INTROVERT DAN MISTERINYA

Sosok Introvert

Sosok seorang introvert memang penuh misteri. Kebanyakan orang salah dalam memahami kaum introvert, mereka hanya memandang kaum introvert dari luarnya saja, tanpa mencoba mencari tahu isi dalam fikirannya. Mereka sering menjudge seseorang yang berkepribadian introvert sebagai orang yang tidak mau bergaul, menutup diri dan anti sosial. Saya sendiri seorang introvert, jadi saya merasakan sendiri bagaimana saya sering diperlakukan orang-orang. Sebenarnya bagaimana sosok seorang introvert itu?

Introvert merupakan istilah bagi orang yang berkepribadian tertutup dan cenderung penyendiri. Seorang introvert lebih memilih untuk menyendiri walaupun sedang berada di antara orang-orang yang sedang berkumpul bersama. Ia juga merupakan sosok pendiam yang hanya bicara sekedarnya saja, raut mukanya terlihat serius di tengah keadaan yang tenang. Ia juga terkesan seperti tidak peduli dengan keadaan sekitarnya, bahkan ketika tengah berada pada suasana yang tegang.

Sosok ini memang berbeda, tidak seperti kebanyakan orang, Namun bukan berarti mereka pemalu ataupun seorang yang berpenyakit. Memahami seorang introvert memang bukan perkara mudah, kebanyakan orang memandang sinis terhadap mereka.

Sebenarnya seorang introvert tidak sepenuhnya senang menyendiri dan mereka bukannya anti sosial, namun keadaanlah yang memaksanya, sehingga mereka lebih memilih untuk hanya memiliki segelintir teman dekat yang sudah mengerti betul akan pribadinya. Mereka juga bukannya tidak suka bertemu dengan orang baru atau beramah tamah. Hanya saja mereka bukan jenis orang yang mudah sok akrab atau pintar basa-basi untuk menghidupkan suasana. Mereka terbiasa berbicara lugas dan seperlunya saja, inilah yang sering membuat mereka kesulitan menjaga intensitas obrolan, apalagi dengan orang yang baru dikenalnya.

Seorang Introvert juga tidak pernah menceritakan tentang hal yang bersifat pribadi kepada sembarang orang. Oleh karena itu, hanya teman dekat yang beruntunglah yang bisa menjadi tempat keluhan masalah pribadinya. Menjadi seorang yang berkepribadian introvert memang bukan suatu kesalahan, karena memang setiap manusia dibekali kepribadian masing-masing yang berbeda-beda.

Istilah Introvert dipopulerkan oleh seorang tokoh Ilmu Psikologi yang bernama Carl Jung. Ia mengelompokan Introvert sebagai kaum minoritas. Walau kaum minor tetapi peranan mereka dalam kehidupan sosial sangat menonjol. Mungkin karena sikap mereka yang sangat kontras berbeda dengan kelompok dominan yaitu Ekstrovert. Ekstrovert adalah antonim dari sifat Introvert. Sifat Ekstrovert lebih membutuhkan sosial, cahaya, kebisingan, keramaian, ruang lingkup yang luas dan sebagainya.

Kelebihan yang dimiliki seorang introvert adalah ia lebih fokus kepada hal yang bersifat psikis daripada fisik. Mereka senang menjelajahi ruang pikirnya, mereka membaca buku, menonton tayangan yang dapat mengasah otak, karena mereka haus dengan segala hal yang berbau informasi. Introvert adalah pemikir yang dalam. Mereka mampu melihat suatu hal dari segi manapun, sehingga kadang mereka dianggap sering berpikir lama padahal mereka sedang berpikir matang, berbeda dengan seorang Ekstrovert yang cenderung berpikir secara momentum saja.

Dalam sebuah survey di kolom web LiveScience.com, Rachael Rettner menulis bahwa apabila ada dua orang Ekstrovert dan Introvert dihadapkan dengan sebuah pertanyaan, maka Ekstrovert akan menjawab secara Hiperbola, sedangkan Introvert menjawab dengan Akurat. Apabila mereka melihat seekor ulat di atas makanannya, maka seorang Ekstrovert akan bereaksi melebih-lebihkan daripada seorang Introvert. Contoh Lainnya jika dua orang, yakni Ekstrovert dan Introvert dihidangkan sebuah makanan dalam waktu yang bersamaan, maka seorang Ekstrovert akan berkata, "Makanan ini enak sekali! Belum pernah saya merasakan yang seenak ini" sedangkan seorang Introvert akan cukup menjawab, "Iya, enak.". Dari segi pemahaman dan informasi pendapat mereka berdua jelas berbeda.

Seorang Introvert biasanya dapat bersikap tenang dalam menghadapi segala tekanan dan permasalahan. Mungkin karena kebiasaan mereka sering menyendiri sehingga emosi mereka terlatih untuk tetap stabil. Selalu berpikir sebelum berbicara adalah suatu naluri lahiriah bagi mereka. Introvert akan berhati-hati saat menjelaskan pendapatnya, karena mereka tidak suka dengan pertikaian yang tidak ada manfaatnya.

Bagi Introvert diam bukan berarti tidak mengerti atau tidak peduli, tetapi mereka sedang menganalisa keadaan untuk menentukan suatu tindakan.

Seorang introvert juga merupakan pendengar yang baik. Seorang Introvert yang sedang mendengar sangat pandai dalam menggabungkan fakta-fakta dan prinsip serta pemikiran orang lain, kemudian dijadikannya sebuah klausa sebab-akibat yang baik, lalu dikemas rapi dan terbentuklah sebuah jawaban yang dapat menjadi pemecah suatu masalah.

Ahli psikologi Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist mengatakan bahwa orang-orang Introvert adalah orang dengan kreatifitas berkelas nomor satu. Faktor ini terjadi karena mereka dapat menyelam penuh ke dalam pemikirannya. Membaur bersama intuisi dan ketenangan yang bersinergi dengan sunyi. Itulah syaratnya agar dapat menciptakan sebuah Adikarya. Biasanya seorang Introvert senang menulis. Karena dalam menulis mereka dapat lebih terbuka dalam mempresentasikan pikiran ataupun membagikan pengalamannya kepada orang lain.

Tokoh dunia yang diketahui seorang introvert diantaranya adalah Mahatma Ghandi, Albert Einstein, Bill Gates, Michael Jordan, Nicole Kidman, dan J.K Rowling. Mereka mampu membuktikan bahwa dunia pun membutuhkan mereka. Saat tak dibutuhkan mereka menjadi orang biasa, namun saat keadaan genting mereka berubah menjadi sosok yang luar biasa.

Introvert memang pendiam namun bukan berarti tidak ada isinya, bahkan ia bisa menjadi seorang yang luar biasa.


Sumber: Kompasiana, Wikipedia, Livescience.com.
Labels: Info & Sains

Thanks for reading INTROVERT DAN MISTERINYA. Please share...!

0 Komentar untuk "INTROVERT DAN MISTERINYA"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.