Cara Menciptakan Lingkungan Yang Sehat di Rumah


Rumah merupakan tempat pokok bagi manusia untuk ditinggali selama hidupnya. Tempat tinggal yang nyaman dan bebas dari sampah tentu akan membuat semua anggota keluarga menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Untuk menjaga lingkungan sekitar rumah agar tetap sehat, kita dapat terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dimulai dari diri pribadi. Beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Selalu sediakan tempat sampah pada bagian-bagian ruangan tertentu di rumah 


Sampah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas keseharian manusia. Namun jika sampah tidak ditangani dengan baik, ia dapat menjadi masalah yang mengganggu keseimbangan lingkungan dan juga mengakibatkan permasalahan kesehatan tubuh. Oleh karenanya, kelola sampah dengan baik dan jangan lupa selalu sediakan tempat sampah di rumah.

Sediakan tempat sampah dalam rumah
ilustrasi

2. Jangan biarkan sampah menumpuk dan berserakan 


Sampah yang menumpuk dan berserakan tentunya akan mengundang tamu yang tidak diinginkan, yaitu tamu pembawa penyakit seperti virus dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan. Jika ada sampah yang menumpuk dan berserakan, segera bersihkan agar penyakit tidak kunjung datang.

Jangan biarkan sampah menumpuk
ilustrasi

Baca juga: Mengelola dan Mengolah Sampah Barang Bekas

3. Bersihkan selalu lantai rumah


Memiliki lantai rumah yang bersih dan mengkilap, selain untuk alasan kesehatan tentu saja akan memperindah tampilan rumah. Oleh karenanya, hendaknya lantai rumah disapu dan dipel setiap hari secara teratur dengan menggunakan produk pembersih kimia yang dengan mudah didapatkan di pasaran. Namun, ada baiknya apabila tidak menggunakan produk bahan pembersih tersebut secara berlebihan.

Selalu bersihkan lantai rumah
ilustrasi

4. Bersihkan barang-barang dan juga jendela secara rutin 


Membersihkan barang-barang di rumah terkadang terlihat hal yang sepele. Namun sebenarnya kebersihan barang-barang juga perlu dilakukan terlebih jika debu sudah menumpuk, karena tentu saja lingkungan yang berdebu itu tidak sehat. Oleh karenanya, carilah cara yang cepat, efektif dan efisien dalam membersihkan barang-barang tersebut jika anda orang yang memiliki akitivas padat.

Bersihkan perabot rumah
ilustrasi

5. Ventilasi rumah harus berfungsi dengan baik 


Agar menghindari virus dan bakteri menyebar melalui udara, ventilasi harus dipastikan bekerja dengan baik. Ventilasi harus dipastikan tidak terhalangi oleh benda, dan harus terbuka supaya udara dapat mengalir dengan baik, dengan begitu virus-virus dan bakteri pun dapat terbawa keluar ruangan. Adanya ventilasi juga berfungsi sebagai sirkulasi atau pergantian udara yang ada di dalam ruangan. Sirkulasi udara yang berfungsi dengan baik dapat menciptakan kondisi yang sejuk dalam rumah.

Ventilasi yang baik
ilustrasi

6. Tidak membuang limbah rumahan ke sungai dengan sembarangan


Usahakan tidak membuang sampah atau limbah berbentuk apa pun ke dalam sungai, baik yang dekat (got, parit, blumbang) atau pun sungai yang jauh dari rumah. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan keluarga atau pun keluarga orang lain, tetapi juga dapat menjaga lingkungan kita terbebas dari ancaman bencana banjir.

Jangan buang limbah sampah di got selokan parit
ilustrasi

Selain hal-hal di atas, tidak hanya lingkungan dalam rumah yang perlu dijaga, tentu saja lingkungan luar rumah pun perlu dijaga. Lakukanlah kerja bakti bagi seluruh anggota keluarga minimal seminggu sekali untuk menjaga kebersihan teras dan halaman rumah, memangkas rumput liar, tanaman tetean depan rumah, atau tanaman rimbun yang tidak terawat. 

Bersihkan juga got, selokan, supaya tidak menjadi sarang nyamuk dan tikus. Sediakan juga tempat sampah di luar rumah. Atur tanaman di halaman rumah supaya tidak terlalu banyak tetapi tidak terlalu sedikit pula, atur sesuai kebutuhan. Karena tanaman di halaman rumah juga dapat membuat rumah tampak segar dan asri.

Dari uraian di atas, dapat dipahami bahwa untuk menjaga lingkungan rumah agar tetap sehat, kita harus memulai dari diri sendiri. Mulailah dari diri sendiri dengan melakukan hal-hal sederhana untuk membuat lingkungan sehat. Dengan memiliki pola dan lingkungan sehat tentunya dapat menjaga keluarga supaya tetap sehat dan pastinya terhindar dari masalah kesehatan.

Kita memang tidak dapat mencegah seseorang terhindar dari penyakit 100%, tetapi setidaknya kita mampu mengurangi peluang seseorang terkena penyakit dengan lingkungan yang sehat serta bersih terbebas dari polusi. Wassalam. 
Labels: Tips & Cara

Thanks for reading Cara Menciptakan Lingkungan Yang Sehat di Rumah. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Menciptakan Lingkungan Yang Sehat di Rumah"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.