambahkan air bersih sampai kangkung terendam seluruhnya. Rebus sampai mendidih. Jika sudah dingin, gunakan untuk membasahi kulit kepala dan rambut yang telah dicuci bersih sebelumnya. Lakukan 3 kali seminggu sampai terlihat hasilnya. 

Mengatasi Rambut Rontok

Resep 1:

Ambil daun mangkokan tua yang masih segar secukupnya, lalu cuci sampai bersih dan giling hingga halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa sambil diaduk sampai seperti bubur, kemudian saring dan peras. Hasil perasan dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat ringan. Biarkan sampai mengering, kemudian rambut dicuci sampai bersih. Lakukan setiap hari. 

Menyuburkan Rambut

Resep 1:

Cuci Lidah buaya dan kemudian kupas kulitnya. Lendirnya digosokkan ke kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari dan bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan. 

Resep 2:

Pohon pisang yang ditebang, buat lubang di bonggolnya. Setelah dibiarkan semalam, akan terkumpul sejumlah air di bonggol tersebut. Gunakan air tersebut untuk keramas (tidak perlu shampo lagi) sambil kepala dipijat-pijat. Catatan: Resep ini juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut bagi orang yang rambutnya jarang atau sedikit.

Mengatasi Munculnya Uban sebelum Waktunya

Munculnya uban sebelum waktunya biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Selain faktor keturunan, rambut beruban juga bisa disebabkan oleh berbagai penyakit seperti kencing manis, anemia, penyakit thyroid. Masalah ini dapat dihindari dengan memberikan nutrisi yang baik, pemijatan kulit kepala secara teratur dan menghindari stres. Resep alami yang bisa digunakan sebagai berikut:

Resep 1:

Sangrai 30 biji pepaya, tumbuk sampai halus, kemudian campurkan dengan satu sendok minyak kelapa. Gosokkan pada kulit kepala yang beruban.

Resep 2:

Siapkan daging kelapa hijau 1 buah diparut, peras santannya beri garam, dan biarkan semalam. Esoknya gunakan air tersebut untuk keramas.


Sumber:

*Wikipedia
*Hidup Sehat Bersama Apotik Hidup, Bina Karya, Salatiga, Jawa Tengah.

Labels: Kesehatan, Tips & Cara

Thanks for reading Resep-Resep Alami Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Rambut. Please share...!