Kandungan dan Manfaat Mengkonsumsi Buah Jambu Biji

Jambu klutuk

Jambu biji merupakan salah satu jenis buah yang banyak ditemui di sekitar kita, apalagi bagi kita yang hidup di pedesaan. Jambu biji yang dikenal sebagai buah tropis ini berasal dari negara di Amerika Tengah, atau ada juga yang mengatakan berasal dari negara Meksiko, Amerika Selatan. Buah jambu biji yang bernama latin guava ini banyak dibudidayakan di negara-negara beriklim tropis atau sub tropis seperti Indonesia. Banyak kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam jambu biji, sehingga sangat baik untuk tubuh. 

Selain rasanya yang enak, buah jambu biji dikenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, buah jambu biji juga memiliki kandungan penting lain yang dapat menyehatkan tubuh kita. Kandungan vitamin dan gizi yang terdapat dalam buah jambu biji ini sangat diperlukan oleh tubuh supaya dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya. 

Kandungan Buah Jambu Biji


Buah jambu biji sangat baik untuk tubuh, karena di dalamnya banyak terkandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh, di antaranya yaitu:

Antioksidan


Jambu biji memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan kandungan antioksidan ini juga bisa ditemui pada daunnya. Oleh karenanya, daun jambu biji yang sudah kering juga bisa dibuat teh. Antioksidan mampu menangkal zat karsenogenik atau radikal bebas yang dapat masuk ke dalam tubuh kita. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang mampu memicu tumbuhnya bermacam penyakit seperti kangker dan lainnya. Oleh karenanya, dengan mengkonsumsi jambu biji maka akan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. 

Vitamin A


Jambu biji mengandung zat karetenoid yang sangat tinggi. Karetenoid adalah vitamin A, dimana vitamin A ini juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain dibutuhkan untuk kesehatan mata, vitamin A juga sangat baik untuk mencegah penyakit  jantung, membuat kulit tetap sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga serta merawat sel-sel tubuh.

Vitamin C


Kandungan vitamin C dalam jambu biji ternyata 4 kali lebih banyak daripada yang ada dalam buah jeruk. Manfaat dari vitamin C ini sangatlah diperlukan tubuh, antara lain untuk menjaga kesehatan gigi, gusi dan mulut, menjaga kesehatan pembuluh darah, mempercepat penyembuhan bekas luka dan membantu tubuh saat menyerap zat besi. Selain itu vitamin C juga dapat membantu meningkatkan kolagen tempat dimana sel-sel dibentuk.

Fitonutrein


Buah jambu biji juga mengandung zat fitonutrein. Zat fitonutren ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi kesehatan mata dan juga memelihara organ prostat.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Jambu Biji


Dengan mengkonsumsi jambu biji, ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh kita, di antaranya yaitu:

1. Melancarkan pencernaan


Dalam buah jambu biji terkandung serat larut sebanyak 5,4 gram dalam setiap buahnya. Serat ini dalam tubuh berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan menghindari terjadinya penumpukan kotoran di dalam usus. Serat juga berfungsi dalam melindungi membrane usus dari ikatan zat kimia berbahaya yang dibawa oleh makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, dalam jambu biji juga terkandung lycopene yang juga sangat baik dalam membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Menambah jumlah darah dan Mengendalikan Tekanan darah


Jambu biji mengandung vitamin E, K, folat, niasain, mangan, tembaga, magnesium, dan asam panthothenic. Kesemuanya itu diperlukan oleh tubuh untuk menambah jumlah sel darah merah kita. Sementara itu, kandungan senyawa elektrolit yang bernama kalium di dalam buah jambu biji juga sangat baik untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi akibat dari adanya reaksi natrium. Oleh karenanya bagi yang memiliki penyakit hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi buah jambu biji. 

3. Mencegah kanker


Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah jambu biji  efektif dalam mencegah pertumbuhan sel kanker secara signifikan jika kita rajin mengonsumsinya. Selain itu, kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Artinya jika kita rajin mengkonsumsi jambu biji, maka kita dapat terhindar dari penyakit kangker. 

4. Meningkatkan imunitas tubuh


Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk efektif untuk meningkatkan kekebalan (imunitas) tubuh. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh maka dapat mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit. 

5. Mencegah tumor 


Kandungan lycopene yang ada dalam jambu biji bermanfaat sebagai zat anti-inflamasi dan mencegah pertumbuhan tumor.

6. Mencegah penuaan dini


Kandungan zat antioksidan yang tinggi dalam jambu biji mampu menetralkan radikal bebas. Antioksidan ini juga mampu menangkal radikal bebas dengan sangat efektif dan mencegah terjadinya stres oksidatif penyebab penuaan dini.

7. Baik untuk penderita diabetes


Kandungan serat dalam jambu biji berfungsi sebagai obat alami bagi penderita diabetes. Selain itu secara medis, buah ini juga terbukti untuk mencegah lonjakan gula.

8. Menjaga fungsi saraf dan otak


fungsi saraf dan otak dapat terjaga dengan baik jika kita rutin mengkonsumsi jambu biji. Hal ini karena jambu biji juga mengandung vitamin B3 dan vitamin b6 yang mampu merangsang kinerja otak. Vitamin B6 atau yang juga dikenal dengan istilah pyridoxine ini juga berfungsi sebagai pelancar aliran darah dan dapat memberikan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan saraf.

9. Menyehatkan kelenjar tiroid


Kelenjar tiroid memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. jika fungsi dari kelenjar ini terganggu maka akan membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu. Dengan mengkonsumsi jambu biji, dapat membantu menyehatkan kelenjar tiroid, hal ini karena jambu biji mengandung mineral tembaga yang sangat baik untuk kesehatan kelenjar tiroid.

10. Membantu menyerap nutrisi


Dalam jambu biji juga terkandung senyawa mangan. Mangan berfungsi sebagai pembantu dalam penyerapan nutrisi saat makanan berada dalam usus. Kesehatan tubuh juga akan tergantung dari seberapa maksimalnya nutrisi yang diserap oleh tubuh.

11. Menjaga kesehatan mata


Sebagaimana yang kita ketahui manfaat dari vitamin A, kandungan vitamin A dalam jambu biji efektif mencegah infeksi dan penyakit pada mata.

12. Menyehatkan kulit


Kandungan vitamin A dalam jambu biji juga mengandung nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Nutrisi ini bermanfaat untuk mengeluarkan antioksidan yang bisa membuat kulit  terasa segar kembali. 




Sumber: 
https://m.merdeka.com/sehat/10-manfaat-kesehatan-menakjubkan-yang-dimiliki-jambu-biji.html
https://manfaat.co.id/manfaat-jambu-biji-merah
Labels: Info & Sains, Kesehatan

Thanks for reading Kandungan dan Manfaat Mengkonsumsi Buah Jambu Biji. Please share...!

0 Komentar untuk "Kandungan dan Manfaat Mengkonsumsi Buah Jambu Biji"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.