Cara Memberi Background Warna Pada Kalimat Postingan Blog

Di masa-masa sulit akibat pandemi seperti ini, semangat jadi menurun sehingga inspirasi juga menjadi sulit untuk didapat. Konsistensi dalam ngeblog juga ikut terganggu sehingga tidak heran kalau beberapa blogger berhenti menulis sementara di blognya. Untuk mengisi masa yang serba sulit seperti ini, kali ini saya mencoba tetap menulis dengan berbagi tutorial untuk blogger pemula, yakni cara memberi background warna untuk tulisan di postingan blog. 

background pada tulisan

Bagi pemain lama, mungkin ini bukanlah perkara sulit alias mudah bin gampang sekali. Tapi bagi para blogger pemula yang masih mencoba memahami segala hal berkaitan dengan pengelolaan blog, bisa jadi akan bingung dibuatnya. Sebagai seorang blogger, ada banyak fitur pada tampilan dashboard blogger yang sebagian mesti dipahami untuk membuat kinerja blog semakin lebih baik. Salah satu hal yang juga perlu diperhatikan adalah terkait tampilan pada halaman postingan.

Agar postingan menjadi menarik dan berbobot isinya, beberapa gambar mungkin perlu ditambahkan sebagai pelengkap atau pendukung ilustrasi dalam pembahasan. Selain gambar, tentunya tulisan postingan juga perlu diatur sedemikian rupa agar lebih mudah dipahami oleh pembacanya. Untuk itu, beberapa kalimat terkait topik bahasan mungkin bisa anda beri penekanan dengan memberikan warna atau background pada kalimat (tulisan) tersebut.

Pada artikel terdahulu, saya pernah membagikan cara untuk memberi warna pada tulisan di postingan blog. Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan cara untuk menambahkan background berwarna pada kalimat (tulisan) pada postingan. Jika sebelumnya tulisannya yang diberi warna, kali ini tulisannya tetap tapi memiliki background berwarna. Jadi, nanti kalimat yang diberi background ini akan memiliki latar belakang warna-warna tertentu sesuai pilihan warna yang dikehendaki.

Bagaimana cara penerapannya?, mari ikuti jejak langkah saya berikut ini. 

Cara Pertama

1. Buka akun blogger anda. 

2. Pilih menu postingan dan buka postingan yang ingin tulisannya diberi background. 

3. Kalau sudah, silahkan select kalimatnya, kemudian pilih ikon pada menu bar seperti di bawah ini:
 
pilih ikon untuk background

4. Setelah ikon diklik, maka akan muncul pilihan warna untuk background kalimat tersebut. Silahkan pilih sesuai selera dan kebutuhan anda. 

pilih warna background

Misalkan pada contoh di atas saya memilih warna hijau, maka setelah warna dipilih, hasil (real) nya akan seperti berikut ini. 

Contoh Kalimat dengan Background Warna

4. Silahkan simpan (update) kembali postingan dan lihat hasilnya. 

Cara Kedua

Selain cara di atas, ada lagi cara lainnya untuk memberi background warna pada kalimat di postingan blogspot. Caranya yaitu:

1. Pilih edit postingan dan buka pada mode html.

mode html

2. Setelah itu masukkan kode berikut ini untuk membuat backgroundnya. 
<div style="background:#00ff00; padding: 5px 5px;"> Contoh Kalimat dengan Background Warna </div>

Keterangan:

  • ganti kode warna di atas (#00ff00) dengan kode warna yang anda kehendaki. 
  • ganti contoh kalimat di atas dengan kalimat di postingan anda yang hendak diberi background. 
3. Kalau sudah, silahkan simpan kembali postingan dan lihat hasilnya. 

Demikianlah tutorial ringan kali ini. Mungkin artikel kali ini tidak begitu penting karena biasanya tidak perlu dipelajari akan tahu sendiri. Yah, tapi tidak ada salahnya artikel ini ada. Mungkin saja ada yang membutuhkan tutorial ini. Semoga bermanfaat.

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Memberi Background Warna Pada Kalimat Postingan Blog. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Memberi Background Warna Pada Kalimat Postingan Blog"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.