7 Tempat Wisata Populer di Kabupaten Cilacap


Cilacap adalah Kabupaten terluas di Provinsi Jawa Tengah. Luas wilayahnya membentang dari timur ke barat dan selatan ke utara. Kabupaten Cilacap juga merupakan pintu gerbang Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan wilayah provinsi Jawa Barat di bagian selatan dan tengah. Dengan wilayah yang sedemikian luasnya, tentu banyak sekali pesona tempat wisata nan indah dan mempesona yang bisa kita kunjungi saat berada di bumi bercahaya ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tempat wisata populer yang ada di Kabupaten Cilacap:

1. Pantai Teluk Penyu


Pantai yang menjadi andalan wisata Kabupaten Cilacap ini berada di bagian selatan Cilacap yang berbatasan dengan Pulau Nusakambangan. Jarak pantai ini sekitar 2 km dengan pusat kota Cilacap. Pantai ini membujur dari Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap dengan pulau Nusakambangan yang terkenal itu. Dengan area yang cukup luas sekitar 14 ha, kita juga bisa menikmati pemandangan-pemandangan indah di sekitar pantai. 

Pantai Teluk Penyu Cilacap
via ksmtour.com

Meski ombak di pantai ini terbilang cukup ganas, kita tetap bisa menikmati berbagai fasilitas yang anda. Kita bisa bermain air, berenang di tempat yang aman, atau sekedar memandang ombak yang bergulung-gulung dengan indahnya. Sebelum pulang, kita juga bisa membeli oleh-oleh aneka ikan asin kering siap diolah yang dijual oleh warung-warung di sekitar pantai. Atau kita juga bisa membeli aneka kerajinan kerang sebagai souvenir dan cindera mata khas cilacap.

2. Benteng Pendem


Tak lengkap rasanya jika dari pantai teluk penyu tidak mampir ke tempat yang satu ini. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pantai teluk penyu menjadikan ia banyak dikunjungi wisatawan sehabis dari pantai teluk penyu. Benteng Pendem merupakan wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan jika anda sedang berada di Cilacap. Di atas bangunan yang berada di atas tanah 6.5 Ha ini, kita masih bisa melihat kokohnya benteng peninggalan yang menjadi saksi sejarah kekuasaan Belanda saat berkuasa di Indonesia. 

Benteng Pendem Cilacap
via satelitpost.com

Benteng yang dalam bahasa belanda disebut Kusbatterij Op De Lantong Te Tjilatjap ini terletak sekitar 0.5 km dari Pantai Teluk Penyu. Benteng ini di bangun pemerintah Belanda pada kisaran tahun 1861-1879. Pada masa lalu, benteng ini sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus, namun kemudian Pemerintah Kabupaten Cilacap menggali Benteng ini kembali pada tahun 1986. Saat ini, pemerintah Kabupaten Cilacap menjadikan benteng ini sebagai tempat wisata sejarah yang cukup menarik wisatawan. 

3. Gunung Selok Srandil


Selama ini Gunung Selok Srandil banyak yang dikenal sebagai tempat bertapa atau tempat ritual mistis, namun sejatinya tempat ini juga menyuguhkan aneka tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Gunung ini berlokasi di Desa Karangbenda Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Gunung Selok sebenarnya adalah wisata alam yang berupa hutan gunung yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur. Meski begitu, kita bisa menikmati pemandangan alam lebih dari sekedar gunung. Ada banyak tempat wisata lain yang terhubung di gunung Srandil ini, seperti Pantai Laut Selatan, Gunung Srandil, dan benteng peninggalan Jepang. Bagi yang hendak wisata religi, di Gunung Srandil ini juga ada beberapa petilasan atau makam yang terkadang dikunjungi oleh para peziarah. 

Gunung Selok Srandil
via lifestyle.okezone.com

Selain itu, Gunung Selok juga kini menawarkah wahana baru yang berada di puncak gunung. Wahana yang biasa disebut wahana Selfie Deck ini adalah spot yang wajib dikunjungi. Walaupun untuk menuju wahana ini anda harus berjalan beberapa ratus meter menyusuri pepohonan mahoni, tapi semua itu terbayar ketika sampai di Selfie Deck. Wahana yang satu ini menyuguhkan keindahan alam berlatar belakang hamparan sawah, hutan, dan Samudera Hindia. Pada spot tersebut tersedia view deck yang berada di atas pohon dan dilengkapi dengan jembatan gantung penghubung dua pohon. Beragam fasilitas penunjang juga telah tersedia seperti fasilitas kamar mandi, area parkir, rumah makan, dan tempat istirahat.

4. Curug Mandala


Lokasi wisata ini berada di Desa Mandala, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap. Curug Mandala termasuk salah satu curug favorit wisatawan di kabupaten Cilacap. Wisata ini menawarkan air terjun yang jernih dan segar serta alamnya yang beriklim sejuk. Untuk menuju lokasi curug berada, kita memang mesti menempuhnya dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuju perbukitan. Namun begitu telah sampai di lokasi Curug, semua akan terbayarkan saat melihat indahnya panorama air terjun yang masih alami. 

