12 Penyanyi Wanita Era 80-90 an Dengan Lagu-Lagu Populernya


Meski di tahun 90 an saya masih kecil (TK/SD), namun karena setiap hari sering mendengarkan lagu-lagu lawas yang diputar di lapak-lapak penjual kaset CD di pasar, saya pun jadi ikut familier dengan lagu-lagu lawas tersebut. Sehari-hari saya memang beraktivitas jualan di pasar, sehingga tanpa disadari saya pun jadi sedikit tahu penyanyi dari tembang-tembang lama tahun 80 hingga 90 an tersebut. Ternyata lagu-lagunya cukup enak didengar di telinga. Lagu-lagunya juga variatif dari yang sendu, merdu mendayu, ceria, hingga lagu bernuansa rock semuanya masih enak didengar sehingga lirik-liriknya yang cenderung puitis mudah membekas dalam ingatan. 

Daftar penyanyi hits 80 90 an

Sebenarnya ada banyak penyanyi wanita era 80 hingga 90 an dengan lagu-lagunya hitsnya, tapi dari yang sering saya dengar, berikut di antaranya:

1. Ratih Purwasih


Ratih Purwasih adalah Penyanyi pop era 80 an yang terkenal dengan lagu-lagu hitsnya. Merupakan adik dari penyanyi kondang Endang S. Taurina, karakter vokal Ratih lebih pas untuk genre pop manis ala pencipta lagu handal Obbie Mesakh yang memang lagi booming saat itu. Lagu “Yang.. hujan turun lagi..” menjadi hits besar yang langsung membawa nama Ratih menjadi penyanyi yang banyak disukai. Lagu andalan ciptaan Obbie ini pun langsung meluncur manis di pasaran, boleh jadi karena baris lirik awal yang catchy.

Selain lagu ini, penyanyi kelahiran Cilegon, 1 April 1966 juga memiliki lagu hits-hits lain seperti Hatiku dan Hatimu, Kutunggu Engkau di Sini, dan lagu-lagu lainnya. 

2. Christina Panjaitan


Bernama lengkap Christine Natalina Panjaitan (lahir 23 Desember 1960), penyanyi Indonesia berdarah Batak ini sempat terkenal di tahun 1980-an dan banyak digemari oleh fans seusianya hingga kini. Selain memiliki paras cantik, ia juga memiliki suara yang merdu. Nama Christine Panjaitan semakin melambung ketika menyanyikan lagu karya Rinto Harahap berjudul Katakan Sejujurnya. Lagu ini bahkan masih sering terdengar hingga saat ini.

Selain menyanyi, alumnus Fakultas Sastra Tionghoa Universitas Indonesia tahun 1986 ini juga pernah mengajar di Universitas Padjadjaran Bandung selama dua tahun. Pada tahun 1998, ia kembali membuat album rekaman berjudul Aku Sayang Padamu.

3. Nia Daniaty


Nia Daniaty (lahir di Jakarta, 17 April 1964) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia yang populer pada tahun 1980-an. Nia dikenal karena sering membawakan lagu ciptaan Rinto Harahap. Salah satu lagu Nia Daniati yang paling populer adalah Gelas-gelas Kaca, Burung pun ingat pulang, Kaulah segalanya, dan sebagainya.

Nia juga pernah menyanyikan beberapa lagu pop Sunda yang juga cukup banyak peminatnya. Selain menyanyi, Nia juga terjun ke dunia akting. Beberapa judul film dan sinetron pernah dibintanginya. Bahkan pada tahun 1980, Nia pernah dinominasikan sebagai Aktris Terbaik dalam ajang FFI untuk perannya dalam film Antara Dia dan Aku.

4. Iis Sugianto


Kuspuji Istiningdiah Sugianto atau kerab disapa Iis Sugianto (Jakarta, 17 November 1961) adalah penyanyi era 80 an yang terkenal dengan lagu-lagu bernuansa melankolis karya musisi beken Rinto Harahap. Dimulai album Jangan Sakiti Hatinya sampai ke album-album berikutnya, nama Iis Sugianto langsung melejit dan mendapat tempat di hati para penggemarnya.

