Cara Menemukan Broken Link/ Link Mati di Blog dan Menghapusnya

Menjadi seorang blogger memang banyak yang harus diperhatikan sehingga tidak jarang ada sesuatu yang terlupa atau luput dari perhatian. Hal ini biasanya sering menimpa pemilik blog yang mengelola blognya seorang diri tanpa bantuan dari orang lain. Salah satunya yaitu terkait keberadaan broken link, link mati, atau link rusak yang bersemayam di dalam blog kita. 

broken link

Broken link adalah sebuah link rusak yang tidak bisa bekerja seperti seharusnya sehingga tidak bisa lagi diakses. Link yang rusak seperti ini bisa menjadi masalah besar bagi kesehatan blog sehingga mesti segera ditangani agar tidak semakin berdampak buruk bagi perkembangan blog ke depannya. Mengapa bisa muncul broken link di dalam blog padahal kita merasa tidak pernah meletakannya? 

Munculnya broken link di dalam blog biasanya terjadi karena beberapa faktor. Salah satu yang sering terjadi yaitu berkaitan dengan peletakkan link aktif yang mengarah kepada sumber rujukan luar (link eksternal). Jika sumber tersebut dihapus oleh si pemilik artikel, maka link tersebut akan menjadi error saat artikel dibuka. Selain itu, peletakkan link aktif yang bertujuan untuk mengarahkan kepada artikel lain di dalam blog kita (link internal) juga bisa menjadi broken link saat artikel yang dituju telah kita hapus atau diubah Urlnya. 

Kedua masalah ini biasanya sering terjadi pada artikel-artikel lama sehingga tanpa kita sadari luput dari perhatian kita. Jika sudah demikian, kemungkinan bisa jadi ada banyak broken link di blog kita untuk segera ditangani. Oleh karenanya, bagi anda yang sering menanam link keluar, anda harus sering-sering melakukan pengecekan untuk mencari tahu mana link artikel yang sudah tidak aktif lagi. Jika sudah ketemu, anda bisa menghapusnya atau menggantinya dengan link lain dengan pembahasan serupa. 

Bahaya Broken Link

Link yang sudah tidak aktif atau broken link memiliki dampak cukup membahayakan bagi performa blog di mata search engine seperti Google, Yahoo, atau pun Bing. Tautan berkualitas memang bisa menjadi salah satu cara search engine menilai reputasi website. Namun jika tautan tersebut telah rusak, maka justru bisa menjadi nilai negatif di mata mesin pencari. Dampaknya peringkat SERP website pun ikut terpengaruh negatif karena hal ini. 

Selain itu, keberadaan broken link juga turut mempengaruhi kepercayaan pembaca yang mengunjungi blog kita. Mereka yang mengunjungi link tersebut akan merasa tertipu karena yang dituju ternyata tidak ada dan berisi halaman error 404. Akibatnya, mereka pun menjadi tidak nyaman dan bisa jadi tidak minat lagi untuk membaca artikel-artikel di blog kita. Agar hal ini tidak sampai terjadi, keberadaan link-link yang rusak ini harus segera ditangani agar tidak semakin mempengaruhi kinerja blog kita. 

Bagi pemilik blog yang jumlah artikelnya sudah mencapai ratusan atau bahkan ribuan, mungkin akan bingung bagaimana caranya menemukan link yang sudah rusak atau mati di antara ratusan artikel yang sudah dipublishnya. Apakah harus mengeceknya satu persatu?. 

Tenang saja, anda tidak perlu mengeceknya satu persatu artikel karena ada cara mudah untuk menemukannya. Dengan bantuan sebuah tool, cukup satu kali klik anda akan tahu semua link rusak di blog anda. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan simak tutorial di bawah ini. 

Cara Mudah Menemukan Broken Link di Blog

1. Silahkan kunjungi situs di bawah ini:
2. Jika sudah terbuka, isikan alamat blog anda kemudian tekan Find broken links. 

situs cek broken link

3. Isikan kotak Security Code seperti perintah di sampingnya, lalu pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower) dan kemudian tekan Find broken link now !

isikan kode


4. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Bagi anda yang belum pernah melakukan ini, mungkin akan menunggu lumayan lama kalau jumlah artikel sudah cukup banyak. Silahkan sabar hingga proses scan berakhir. Jika sudah selesai, hasilnya akan seperti berikut ini:

contoh hasilnya

5. Untuk mengetahui keberadaan broken link pada artikel, silahkan klik url dan src pada kolom Page Where Found. Maka anda akan diarahkan menuju link pada artikel tersebut. Jika sudah ketemu, silahkan buka blogger dan hapus link mati tersebut atau bisa juga diganti dengan link lain yang masih aktif. Lakukan pada semua link mati sebagaimana hasil yang tertera pada tabel tersebut. 

Bagaimana?. Cukup mudah bukan?. Demikianlah Cara Menemukan Broken Link (Link Rusak) di Blog dan Menghapusnya. Semoga bermanfaat.

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Menemukan Broken Link/ Link Mati di Blog dan Menghapusnya. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Menemukan Broken Link/ Link Mati di Blog dan Menghapusnya"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.