Curug Mandala Cilacap
via wisata-tanahair.com

Curug Mandala memiliki 3 tingkat air terjun dan mengalirkan air yang jernih. Suasananya sangat tenang, karena lokasi air terjun ini berada di tengah perbukitan serta jauh dari keramaian. Air yang mengalir dari beberapa titik dan menuruni tebing membuatnya terlihat lebih unik karena tidak hanya membentuk satu garis lurus aliran air saja. Dengan segala keindahan alaminya, curug Mandala juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk berburu fotografi di Cilacap. 

5. Kemit Forest


Kemit Forest merupakan Destinasi Wisata Alam Pegunungan yang Asri. Berlokasi di Jl. Sirkaya Desa Karang Gedang, Kecamatan Sidareja, Cilacap, Kemit Forest menyuguhkan pesona hutan pinus yang indah dan mempesona. Pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, serta udara yang segar dengan pemandangan hijau akan membuat kita merasa sejuk dan hilanglah rasa penat akibat kesibukan yang melelahkan. Rindangnya pepohonan serta hiasan payung dan lampu lampion berwarna warni yang di gantung menjadikan lokasi ini terlihat lebih ramai dan ceria.

Kemit forest
via coretandjawani.blogspot.com

Di tempat wisata ini juga dijumpai beberapa spot foto kekinian yang telah tersedia. Hal ini tentunya semakin menambah cantik jika menjadi background foto selfi kita. Meskipun masih mengandalkan gardu pandang dengan background lanskap alam terbuka, tempat wisata ini cukup populer di kalangan muda mudi milenial. Tak heran jika setiap akhir pekan tempat ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan, baik dari Cilacap maupun dari daerah lainnya.

6. Wisata Hutan Payau


Tempat wisata ini berLokasi di Desa Beji Lor, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara. Tempat wisata ini agak masuk ke wilayah pemukiman penduduk, sehingga jarang dijumpai trayek kendaraan umum menuju ke sana. Akan lebih baik jika anda menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke sana. Hutan mangrove di kawasan ini merupakan hutan pelindung bagi ekosistem di kawasan laguna Segara Anakan dan danau air asin di pesisir pantai Cilacap. Kerapatan pohon mangrove di sini cukup tinggi, sehingga saat berada di sini, kita akan merasakan teduhnya suasana hutan bakau. Bahkan saat cuaca sedang terik, angin sepoi-sepoi masih bisa kita rasakan.

Hutan Payau Cilacap
via ngapaak.blogspot.com

Selain merasakan teduhnya hutan bakau, kita juga bisa menyusuri area wisata dengan luas 10 hektar ini. Di lokasi wisata ini, dengan menyusuri walking track yang sudah tersedia kita juga bisa melihat kawasan hutan yang berbatasan langsung dengan persawahan warga. Suasananya yang sangat teduh dan rindang akan membuat kita tetap merasa segar meski matahari sedang terik. Kita juga bisa mencari tempat yang bagus untuk mengambil foto-foto menarik di sana. Tempat wisata ini memang sangat cocok untuk melepas kepenatan setelah aktivitas yang padat. 

7. Waduk Kubangkangkung


Tempat wisata yang berada di Desa Kubangkangkung, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Waduk cantik ini konon dibangun pada masa kolonial Belanda sebagai sumber penyimpanan air bersih. Selain sebagai tempat penyimpanan air, waduk Kubangkangkung juga kini telah menjelma menjadi daerah wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan. Banyak para wisatawan yang mampir kesana untuk istirahat sejenak sambil menikmati pemandangan alam yang asri.

Waduk Kubangkangkung
via viva.co.id

Banyak suguhan yang bisa kita nikmati di tempat wisata ini. Kita juga dapat menikmati udara di sekitar waduk yang sangat sejuk karena banyak tumbuhan karet di sekelilingnya. Bagi yang ingin berkeliling waduk juga bisa bermain sampan. Waduk Kubangkangkung ini sangat cocok menjadi objek wisata asyik untuk dikunjungi bersama keluarga. Tidak hanya menikmati ketenangan air waduk yang bersih, kita juga bisa sambil wisata kuliner khas Cilacap yang menggugah selera. Oleh karenanya bagi anda yang kebetulan lewat di Cilacap, jangan lupa untuk singgah di Waduk Kubangkangkung.

Demikianlah di antara tempat-tempat wisata populer di Kabupaten Cilacap. Tentunya masih banyak tempat-tempat wisata lainnya, namun ketujuh yang disebutkan di atas paling tidak mewakili suguhan wisata yang berbeda berdasar jenis lokasinya.

Labels: Jelajah

Thanks for reading 7 Tempat Wisata Populer di Kabupaten Cilacap. Please share...!

0 Komentar untuk "7 Tempat Wisata Populer di Kabupaten Cilacap"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.