Touring Kebumen-Pangandaran-Cidaun-Ciwidey-Bandung

Beberapa waktu yang lalu, saya dan paman saya Mulyo Wiarto melakukan perjalanan jauh menyusuri sebagian wilayah Jawa Tengah - Jawa Barat menggunakan sepeda motor. Pada awalnya kami berniat berangkat pada pagi hari, namun karena di tempat kami hujan deras maka akhirnya kami urungkan menunggu hujan reda.

Menjelang siang, hujan mulai berhenti, kami pun memutuskan untuk berangkat memulai perjalanan kami. Sekitar pukul 11 siang kami berangkat berboncengan menggunakan sepeda motor dari rumah kami di Kebumen, Jawa Tengah. Dalam perjalanan kami juga sempat singgah di Gunung Srandil (Adipala, Cilacap) untuk berziarah ke makam Syekh Makhfud dan shalat dhuhur.

Dari gunung Srandil perjalanan kami lanjutkan dan kembali berhenti di Kesugihan, Cilacap. Di sana kami berziarah ke makam Simbah Badawi Hanafi, Romo Kyai Mustholih, dan Romo Chasbullah Badawi sekeluarga. Beliau-beliau ini adalah pengasuh PonPes Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap, dimana saya pernah mondok disana. Setelah berziarah di Kesugihan, perjalanan berlanjut menuju arah Pengandaran. Sampai wilayah Pengandaran kami mengambil rute melewati jalur selatan jawa barat.

Saya tidak begitu faham dengan daerah-daerah yang kami lalui di jalur ini. Ada Cijulang, Cipatujah dan tempat lain yang baru pertama kali saya melewatinya. Jalanan aspal di jalur ini masih bagus dan jarang ada yang rusak sehingga nyaman buat perjalanan. Hanya saja jalur ini sangat sepi sehingga kadang timbul perasaan was-was ketika melewati hutan yang gelap dan sepi tanpa ada pemukiman.

Selain melewati hutan, dalam perjalanan ini kami juga sesekali melewati jalanan di pinggir pantai pesisir selatan. Kami juga jarang sekali menjumpai kendaraan sepeda motor yang melintasi jalan ini, hanya kendaraan-kendaraan besar seperti truk yang agak sering kami jumpai. Dalam guyuran rintik hujan, akhirnya kami sampai wilayah Cidaun, Cianjur pada pukul 11 malam.

Ponpes di Cidaun

Di Cidaun kami silaturahim dan bermalam di pondok pesantren milik keluarga alm Bpk. Suparman dan Ibu Satinem. Pagi harinya, kami sempatkan keliling bangunan pondok dan jalan-jalan pagi sembari menikmati indahnya pemandangan alam. Dari jalanan depan pondok pesantren ini, kami juga bisa melihat indahnya pantai selatan dari kejauhan.

Setelah beramah tamah dengan keluarga besar pondok, pukul 9 pagi, masih dalam guyuran hujan, perjalanan kami lanjutkan kembali ke utara menyusuri rute Cidaun-Ciwidey-Soreang-Bandung. Jalur ini kabarnya jalur baru sehingga masih jarang yang melintas. Rute jalur ini jalanan tidak begitu lebar dan ada yang belum beraspal sehingga kami mesti waspada. Kami juga sering menjumpai tikungan yang tajam sehingga kadang mobil dari lawan arah tidak kelihatan.

Meskipun begitu, dalam perjalanan berkelok-kelok menyusuri bukit menuju kota Bandung ini, kami banyak disuguhi pemandangan alam yang indah menawan seperti hijaunya perbukitan, tebing-tebing tinggi dan curug-curug atau air terjun di tepi jalan yang banyak dijumpai di jalur ini.

Semakin tinggi berjalan kami juga sempat menembus kabut yang semakin tebal disertai rintik hujan yang turun. Setelah melewati areal perkebunan teh yang hijau, jalur mulai agak menurun hingga kami sampai di wilayah Ciwidey, berlanjut Soreang dan akhirnya sampai di Bandung pada pukul 12 siang.

Di Bandung, kami bersilaturahim ke rumah saudara dan menginap semalam di sana. Setelah rasa capek lelah hilang, pagi harinya kamipun kembali pulang ke kampung halaman dan sempat singgah di Ciamis, Purbalingga, hingga akhirnya sampai kembali di kota Kebumen tercinta.

Banyak pengalaman yang kami dapat dari perjalanan ini. Dari perjalanan yang selalu diiringi guyuran hujan hingga tubuh menggigil di perjalanan karena kedinginan, alhamdulillah perjalanan lancar tanpa ada hambatan sampai bisa kembali ke rumah. Hanya sayangnya, selain gambar Ponpes di Cidaun, kami tidak punya gambar lain sebagai dokumentasi perjalanan kami.

Curug di pinggir jalan
gambar via http://cidaun-ciwidey.blogspot.com/2016/03/menikmati-perjalanan-rute-bandung.html

Pemandangan alam 1
Pemandangan alam 2

Labels: Jelajah

Thanks for reading Touring Kebumen-Pangandaran-Cidaun-Ciwidey-Bandung. Please share...!

0 Komentar untuk "Touring Kebumen-Pangandaran-Cidaun-Ciwidey-Bandung"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.