Rasa Takut (Khauf) Imam Abu Hanifah kepada Allah SWT

Khauf doa tengah malam
ilustrasi


Kisah berikut ini diriwayatkan oleh Yazid bin Kumait, salah seorang murid dari Imam Abu Hanifah. Ia bercerita tentang figur sang guru, Abu Hanifah. Ia berkata:

"Imam Abu Hanifah adalah seorang yang sangat takut kepada Khaliqnya. Suatu ketika Ali bin Husain al Muadzin menjadi imam dalam shalat Isya dan ia membacakan Surat Az Zilzalah, sedang kami sebagai makmumnya.

Tatkala shalat telah usai dan orang-orang sudah meninggalkan masjid, aku melihat Imam Abu Hanifah masih berdiam diri di masjid. Beliau duduk tafakur dengan napas tersengal, maka aku berkata dalam hati, sebaiknya beliau kutinggalkan sendirian saja di sini. 

Sebelum pulang, aku menyediakan lentera di sampingnya yang tinggal sedikit minyaknya. Ketika menjelang fajar, aku datang lagi dan kulihat beliau masih di sana dalam keadaan khusyu' melaksanakan shalat. Sambil memegang janggutnya, beliau berdoa:

"Wahai Tuhan Yang membalas seberat atom kebaikan dengan kebaikan. Wahai Tuhan Yang membalas seberat atom keburukan dengan keburukan, selamatkanlah Nu'man (nama lain Imam Abu Hanifah) ini dari api neraka dan segala bentuk kejahatan yang dapat mendekatkanku padanya. Masukkanlah hambaMu ini ke dalam rahmatMu yang Maha luas". 

Kemudian Yazid (periwayat) berkata, "Maka segera ketika aku hendak kumandangkan adzan shubuh, tiba-tiba lampu minyak itu menyala kembali dan beliau pun segera berdiri. Ketika kudekati, beliau bertanya kepadaku:

"Apakah engkau hendak mengambil lampu minyak ini?". Aku menjawab, 'Tidak, aku hanya hendak mengumandangkan adzan untuk shalat shubuh'. Maka beliau berkata kepadaku, 'Rahasiakan apa yang engkau ketahui tentang aku'.

Kemudian beliau shalat sunnah dua rakaat, lalu duduk hingga aku mengumandangkan iqamat dan beliau pun berdiri untuk shalat bersama kami". (Ibnu Khalikan, Wafiyatul A'yan, Jilid V, hlm. 412).

Itulah rasa khauf yang telah mempengaruhi jiwa manusia. Karenanya, Ibnu Sammak pun pernah berkata:

"Takutlah kepada Allah seolah-olah engkau tidak pernah taat kepadaNya, dan mengharaplah atas rahmatNya seolah-olah engkau tidak pernah durhaka kepadaNya".  (Ibnu Khalikan, Wafiyatul A'yan, Jilid IV, hlm. 302).

Labels: Kisah Hikmah

Thanks for reading Rasa Takut (Khauf) Imam Abu Hanifah kepada Allah SWT. Please share...!

0 Komentar untuk "Rasa Takut (Khauf) Imam Abu Hanifah kepada Allah SWT"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.