Iis Sugianto adalah trade mark penyanyi wanita untuk lagu-lagu manis pada tahun 1980-an. Ini bisa dilihat dari produktivitas albumnya dan larisnya penjualan albumnya yang konon rata-rata di atas 1 juta copy. Selain lagu Jangan Sakiti Hatinya, Lagu-lagunya yang juga cukup populer di antaranya Kabar-kabar Burung, Aku pun ingin Cinta, dan sebagainya. 

5. Iis Sugiarti


Bernama hampir sama dengan penyanyi sebelumnya, Iis Sugiarti (lahir di Kampung Simpar, 14 Agustus 1965) adalah penyanyi Indonesia yang juga cukup populer di zamannya. Lagu-lagunya begitu melankonis dan enak didengar. Iis Sugiarti muncul dengan album pertamanya Disini Aku Menanti, sebuah lagu yang merupakan jawaban dari lagu hits milik Obbie Messakh berjudul Kau Dan Aku Satu. Di era itu, sebuah lagu jawaban berarti adalah lagu sama dengan lirik yang berbeda. Iis sukses menjadikan lagu ini menjadi hits besar dan sekaligus mengangkat namanya menjadi penyanyi di genre pop melankolis yang cukup eksis.

Lagu-lagu lainnya yang cukup populer yaitu pulangkan saja, puas di hatimu sakit di hatiku, melodi memori, dan lain sebagainya. 

6. Betharia Sonata


Sri Betharia Sonatha (lahir di Bandung, 14 Desember 1962) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Lagu hitsnya yang terkenal pada era 90 an di antaranya yaitu "Hati Yang Luka". Lagu tersebut mengantarkannya meraih Golden Kaset HDX untuk album Hati Yang Luka. Lagu-lagu hits lain dari Betharia Sonata di antaranya yaitu Aku ingin Cinta yang Nyata, Hati seorang Wanita, Tak Mungkin Lagi dan lainnya.

Selain sebagai penyanyi, Betharia Sonata juga pernah bermain dalam film "Kamus Cinta Sang Primadona" dan "Biarkan aku cemburu". Setelah bercerai dengan aktor Willy Dozan, Betha juga ikut membintangi FTV "Pak De" (2007) bersama Didi Petet. 

7. Nike Ardilla


Siapa yang tidak mengenal nama penyanyi satu ini. Meski telah berpulang ke haribaan Sang Kuasa, lagu-lagunya masih sering diputar di berbagai media. Penyanyi, model, sekaligus artis dengan nama asli Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi ini lahir di Bandung, 27 Desember 1975. Tahun 1990 adalah awal dominasi Nike Ardilla di dunia hiburan sehubungan dengan suksesnya secara komersial album Bintang Kehidupan, yang terjual 2.000.000 unit.

Hampir semua lagu-lagu Nike Ardilla dalam setiap albumnya menjadi hits dan laris manis di pasaran, seperti Aku Takkan Bersuara, Duri Terlindung, dan lagu-lagu lainnya. Namun sayang saat berada di puncak karirnya, ia meninggal dunia pada tanggal 19 Maret 1995 karena kecelakaan mobil. 

8. Poppy Mercury 


Sama halnya dengan Nike Ardilla, penyanyi pemilik nama asli Poppy Yusfida ini juga meninggal di usianya yang masih sangat muda, 21 tahun. Poppy Mercury lahir di Bandung pada tahun 1973.

Meski hanya sebentar menghiasi industri musik tanah air, sejumlah lagu hits andalannya seperti 'Surat Undangan', 'Antara Jakarta dan Penang', serta 'Hati Siapa Tak Luka' mampu membawa namanya bersinar dan melambung tinggi di dunia musik tanah air saat itu. Nama Poppy Mercury pun semakin dikenal publik. Tapi sayang, saat ia berada di puncak karirnya, ia menghembuskan nafas terakhirnya karena penyakit yang dideritanya. 

