Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contoh-Contohnya

Ketatnya persaingan kerja memang menuntut kita untuk meningkatkan keahlian dalam berbagai hal agar bisa memenangkan persaingan tersebut. Salah satunya adalah dalam menulis surat lamaran kerja. 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contoh-Contohnya
via istockphoto

Surat lamaran kerja adalah surat yang berisi penawaran keahlian, kemampuan, atau jasa terhadap suatu perusahaan atau instansi tertentu. Surat lamaran kerja berfungsi sebagai langkah pembuka bagi seseorang untuk bekerja di suatu tempat. Jika surat itu menarik, penerimanya akan membuka diri untuk mengundang pelamar datang ke tempat kerjanya.

Tertariknya suatu perusahaan terhadap lamaran itu biasanya ditandai dengan datangnya panggilan atau jawaban, baik yang disampaikan secara langsung, melalui telepon, ataupun melalui surat panggilan. Akan tetapi, jika tidak menarik, langkah pembuka itu sama sekali terputus. Pelamar pun otomatis tertutup peluangnya untuk bekerja di perusahaan itu. Oleh karenanya, penyusunan surat lamaran kerja yang baik juga musti diperhatikan agar lebih meyakinkan perusahaan. 

Surat lamaran kerja umumnya memuat beberapa hal atau dengan kata lain dibentuk oleh unsur-unsur berikut ini:

a. tempat dan tanggal surat
b. perihal surat
c. alamat surat
d. salam pembuka
e. isi surat: 
  1. paragraf pembuka
  2. paragraf inti
  3. paragraf penutup
f. salam penutup
g. tanda tangan
h. nama jelas

Menyusun Surat Lamaran Kerja 


Surat Lamaran harus ditulis dengan gaya yang menarik dan meyakinkan bahwa bahwa pelamar benar-benar mempunyai kecakapan, kemampuan, serta kesungguhan untuk bekerja dengan baik. Sebagai pelamar, anda harus memaksimalkan segala kemampuan dan mengekspresikan segenap kesungguhan melalui surat itu. Sampaikanlah secara persuasif hal-hal berikut:
  • Tunjukan keyakinan diri, 
  • Sampaikanlah kemampuan dan keahlian yang dimiliki,
  • Jelaskan kualifikasi diri sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan. 
Dengan surat tersebut, anda harus berusaha mendapat keper-cayaan dan dapat membangkitkan keinginan pihak perusahaan untuk menerima lamaran anda itu. 

Isi surat lamaran harus singkat, padat, tidak bertele-tele, dan langsung pada persoalannya. Setidaknya terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam isi surat lamaran, yaitu: 
  • pekerjaan yang diinginkan
  • identitas pelamar, meliputi nama lengkap, usia, status pernikahan, alamat, dan tingkat pendidikan
  • kualifikasi pelamar, yaitu latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian. 

Nah, bagi anda yang masih bingung terkait bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik, contoh-contoh surat lamaran kerja berikut ini mungkin bisa sedikit membantu anda. 

Contoh-Contoh Surat Lamaran Kerja


Contoh 1

Jakarta, 15 Mei 2021 

Perihal : lamaran kerja   
Lampiran : lima lampiran 

Yth. Kepala Personalia Sanjaya Konsultan Jalan Teuku Umar 12P 
Jakarta Pusat 

Dengan hormat, 

Saya tertarik dengan iklan lowongan pekerjaan yang Bapak/Ibu tawarkan di iklan harian Kompas, 13 Mei 2021 yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan sales promotion executive. 

Saya seorang wanita lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jurusan Manajemen tahun 2020, usia 25 tahun. Saya berpengalaman dalam bidang pemasaran selama dua tahun dan dapat berbahasa Inggris secara aktif. Selain itu, saya pun pernah kursus komputer selama satu tahun. 

Untuk memenuhi persyaratan dalam iklan tersebut, bersama ini saya lampirkan daftar riwayat hidup, salinan ijazah terakhir, beberapa salinan sertifikat, dan keterangan pengalaman kerja. Saya bersedia ditempatkan di Jakarta ataupun tempat-tempat lainnya yang dikehendaki. 

