Pentingnya Air Bagi Makhluk Hidup, Beserta Hak dan Kewajibannya


Air sangat dibutuhkan oleh kehidupan di bumi. Sumber air tersebut ada yang diperoleh dari air tanah, mata air, air sungai, danau dan air laut. Sumber air di bumi tersebut berasal dari suatu siklus air. Panas matahari menguapkan air laut sehingga menjadi awan, dan kemudian menjadi hujan. Air hujan jatuh ke bumi, sebagian meresap ke dalam tanah menjadi air tanah dan mata air. 

Waduk Sempor Kebumen
waduk Sempor, Kebumen

Tuhan menciptakan alam beserta isinya untuk dikelola oleh manusia dan dimanfaatkan sepuasnya. Akan tetapi, sebagai manusia juga dituntut olehNya untuk mempertanggung jawabkan perbuatan kita terhadap alam. Termasuk dalam penggunaan air, kita tahu bahwa semua makhluk hidup membutuhkan air. Jika tidak ada air yang masuk ke tubuh manusia dalam waktu yang lama, manusia tidak akan bisa hidup. Begitu pun makhluk lainnya, dengan air, tumbuh-tumbuhan dapat tumbuh subur sehingga menghasilkan buah yang dapat dimakan dan membuat pemandangan jadi hijau menyejukkan mata. Dengan air pula, hewan-hewan dapat hidup sehingga daging dan air susu dapat berguna bagi kesehatan manusia.

Manusia menggunakan air untuk berbagai keperluan. Para petani menggunakan air untuk membantu tanamannya tumbuh dan berkembang dengan baik. Para nelayan menggunakan air untuk keperluan budidaya perikanan. Air juga digunakan sebagai pembangkit listrik untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, di beberapa daerah seperti di Kalimantan, air juga digunakan sebagai sarana transportasi dan tempat transaksi jual beli. 

Pada musim penghujan, jumlah air akan melimpah. Namun pada musim kemarau, jumlah air pada sumber-sumber air seperti sungai, sumur biasanya akan menurun. Pada musim kemarau, air hujan yang turun berkurang banyak, maka akibatnya jumlah air yang mengalir di sungai juga menurun. Beruntung di beberapa daerah telah dibuat bendungan atau waduk sebagai saluran irigasi, sehingga dapat menampung debit air untuk kepentingan masyarakat. Meski begitu, saat musim kemarau jumlah air juga tetap menurun. 

Tuhan telah memberikan air yang melimpah kepada makhlukNya. Oleh karena itu, sebagai manusia yang mempunyai akal dan pikiran kita wajib menggunakan air sesuai kebutuhan. Sebagai makhluk yang berakal, kita juga mesti mengetahui hak dan kewajiban terhadap air yang ada di bumi ini. 

Hak Terhadap Air


Hak kita terhadap air bersih yaitu menerima atau memperoleh air sesuai kebutuhan kita. Misalnya, kita harus memperoleh air untuk mandi, minum, dan mencuci. Jika tidak memperoleh air bersih, kita akan rugi sendiri karena badan kita menjadi kotor dan tidak sehat. Petani juga membutuhkan air untuk mengairi sawahnya. Tanaman padi akan mati jika tidak cukup air. Jika tanaman padi mati, maka padi tidak bisa dipanen dan petani akan merugi. Begitu pula yang lain seterusnya. 

Kewajiban Terhadap Air


Sebaliknya, agar kebutuhan air selalu tercukupi, kita juga mempunyai kewajiban terhadap air. Kewajiban kita terhadap air yaitu selalu menjaga kebersihannya. Misalnya, jangan membuang sampah ke dalam sumber air seperti sumur, sungai, dan danau. Hal ini dapat merugikan diri sendiri dan orang lain karena air menjadi kotor juga tercemar bakteri. Selain menjaga kebersihannya, kita juga mesti menghemat penggunaan air sesuai dengan kebutuhan, sehingga dengan begitu air dapat memberi manfaat kepada yang lain secara merata.

Labels: Horizon

Thanks for reading Pentingnya Air Bagi Makhluk Hidup, Beserta Hak dan Kewajibannya. Please share...!

0 Komentar untuk "Pentingnya Air Bagi Makhluk Hidup, Beserta Hak dan Kewajibannya"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.