9. Nicky Astria


Nicky Nastitie Karya Dewi atau lebih dikenal dengan nama Nicky Astria (lahir di Bandung, 18 Oktober 1967) adalah seorang penyanyi rock berkebangsaan Indonesia. Nicky Astria merupakan penyanyi unik dengan vokal range hingga 4 oktaf dengan jenis suara Power Soprano.

Nicky Astria juga pernah menjadi pemenang ajang Anugerah Musik Indonesia atau AMI Awards 2000 sebagai Penyanyi Rock Terbaik. Beberapa tembang lagu yang melambungkan namanya sebagai legenda musik rock Indonesia di antaranya yaitu Tangan-tangan Setan, Jarum Neraka, Mengapa, Bias Sinar, Misteri Cinta, Kau, dan lainnya.

10. Anie Carera


Lahir dengan nama Tri Nuryani di Madiun, Jawa Timur, pada 1 Juni1969), Anie Carera (juga biasa ditulis Annie Carera adalah seorang penyanyi pop Indonesia yang terkenal pada dekade '90-an. Pada tahun 1996, Anie Carera meluncurkan album "Cintaku Tak Terbatas Waktu" yang merupakan "The Biggest Album of Anie Carera". Album tersebut terjual lebih dari 1 juta keping di Indonesia dan Malaysia, serta menjadi Anie Carera Signature Song sampai saat ini. Lagu tersebut menjadi Top Air Play di radio-radio nasional sampai akhir dekade '90-an dan telah dibuat berbagai macam versi serta arransemen ulang.

Lagu-lagu lainnya yang juga hits di antaranya Aku Benci, Terperangkap dalam Duka Cintaku Takkan Berubah, dan lain sebagainya. 

11. Mayangsari


Mayangsari, atau pemilik nama lengkap Agustina Mayangsari adalah penyanyi pop berkebangsaan Indonesia kelahiran Purwokerto, 23 Agustus 1971. Bakatnya sebagai penyanyi sudah diturunkan dari kedua orang tuanya, sang ayah berprofesi sebagai dalang, sedangkan ibunya seorang sinden.

Namanya semakin melambung saat merilis album kedunya bertajuk Selamat Malam Cinta. Selama medio 1990-an, Mayangsari termasuk aktif meluncurkan album-album segar. Beberapa albumnya yang lain yakni Biarkan Saja (1994), Rasa Cintaku (1995), Beri Kesempatan (1996), Harus Malam Ini (1997), dan Kusalah Menilai (1999). Beberapa lagunya yang cukup populer di antaranya Tiada lagi, Kusalah Menilai, Harus Malam ini, dan lagu-lagu lainnya. 

12. Inke Christie


Rinni Chries Hartono atau yang lebih dikenal sebagai Inka Christie (lahir di Bandung, 20 Januari 1975) adalah penyanyi rock berkebangsaan Indonesia seangkatan dengan Nike Ardilla, Poppy Mercury dan lainnya.

Pada awalnya, ia sering kali ikut mengisi acara bersama penyanyi senior Tetty Kadi karena pada saat itu rumahnya Tetty Kadi di Jalan Sumbawa 27 menjadi tempat berkumpulnya penyanyi dan musisi Bandung. Setelah masuk dapur rekaman, namanya mulai dikenal setelah mengeluarkan single Cinta Kita bersama Amy Search pada tahun 1991 dan album Gambaran Cinta pada tahun 1992. Duetnya inilah yang semakin melejitkan namanya bahkan tak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga di negeri jiran Malaysia. 

Itulah di antara beberapa penyanyi wanita era 80 hingga 90 an dengan lagu-lagu hitsnya yang masih sering terdengar hingga saat ini. Semoga bermanfaat. Sumber: wikipedia, dll. 

Labels: Profil Tokoh

Thanks for reading 12 Penyanyi Wanita Era 80-90 an Dengan Lagu-Lagu Populernya. Please share...!

1 comments on 12 Penyanyi Wanita Era 80-90 an Dengan Lagu-Lagu Populernya

  1. Sekitar tahun 1986-1989an ada satu penyanyi wanita tan fariz rm tp aku lupa nama dan lagu2nya..... Kayaknya canda ceria kali ya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.