Cara Mengatasi Muncul Notifikasi Layanan Google Play terhenti di HP Samsung

Saat saya sedang menggunakan smartphone untuk ber internetan ria, tiba-tiba muncul notifikasi yang berisi tulisan "Layanan Google Play terhenti". Awalnya saya abaikan saja notifikasi tersebut dengan klik OK dan melanjutkan aktivitas berinternetan. Namun tidak lama kemudian, notifikasi tersebut ternyata muncul lagi. Begitu seterusnya, setiap sekian detik notifikasi itu selalu muncul lagi dan lagi. Saya pun jadi risih karenanya. 

google play terhenti

Google Play adalah layanan konten digital yang dikembangkan oleh Google untuk pengguna perangkat dengan sistem operasi Android. Oleh karenanya, setiap smartphone yang dijalankan menggunakan sistem operasi Android biasanya juga akan dilengkapi dengan layanan ini. Tidak hanya itu saja, layanan ini juga menjadi salah satu aplikasi sistem yang tidak dapat dihapus karena begitu pentingnya.

Keberadaan layanan google play memang sangat penting karena semua aplikasi yang ada dalam smartphone biasanya berkaitan dengan layanan ini. Artinya, jika layanan ini bermasalah atau terhenti, maka anda pun tidak dapat lagi mengakses layanan dari google play. Tidak hanya itu saja, anda pun juga tidak dapat lagi melakukan update pada aplikasi-aplikasi penting di smartphone anda. 

Layanan google play yang terhenti bisa terjadi karena layanan tersebut tidak dapat berjalan dengan benar. Penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya yaitu koneksi internet bermasalah atau terjadi crash pada layanan Google Play. Jika hal itu terjadi pada smartphone anda, bagaimana cara mengatasinya?. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

Cara Mengatasi Muncul Notifikasi Layanan Google Play terhenti di HP

1. Buka menu Pengaturan (setting) dan pilih manajer aplikasi. 

2. Silahkan pilih Layanan Google Play. 

aplikasi layanan google play

3. Setelah terbuka, klik pada hapus memori. 

hapus memori

4. Masih di tampilan yang sama, lihat di atasnya dan klik pada atur penyimpanan. Setelah terbuka, klik pada hapus semua data untuk menghapus semua data layanan. 

hapus data

Jika cara di atas sudah anda lakukan, silahkan coba cek lagi apakah notifikasi tersebut masih muncul lagi. Kebetulan cara ini saya praktekkan pada HP Samsung saya (J1 2016) dan berhasil mengatasi masalah tersebut. Hasilnya, notifikasi dari Google Play tersebut pun sudah tidak muncul lagi. Cara di atas juga tidak akan berpengaruh pada aplikasi atau kinerja hp anda sehingga aman dilakukan. Untuk HP Smartphone merek lain, bisa anda sesuaikan seperti cara di atas. Demikian. Semoga bermanfaat.

Labels: Tips & Cara

Thanks for reading Cara Mengatasi Muncul Notifikasi Layanan Google Play terhenti di HP Samsung. Please share...!