Pahala Amal Yang Menyelamatkan

Jalan jauh

Seorang Ulama dari golongan tabi'in, Sa'id bin Musayyab menerima riwayat dari Abdurrahman bin Samurah RA, ia berkata: Suatu saat aku bepergian bersama Rasulullah SAW. Rasulullah bercerita:

"Semalam aku bermimpi yang sangat aneh. Dalam mimpi itu, aku melihat seseorang dari umatku yang sedang dikelilingi oleh para Malaikat, lalu pahala wudhunya datang untuk membebaskannya".

"Aku melihat seseorang dari umatku sedang dikepung oleh syetan-syetan, lalu pahala dzikirnya datang untuk membebaskannya".

"Aku melihat seseorang dari umatku sedang menderita kehausan yang luar biasa, lalu pahala puasanya di bulan Ramadhan datang untuk memberinya minum". 

"Aku melihat seseorang dari umatku sedang diliputi kegelapan dari segala penjuru. Di depannya diliputi kegelapan, di samping kanannya diliputi kegelapan, di samping kirinya diliputi kegelapan, di atasnya diliputi kegelapan, dan di bawahnya diliputi kegelapan. Lalu pahala ibadah haji dan umrahnya datang dan mengeluarkannya dari kegelapan (menuju tempat yang terang)". 

"Aku melihat seseorang dari umatku sedang didatangi malaikat maut yang hendak mencabut nyawanya, lalu pahala kebaktiannya kepada orang tua datang dan menolak malaikat maut dari sisinya". 

"Aku melihat seseorang dari umatku sedang mengajak bicara kaum Mukminin, namun mereka tidak menggubrisnya. Lalu pahala silaturahimnya datang seraya berkata," Orang ini adalah orang yang senantiasa memelihara silaturahim". Setelah itu ia berbicara kepada para malaikat dan mereka pun bersedia mendengarkannya, sehingga ia turut bergabung bersama golongan malaikat".

"Aku melihat seseorang dari umatku yang hendak mendatangi sekerumunan orang banyak, namun tatkala ia mendatanginya, tiba-tiba mereka mengusirnya. Lalu pahala mandi jinabatnya datang kemudian memegang dan mendudukannya bersama mereka".

"Aku melihat seseorang dari umatku sedang melindungi diri dan menghindarkan wajahnya dari sengatan api dan menepis dengan kedua tangannya. Lalu pahala sadaqahnya datang dan menaungi kepala serta wajahnya dari sengatan api tersebut".

"Aku melihat seseorang dari umatku sedang didatangi malaikat Zabaniyah, lalu pahala amar ma'ruf nahi mungkar yang biasa dilakukannya datang untuk membebaskannya dari siksaan malaikat tersebut". 

"Aku melihat seseorang dari umatku yang dilemparkan ke dalam neraka, lalu pahala menangisnya karena takut kepada Allah SWT datang dan mengeluarkannya dari neraka".

"Aku melihat seseorang dari umatku yang lembaran catatan amalnya dijatuhkan dari sebelah kirinya, lalu pahala takutnya kepada Allah SWT datang untuk mengambil catatan amalnya itu dan meletakannya di sebelah kanannya". 

"Aku melihat seseorang dari umatku yang jalannya tampak gemetaran seperti gemetarnya pelepah kurma, lalu pahala prasangka baiknya (husnuzhan) kepada Allah SWT datang untuk menghilangkan gemetarnya itu". 

"Aku melihat seseorang dari umatku yang sedang melintasi titian (shirath), di mana terkadang ia merangkak, berlutut, dan bergantung, lalu pahala shalawatnya kepadaku (Nabi Muhammad SAW) datang untuk mengambil dan mendirikannya kembali hingga berhasil melewati titian tersebut".

"Aku melihat seseorang dari umatku yang berhenti di depan pintu-pintu surga, namun pintu-pintu surga ditutup. Kemudian pahala kesaksiannya (syahadat) bahwa tiada Tuhan selain Allah datang mengantarkan dan membawanya masuk ke dalam surga".


Labels: Kisah Hikmah, Refleksi

Thanks for reading Pahala Amal Yang Menyelamatkan. Please share...!

0 Komentar untuk "Pahala Amal Yang Menyelamatkan"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.