Cara Sukses Upload KTP/ SIM/ Paspor Untuk Verifikasi Identitas Akun Adsense


Pada tulisan kali ini, Santos Blog ingin berbagi pengalaman saat melakukan verifikasi identitas di akun Google Adsense. Ya, pagi ini saya mendapatkan pesan email dari Google Adsense yang menyatakan bahwa saya harus segera memverifikasi Identitas akun Google Adsense saya untuk keperluan pembayaran nantinya. 

Dalam keterangan berbahasa Inggris tersebut tertera bahwa untuk verifikasi tersebut diperlukan lampiran foto identitas pribadi atau tanda pengenal berfoto yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah. Keterangan juga menyebutkan bahwa nama dalam profil akun adsene juga harus sama dengan nama yang tertera di tanda pengenal tersebut.

Verifikasi ID

Jika dipikir hal ini terlihat sepele karena hanya cukup upload KTP atau SIM atau Paspor untuk melakukan verifikasi akun pembayaran. Namun ternyata tidak sesederhana itu rupanya. Saya bahkan sampai tiga kali upload sampai akhirnya berhasil verifikasi identitas saya. Selain itu, jika anda membiarkan hal ini dan tidak segera upload identitas anda dalam jangka waktu sampai 45 hari ke depan, maka biasanya anda akan mendapat email yang menyatakan bahwa Tayangan iklan dihentikan karena Anda belum menyelesaikan proses verifikasi identitas. 

Oleh karenanya, jika anda menerima email seperti ini, maka segera upload identitas anda sesuai perintah yang ditentukan. Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketentuan gambar identitas yang akan anda upload. 

Dari yang saya pahami dari isi email di atas, ada 5 kriteria gambar identitas yang bisa anda upload untuk verifikasi akun anda, yaitu:

1. Foto harus mencakup seluruh bagian dokumen, dan hasilnya harus dapat terbaca serta fokus.

2. Hindari pantulan cahaya atau kilau pada foto Anda.

3. Dokumen yang tidak lengkap atau tidak jelas, atau foto yang gelap atau buram tidak akan diterima.

4. Untuk mencegah penyalahgunaan, kami membatasi jumlah percobaan verifikasi.

5. Mengupload dokumen atau foto selain dari tanda pengenal Anda bisa menyebabkan penangguhan akun.

Harap pahami 5 ketentuan di atas agar anda sukses upload identitas anda. Jika sudah dipahami, saatnya anda upload ID pengenal anda. Langkahnya yaitu:

1. Siapkan terlebih dulu gambar Pengenal yang ingin anda pakai (bisa KTP, SIM atau Paspor) 

2. Buka email kembali dan klik pada sign in to settings. 

3. Setelah terbuka, kemudian klik kembali pada tombol merah bertuliskan Verify Now.

4. Setelahnya anda akan dibawa pada laman untuk mengupload identitas anda. Anda tinggal pilih tombol upload untuk melampirkan file gambar identitas yang anda siapkan dan kemudian klik submit. 

Sebagai gambaran, sedikit saya akan berbagi pengalaman ketika saya melakukan verifikasi identitas akun adsense saya. 

Pada awalnya, saya menggunakan KTP untuk verifikasi data pada akun adsense. Gambar yang saya pakai adalah gambar KTP dari hasil jepretan kamera hp saya yang berlatar lantai keramik putih. Hal ini saya lakukan karena dari beberapa blogger juga banyak yang menyarankan untuk menggunakan gambar dari hasil kamera (termasuk hp) daripada gambar hasil scan. 

Namun saat saya telah berhasil upload gambar KTP saya, beberapa menit kemudian saya mendapat balasan email bahwa verifikasi gagal karena gambar blur. 

Verifikasi gagal 1

Saya sempat panik karenanya, namun masih ada dua kesempatan lagi (kabarnya dibatasi maksimal 3 kali) bagi saya untuk memperbaiki dan mencoba menguploadnya kembali. Pada kesempatan yang kedua, saya memutuskan pinjam hp teman saya Supar yang kualitas kameranya lebih baik sehingga hasil gambar akan lebih jelas (tidak blur). 

Dengan berlatar kertas putih, gambar pun berhasil diambil menggunakan hp teman saya. Setelah siap, gambar saya rapikan sedikit dan kemudian langsung saya upload kembali sembari berdoa semoga kali ini berhasil. Dan ternyata:

Verifikasi gagal 2

Ya, ternyata masih gagal juga. Saya pun semakin panik dibuatnya, tinggal kesempatan terakhir pikir saya. Saya pun coba memahami apa alasan gambar kedua ini masih saja gagal. Alasannya ternyata bukan karena gambar blur, tetapi karena identitas yang saya gunakan sudah kadaluwarsa sehingga ditolak oleh Google Adsense. Sebelumnya saya pikir KTP yang sudah habis masa berlakunya tidak masalah karena toh sekarang KTP berlaku untuk seumur hidup. Namun ternyata google menghendaki pengenal yang benar-benar masih berlaku sebagaimana yang tertera pada tulisan di KTP. 

Sebelum memutuskan untuk mencoba kesempatan terakhir, saya pun sempat berpikir bagaimana agar hal ini bisa sukses teratasi. Karena KTP saya sudah (dianggap) expired, maka saya pun kemudian memutuskan beralih menggunakan SIM saya yang untungnya masih berlaku. Sama seperti cara yang kedua, saya pun memfoto SIM saya menggunakan hp teman saya Supar dengan berlatarkan kertas putih di bawahnya. 

Setelah dirapikan sedikit dan yakin dengan hasilnya, akhirnya dengan dilandasi doa saya upload kembali gambar untuk ketiga kalinya. Harap-harap cemas saya menunggu balasannya, dan akhirnya:

Verifikasi sukses

Alhamdulillah, di kesempatan ketiga ini akhirnya saya berhasil mengupload identitas pengenal saya menggunakan SIM saya. 

Berkaca dari apa yang saya alami, selain memahami kelima ketentuan yang disebutkan di atas, saran saya sebisa mungkin jika menggunakan kamera hp, pakailah hp yang kameranya resolusi tinggi (HD), agar gambar terlihat jelas. Selain itu, pastikan juga pengenal yang anda pakai masih berlaku sebagaimana yang tertera pada tulisan di identitas pengenal anda. 

Setelah langkah ini berhasil, maka langkah selanjutnya kita akan diarahkan untuk mengatur metode pembayaran yang tersedia pada pengaturan dashboard adsense kita (baca: Cara Menambahkan Metode Pembayaran Google Adsense dan Verifikasinya). Demikian pengalaman saya. Semoga anda dapat mengambil manfaat dari apa yang saya alami ini. Sekian. 

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Sukses Upload KTP/ SIM/ Paspor Untuk Verifikasi Identitas Akun Adsense. Please share...!

4 comments on Cara Sukses Upload KTP/ SIM/ Paspor Untuk Verifikasi Identitas Akun Adsense

  1. makasih sharingnya gan, ane juga nih takut kalau diminta untuk upload dokumen pengenal, soalnya kemungkinan bentar lagi adsense ane minta itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kudu bener-bener teliti gan. Tapi tenang saja, kalo dipahami bener-bener perintahnya pasti sukses.

      Hapus
  2. makasih infonya kak... mau nanya untuk ukuran fotonya berapa? Udah itu fotonya apa harus format jpeg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih mudah pakai poto jepretan hp aja, format biasanya emang jpg.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.