Makna Sangkan Paraning Dumadi

Tulisan sangkan paraning dumadi

Pernahkah anda mendengar istilah sangkan paraning dumadi?. Bagi kita yang hidup di jawa mungkin sering mendengar istilah ini, tetapi hanya mendengar belum tentu memahami makna dari falsafah jawa ini. Jika dijabarkan sangkan berarti asal muasal, paran berarti tujuan, dan dumadi artinya menjadi. Jadi dapat dipahami bahwa yang dimaksud Sangkan Paraning Dumadi  adalah pengetahuan tentang asal muasal dan tujuan hidup seorang manusia. Pemahaman ini juga menegaskan mengenai "Dari mana manusia berasal dan kemana ia akan kembali."

Sebagai manusia yang beragama, kita diajari bahwa kita dapat mengenal tentang hakikat Tuhan sebagai sesuatu yang nyata dengan mengetahui siapa sebenarnya diri kita (hakikat manusia). Dengan pemahaman mengenai diri (hakikat manusia), maka akan didapatkan pemahaman mengenai hakikat Tuhan. Dalam prosesnya, dengan kita mengenal Tuhan, maka pada akhirnya kita akan sampai pada penghayatan dari mana asal hidup manusia itu, dan akan kemana hidup itu akhirnya pergi (kembali kepada Tuhan). 

Menurut Ranggawarsito, manusia berasal dari nur (cahaya) Tuhan yang ghaib, yang terkurung oleh badan wadag yang tersusun atas empat anasir (air, api, tanah, angin). Setelah meninggal, badan wadag tidak akan dapat bersatu kembali kepada Tuhan apabila semasa hidup di dunia ini tidak dibekali dengan pengetahuan akan Tuhan. Pengetahuan tentang Tuhan inilah yang merupakan sangkan paran (asal mula) hidup manusia. 

Kita tahu bahwa dunia ini bukanlah tempat yang kekal. Kita hidup di dunia ini tidak selamanya, alias hanya sementara saja. Maka sudah seharusnya kita di dunia selalu ingat akan tujuan akhir hidup kita, yakni kembali bersatu dengan Tuhan. Kesatuan ini dapat dicapai melalui perjalanan spiritual. Dengan senantiasa melakukan kontak dengan Tuhan melalui laku spiritual, maka akan tercapailah kesempurnaan hidup. Dan pada saatnya nanti kita meninggalkan dunia ini, kita pun dapat bersatu dengan zat Tuhan secara hakiki.

Dengan mengetahui ngelmu sangkan paran ini, semoga dalam menjalani kehidupan yang singkat ini kita bisa mendekati nilai-nilai luhur ketuhanan yang dapat membawa kita pulang 'dumadi' kembali kepada Tuhan dengan selamat. Dalam istilah Islam, ngelmu Sangkan Paraning Dumadi ini tampaknya identik dengan filosofi 'Inna Lillaahi wa Inna Ilaihi Roji'uun', yang artinya sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepadaNya lah kami kembali.
Labels: Seni Budaya

Thanks for reading Makna Sangkan Paraning Dumadi. Please share...!

0 Komentar untuk "Makna Sangkan Paraning Dumadi"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.