7 Tanaman Hias Yang Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah


Seiring datangnya musim hujan, nyamuk pun beranak pinak dan siap untuk menyerbu kita. Aktivitas pun menjadi terganggu karena gigitan nyamuk yang menyerang bertubi-tubi. Ditambah cuaca panas yang masih melanda baik di siang maupun malam hari, gigitan-gigitan dari para nyamuk pun semakin melengkapi rasa ketidaknyamanan yang terjadi belakangan ini. Nyamuk memang menjadi musuh manusia. Gigitannya bisa membuat kulit menjadi gatal dan bentol-bentol. Bahkan gigitan jenis nyamuk tertentu pun bisa menimbulkan beragam penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria.

Memang musim hujan adalah musim nyamuk berkembang biak. Hal ini terjadi karena tempat berkembang biak dan pertumbuhan larva nyamuk yaitu genangan air, lebih banyak tersedia di musim hujan. Oleh karenanya, kita selalu dianjurkan untuk menjaga kebersihan dengan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai, karena barang-barang bekas tersebut dapat menjadi sarang nyamuk. Selain itu, kita juga mesti rutin cek atau ganti air dalam kolam ikan atau tampungan air secara berkala. Pastikan juga tidak ada genangan air pada wadah-wadah bekas agar tidak menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak. 

Di samping itu, kita juga dapat mengantisipasi serangan nyamuk dengan mengunakan produk pengusir atau pembasmi nyamuk seperti spray obat serangga, obat nyamuk bakar, atau lotion anti nyamuk. Namun karena berbahan kimia, biasanya kita sering khawatir jika penggunaan produk tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 

Nah, bagi anda yang galau dengan fenomena seperti ini, anda bisa menggunakan alternatif lain sebagai pengusir nyamuk, yaitu dengan menanam tanaman pengusir nyamuk. Selain bebas nyamuk dan aman dari bahaya bahan kimia, tanaman pengusir nyamuk juga bisa menjadi penghias ruangan anda.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa jenis tanaman hias yang dikenal ampuh sebagai pengusir nyamuk, di antaranya yaitu:

1. Bunga Lavender


Bunga Lavender

Sudah sejak lama tanaman ini dikenal sebagai tanaman ampuh pengusir nyamuk. Lavender mengandung linalool dan lynalyl asetat yang mampu mengusir keberadaan nyamuk. Tidak heran jika lavender sering digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk. Selain dikenal anti nyamuk, tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman antiseptik dan antijamur. Bunga lavender berwarna ungu dan memiliki aroma yang sangat harum. Meski aromanya banyak disukai manusia, namun bagi nyamuk aroma lavender merupakan aroma yang paling dihindari. Anda dapat meletakan tanaman ini dalam pot depan pintu rumah atau dekat jendela untuk menghalau nyamuk agar tidak masuk ke rumah. 

2. Bunga Geranium


Bunga geranium

Tanaman dengan tinggi sekitar 20-80 cm ini memiliki bunga berwarna merah yang indah, sehingga sangat cocok untuk menghiasi sudut-sudut ruangan di rumah anda. Meski indah bagi manusia, tanaman ini dikenal sangat tidak disukai oleh nyamuk karena kandungan geraniol dan sitronelol di dalamnya. Baunya yang harum saat tertiup angin terkenal ampuh dalam mengusir nyamuk sehingga mereka akan segera pergi dari ruangan anda. Untuk mendapatkan efek pengusir nyamuk yang diinginkan, anda dapat meletakkan tanaman ini dalam pot di dalam ruangan atau di gantung sebagai tanaman hias di ruangan anda. 

3. Serai Wangi


Serai wangi

Tanaman yang termasuk anggota suku rumput-rumputan ini memang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Namun selain sebagai bumbu dapur, kandungan zat geraniol dan sitronnellol yang terdapat pada tanaman ini juga dapat mengusir nyamuk. Selain itu, minyak serai atau minyak atsiri yang diperoleh dengan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk membuat nyamuk kabur dari anda. Jadi baik tanaman ataupun minyaknya, keduanya sama-sama ampuh untuk mengusir nyamuk. Anda dapat menanam tanaman ini di sekitar rumah sebagai hiasan sekaligus pengusir nyamuk di rumah anda.

4. Lemon Balm


Lemon balm

Tanaman ini berasal dari golongan tumbuhan mint lamiaceae. Seperti namanya, tanaman ini memang menghasilkan aroma lemon yang segar ketika dihirup. Tanaman lemon balm biasanya dimanfaatkan sebagai bahan minuman dan bahan obat. Namun selain itu, tanaman ini juga dikenal ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman lemon balm mengandung senyawa sitronelal yang tidak disukai oleh nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm ini juga salah satu wewangian yang tidak disukai nyamuk. Tanaman lemon balm dapat tumbuh hingga setinggi 80-100 cm dan bisa tumbuh dengan cepat, sehingga jika anda hendak menanamnya mungkin lebih cocok diletakan di pekarangan rumah.

5. Bunga Rosemari


Rosemary

Tanaman yang satu ini dikenal memiliki ketahanan yang tinggi terhadap sinar matahari, sehingga selain cocok ditanam di dalam pot sebagai hiasan interior rumah, anda juga bisa membiarkannya tumbuh di halaman rumah anda. Selain sebagai tanaman hias, rosemary juga memiliki khasiat pengobatan serta pengusir serangga serta hama lainnya, termasuk nyamuk. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir nyamuk dalam ruangan anda. Tanaman rosemary memiliki aroma yang khas seperti minyak kayu putih atau minyak telon. Aroma inilah yang ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk yang ada di sekitar rumah anda. 

6. Tanaman Selasih


Selasih

Selain bijinya yang biasa dimanfaatkan untuk minuman, bagian daun selasih juga memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk. Tanaman yang juga disebut basil ini memang biasa tumbuh liar di pekarangan, sehingga anda dapat mengambilnya dan menanamnya dalam sebuah pot untuk diletakkan di rumah. Tanaman selasih mengandung senyawa eugenol, linaloo, dan geraniol yang mengeluarkan aroma menyengat bagi nyamuk. Sifat tanaman ini tahan terhadap sinar matahari, sehingga cocok ditanam di luar ruangan. Anda dapat meletakkannya di depan pintu rumah atau dekat jendela untuk menghalau nyamuk masuk ke rumah anda. 

7. Tanaman Catnip


Catnip

Jika memelihara kucing di rumah, anda cocok menanam tumbuhan ini di sekitar rumah anda. Catnip atau Nepeta cataria adalah tanaman yang sering digunakan untuk merangsang kucing agar lebih aktif. Meski disukai kucing, tanaman ini sangat tidak disukai oleh nyamuk. Kandungan minyak esensial dalam catnip, yang dikenal sebagai nepetalactone, diketahui ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi sehingga anda harus rutin untuk memangkasnya agar tetap terlihat rapi. Jika ingin menanamnya, anda bisa letakkan tanaman ini di teras depan atau halaman belakang agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

Demikianlah beberapa jenis tumbuhan yang selain bisa menjadi hiasan ternyata juga ampuh untuk mengusir nyamuk agar tidak masuk ke dalam rumah. Selain bebas dari nyamuk, rumah juga akan menjadi lebih harum dan segar tentunya. Semoga bermanfaat.

Labels: Info & Sains

Thanks for reading 7 Tanaman Hias Yang Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah. Please share...!

0 Komentar untuk "7 Tanaman Hias Yang Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.