Atas perhatian Bapak/Ibu terhadap surat lamaran Ini, saya mengucapkan terima kasih. 


Hormat saya, 


Vianita Sahara, S.E.


Contoh 2

Medan, 12 Juli 2021 

Perihal : lamaran pekerjaan         

Yth. Pimpinan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) 
Kampus Medan Jalan Willem Iskandar 
Medan 20222 

Dengan hormat, 

Baru-baru ini saya mendengar informasi dari Bapak Herman Tanjung, salah seorang karyawan Anda, yang menyatakan bahwa ada lowongan kerja sebagai tenaga pengajar di lembaga yang Anda pimpin. 

Saya adalah sarjana teknologi elektro lulusan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Mandala tahun 2019. Saya fasih berbahasa Inggris berdasarkan hasil tes TOEFL yang terlampir. Saya juga mampu mengoperasikan komputer dalam berbagai program. 

Pengalaman saya pernah menjadi asisten dosen selama kuliah di STT Mandala dan sebagai tenaga honorer di sebuah lembaga bimbingan belajar di Bandung, mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi berarti bagi lembaga Anda tersebut. 

Saya kelahiran Medan, 27 Juni 1996. Oleh karena itu, jika Anda berkenan dengan lamaran ini, saya sangat bahagia karena saya dapat mengabdikan kemampuan saya itu di daerah sendiri. 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih. 


Hormat saya, 


Hilman Siregar, S.T.


Contoh 3

Semarang, 10 Juli 2021 

Perihal: Lamaran Pekerjaan   

Kepada Yth.HRD Manager PT. Suzuki Finance  Indonesia,  
Jl. MT Haryono No. 798 B, Semarang
di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin saat ini masih memerlukan karyawan untuk posisi Collector (ARO), maka bersama ini saya bermaksud mengajukan permohonan lamaran pekerjaan pada posisi tersebut

Adapun data-data mengenai  diri saya sebagai berikut :

Nama : Arif Setiawan
Tempat & tgl. Lahir : Grobogan, 24 Agustus 1996
Pendidikan Akhir : S1 Manajemen UIN Walisongo Semarang
Alamat : Tugurejo RT 01/ RW 01, Kec. Tugu, Kota Semarang
No. HP : 089715xxxxxx

Saat ini saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani. Saya juga aktif berorganisasi, dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup fasih serta dapat bekerja secara mandiri maupun bersama tim.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah terakhir dan transkip nilai
3. Foto copy KTP
4. Pas foto berwarna 4 x6

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan dapat diterima bekerja di Perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.


Hormat saya, 


Arif Setiawan
 
                                              
Contoh 4

Semarang, 14 Juli 2021 

Perihal: Lamaran Pekerjaan   

Kepada Yth
HRD Manager Qyta TRANS
Jl. Arteri Soekarno Hatta No.10, Semarang
di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                 : Rudi Haryanto
Tempat, tanggal lahir : Sleman, 24 Agustus 1997
Pendidikan Terakhir : S1 Ilmu Komunikasi UNDIP Semarang
Alamat            : Jl. Bugen Lor, Muktiharjo Kidul, Pedurungan, Semarang
No. Hp                             : 085714xxxxxx

Sehubungan dengan adanya informasi bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini membutuhkan seorang karyawan untuk posisi Customer Service,  maka bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan lamaran pekerjaan pada posisi tersebut.

Saat ini saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani. Saya juga memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup fasih serta mampu mengoperasikan komputer dalam berbagai program.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotokopi ijazah
3. Fotokopi KTP
4. Fotokopi KK
5. Pas Foto berwarna 4x6

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan dapat diterima bekerja di tempat yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya, 


Rudi Haryanto

                                               
Itulah langkah-langkah membuat surat lamaran kerja dan contoh-contohnya. Ohya, setelah surat selesai dibuat, ada baiknya anda sunting kembali surat tersebut untuk mengecek terkait kejelasan isi, kelengkapan unsur, ketepatan diksi, keefektifan kalimat, dan ketepatan penggunaan PUEBI. Semoga bermanfaat. 

Labels: Tips & Cara

Thanks for reading Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contoh-Contohnya. Please share...!