Renungan Hidup

Apa hakikat hidup ini?
Kita sering mendengar Kiyai atau Ustadz berceramah bahwa hidup adalah untuk beribadah, selalu taat dan patuh kepada perintah Allah, sebagaimana yang disebutkan dalam Alqur'an. Inilah yang kemudian disebut taqwa, yakni menjalankan segala perintahNya dan menjauhi semua laranganNya.

Namun apa hakikatnya ketaatan dan ketundukan kita itu? Apakah Allah memang butuh akan ketaatan dan ketundukkan kita sehingga kita diperintahkan untuk beribadah menyembah kepadaNya? Apakah Allah akan rugi jika hamba-hambaNya justru lalai akan kewajiban yang diperintahkanNya?. 

Ada sebuah hadits Qudsi yang cukup menarik untuk menjawab pertanyaan itu semua. Hadits yang sudah diterjemahkan ini saya nukil dari kitab al-Mawa'idz fil Ahadits al-Qudsiyyah karya Hujjatul Islam Imam Al Ghazali.

Allah berfirman:
"Wahai manusia! Aku tidak menciptakanmu karena Aku menginginkan agar yang sedikit menjadi banyak karenamu, tidak karena Aku ingin menjadikan luluhnya binatang buas karenamu, tidak karena Aku ingin meminta pertolongan dalam urusan yang Aku tak mampu, tidak karena ingin menarik keuntungan bagiKu atau pula untuk menolak yang membahayakan bagi diriKu.

Aku menciptakanmu agar tiada henti menyembahKu, bersyukur sebanyak mungkin dan menyucikanKu pagi dan sore.

Wahai manusia! Andai manusia yang pertama dan yang paling akhir diantara kalian, seluruh jin dan manusia, baik tua maupun muda, baik yang merdeka maupun hamba berkumpul semua tunduk dan patuh kepadaKu, setitik tepung pun tidak akan menambah kebesaran singgasana kekuasaanKu.

Barangsiapa berjihad di jalan Allah, sesungguhnya ia berjuang untuk kebaikan dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah tidak butuh sama sekali terhadap alam semesta.

Wahai manusia! Sebagaimana engkau menyakiti, engkau akan disakiti. Sebagaimana engkau berbuat, engkau akan diperlakukan.''

Kiranya hadits diatas bisa menjadi renungan bagi diri saya dan pembaca semuanya untuk melecut semangat kita agar semakin mantap dalam menata hidup kita, menjalankan kewajiban - kewajiban kita dalam upaya untuk menggapai RidhoNya.. Aamiin...
Labels: Refleksi

Thanks for reading Renungan Hidup. Please share...!

0 Komentar untuk "Renungan Hidup"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.