Wisata Pantai-Pantai Eksotis di Kebumen (Bag. I)

Memiliki wilayah bersinggungan langsung dengan Samudra Hindia di bagian selatannya, Kabupaten Kebumen memiliki garis pantai yang panjang membujur dari arah timur hingga bagian barat wilayah Kabupaten ini. Keberadaan pantai di wilayah Kebumen juga telah dikelola dengan baik sehingga menjadi destinasi wisata eksotis yang banyak menarik wisatawan baik lokal maupun dari luar kota untuk mengunjunginya. 

Ada banyak pantai di Kebumen yang menyuguhkan panorama keindahan alam pesisir dengan deburan ombaknya. Berikut ini akan kami sebutkan beberapa di antaranya. 

1. Pantai Menganti


pantai menganti
via idntimes.com

Pantai Menganti menjadi destinasi wisata bahari yang wajib anda kunjungi saat berada di Kebumen. Pantai yang berlokasi di desa Karangduwur kecamatan Ayah ini memang tidak perlu lagi dipertanyakan soal keindahannya. Pemandangan pantai dengan perbukitan hijau di sekitarnya ini ibarat New Zealand-nya versi Kebumen. Pasirnya yang putih dengan deretan pohon kelapa di pinggir pantai juga semakin melengkapi keindahan dari pantai ini. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap seperti tempat parkir, warung makan, mushola, bahkan hotel atau penginapan. Jika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk menikmati cantiknya sunset di pantai Menganti. 

2. Pantai Suwuk


pantai suwuk
via krjogja.com

Berlokasi di dusun Suwuk, desa Tambakmulya, kecamatan Puring, pantai Suwuk merupakan kunjungan wisata pantai favorit bagi warga Kebumen dan sekitarnya. Aksesnya yang mudah dijangkau menjadikan tempat ini selalu ramai akan kunjungan wisatawan. Pantai Suwuk memiliki ombak cukup besar dengan landskap perbukitan hijau yang berada di sekitarnya. Pihak pengelola juga telah menyediakan beragam fasilitas lengkap untuk pengunjung seperti kolam renang, aneka wahana permainan anak, kebun binatang, hingga tempat pemancingan. Biasanya juga dijumpai jasa penyewaan kuda bagi pengunjung yang ingin berkeliling pantai sembari menunggang kuda.

3. Pantai Surumanis


pantai surumanis
via datawisata.com

Meski baru dikenal beberapa tahun belakangan, pantai Surumanis merupakan pantai eksotis lainnya yang sayang untuk anda lewatkan saat melewati kota Kebumen. Jika anda ingin berkunjung ke sini, lokasinya berada di desa Pasir, Kecamatan Ayah. Pantai Surumanis menyuguhkan indahnya panorama pesisir bersanding dengan gagahnya perbukitan dan pepohonan hijau yang berada di sekelilingnya. Karena letaknya yang terpencil dan tertutup bukit, pengunjung mesti mendaki bukit serta melewati jalan terjal sebelum menemukan surga cantik yang satu ini. Namun begitu sampai di lokasi, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan pantai yang masih alami dan tiada duanya.

4. Pantai Karang Agung


pantai karang agung
via pantainesia.com

Masih di kecamatan Ayah, anda juga dapat berkunjung ke pantai Karang agung yang berada di desa Argopeni, kecamatan Ayah. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda penyuka tantangan dan penjelajahan. Untuk menemukan pantai ini, anda mesti berjalan kaki melewati jalan setapak dan menuruni perbukitan sehingga butuh tenaga dan stamina prima agar sampai di lokasi. Meski begitu, anda akan dibuat terpana saat sampai di pesisir pantainya. Berbeda dengan pantai pada umumnya, pantai ini dipenuhi oleh bebatuan karang yang menjulang tinggi dalam berbagai ukuran sehingga menyajikan suasana lain dari pada yang lain. Sungguh indah menawan tempat ini. 

5. Pantai Sawangan Surorejan


pantai sawangan
via dolanyok.com

Berlokasi di perbatasan antara desa Surorejan dengan desa Tambakmulyo Kecamatan Puring, Pantai Sawangan merupakan wisata pantai yang baru dibuka beberapa tahun belakangan secara swadaya oleh warga masyarakat sekitar. Pantai ini menampilkan ciri khas ombaknya dipadu dengan pohon cemara dan deretan pohon kelapa yang berada di sepanjang sisi pantainya. Untuk memanjakan pengunjung, pihak pengelola juga telah menata apik pantai ini dengan menambahkan beberapa fasilitas penunjang seperti jembatan selayang pandang, saung gratis, rumah pohon dan kolam renang. Pengunjung juga dapat menikmati sunrise dan sunset yang cantik di tempat ini. 

6. Pantai Bocor


pantai bocor
via ihategreenjello.com

Beralih ke bagian timur, kita menjumpai pantai Bocor yang berlokasi di desa Setrojenar, kecamatan Buluspesantren. Pantai Bocor merupakan pantai berpasir lembut dengan ombak besar yang cukup populer di kalangan wisatawan, terutama warga Kebumen dan sekitarnya. Tidak heran tempat wisata ini selalu ramai pengunjung, terutama saat akhir pekan atau memasuki musim liburan. Pantai ini juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas menarik sehingga semakin memanjakan pengunjung yang datang ke tempat ini. Puas bermain air dan pasir, pengunjung juga dapat mencicipi aneka kuliner khas Kebumen yang biasa dijual di warung-warung makan di sekitar area pantai. 

7. Pantai Watu Bale


pantai watu bale
via dakatour.com

Pantai Watu Bale merupakan tempat wisata baru di Kebumen yang langsung menarik perhatian banyak orang untuk berkunjung karena pesona keindahan yang disajikan. Tidak heran, beberapa pengunjung yang pernah mendatangi pantai ini mempostingnya di media sosial sehingga banyak orang tertarik untuk datang ke sini. Pantai ini memang menyuguhkan pemandangan indah nan mempesona dengan alam perbukitan dan spot-spot menarik yang ditawarkan. Sajian pantai ini semakin lengkap dengan adanya wisata bukit, taman, tebing, rumah pohon, gardu pandang berbentuk menara eiffel dan lain sebagainya. Jika anda ingin berkunjung ke sini, lokasinya berada di desa Pasir, kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Itulah informasi tentang beberapa wisata pantai cantik nan eksotis di Kebumen bagian pertama. Baca Selanjutnya: Wisata Pantai-Pantai Eksotis di Kebumen (Bag. II)

Labels: Jelajah, Kebumen

Thanks for reading Wisata Pantai-Pantai Eksotis di Kebumen (Bag. I). Please share...!