10 Tempat Wisata Populer (Hits) di Grobogan


Wilayah Grobogan memiliki relief daerah pegunungan kapur dan perbukitan serta dataran di bagian tengahnya. Berada diantara dua Pegunungan Kendeng yang membujur dari arah barat ke timur, Kabupaten Grobogan, atau lebih sering disebut dengan nama kotanya, Purwodadi, memiliki karunia alam mempesona dengan panorama keindahan alam yang tiada duanya.

Mungkin ada di antara kita yang hanya tahu waduk Kedung Ombo atau Api Abadi Mrapen sebagai tempat wisata di Grobogan yang sudah dikenal luas. Namun selain keduanya, ternyata Kabupaten Grobogan juga mempunyai beragam tempat wisata lain yang tidak kalah menarik.

Jika ditelusuri, ada banyak lokasi wisata yang bisa anda kunjungi jika anda sedang berada di Grobogan. Pada artikel kali ini, akan kami sebutkan 10 di antaranya yang cukup populer. Berikut daftarnya:

1. Waduk Kedung Ombo


Kedung Ombo
via surakarta.pro

Waduk merupakan salah satu sumber daya alam yang mempunyai fungsi untuk menjaga keseimbangan lingkungan (ekosistem), terutama dalam pengadaan air bagi kehidupan makhluk hidup. Dengan luas sekitar 6576 hektar, waduk Kedung Ombo berada di 3 kabupaten sekaligus, dengan lokasi tepatnya berada di Desa Kedung Ombo, Gayer, Grobogan.

Selain sebagai sumber irigasi persawahan milik warga masyarakat sekitar, waduk ini juga berfungsi sebagai tempat wisata favorit bagi warga karena keindahan alamnya. Sembari menikmati pemandangan sekitar waduk, di tempat ini juga tersedia penyewaan perahu bagi anda yang ingin melihat luasnya waduk dan panorama di waduk Kedung Ombo ini. 

2. Bledug Kuwu


Bledug Kuwu
via thejakartapost.com

Mungkin ada yang sudah pernah mendengar wisata unik satu ini. Bledug Kuwu adalah tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan fenomena alam kawah lumpur yang terus menerus meletup setiap 2 sampai 3 menit.

Menurut ilmu geologi, luapan lumpur ini berasal dari aktivitas pelepasan gas dari dalam teras bumi. Gas yang keluar tersebut mengandung metana, sejumlah mineral dan garam. Bagi warga masyarakat sekitar, letupan lumpur ini biasa dimanfaatkan untuk membuat garam bleng tradisional. Bagi anda yang ingin melihat fenomena unik ini, lokasi wisata bledug Kluwu berada di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Grobogan.

3. Api Abadi Mrapen


Api abadi mrapen
via koranperdjoeangan.com

Tempat wisata satu ini juga sudah dikenal sejak dulu. Di tempat ini, kita bisa melihat Api Abadi yang terus menerus menyala dan tidak pernah padam meskipun diguyur hujan. Keunikan wisata alam ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Fenomena alam ini sebenarnya berasal dari lubang yang mengeluarkan gas alam lalu api terbakar di udara.

Lokasi Api Abadi Mrapen terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Grobogan. Api dari tempat ini juga pernah digunakan dalam beragam event seperti Pesta Olahraga Internasional Ganefo pada tahun 1963, PON (Pekan Olahraga Nasional) pada tahun 1983 dan event-event lainnya. Selain itu, Api Abadi Mrapen juga kerap digunakan saat perayaan Hari Waisak bagi umat Budha. 

4. Air Terjun Gulingan


Air terjun gulingan
via jelajahkhatulistiwa.com

Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Sandu, Desa Sedayu, kec. Grobogan. Air Terjun Gulingan adalah tempat wisata air terjun yang menyajikan keindahan alam khas pegunungan. Dengan alam yang masih asri, disini kita bisa menikmati sejuknya hawa pegunungan dan segarnya air yang mengalir deras dari atas.

Selain menikmati segarnya air terjun, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti outbound, area olahraga, tempat berkemah, rumah pohon, mina tani, taman bunga, dan agro wisata. Dengan kelengkapannya ini, tidak heran tempat ini selalu ramai oleh para pengunjung baik itu rombongan keluarga maupun komunitas.

5. Kalibiru atau Sendang Teleng


Kalibiru
via wisata.bukaaja.site

Tempat wisata ini menyajikan pesona keindahan telaga atau sendang dengan airnya yang jernih dan berwarna biru. Dinamakan kalibiru karena memang warna airnya bernuansa biru, sehingga banyak wisatawan tertarik untuk datang ke tempat nan eksotis ini.

Dengan kedalaman air sekitar 2-3 meter, kita bisa berenang, mandi, dan bermain air sepuasnya untuk merasakan sensasi kesegaran alaminya. Selain menikmati kesegaran air yang berwarna biru, di sini juga terdapat bebatuan kuning yang menjulang tinggi. Bagi anda yang ingin berkunjung, Sendang Kalibiru terletak di Desa Pandan Harum, Kecamatan Gabus, Grobogan. 

6. Goa Urang


Goa urang
via lebahlebahku

Dinamakan goa Urang (udang) karena konon dahulu banyak sekali udang (jawa: urang) di tempat ini. Goa ini memiliki situs menarik, sehingga selain menjadi tempat wisata, goa ini juga sering dikunjungi oleh para peneliti dari berbagai daerah yang datang untuk mengadakan penelitian di goa ini.

Wisata satu ini juga cocok bagi anda yang suka berolahraga, karena untuk mencapai lokasi gua Urang, medan yang harus dilalui memang akan sedikit sulit. Kita juga mesti melewati areal persawahan penduduk sebelum akhirnya sampai di mulut goa. Goa Urang terletak di Dusun Guwo, Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan. 

7. Bukit Pandang Jati Pohon


Jatipohon
via tripjalanjalan.com

Obyek wisata yang cukup hits di Grobogan ini terletak di Sumber Jati Pohon, Kecamatan Grobogan. Berada di atas bukit dataran tinggi, tempat ini menyajikan pemandangan indah dan udara sejuk dengan nuansa pegunungan yang masih asri. Di sini juga terdapat gardu pandang yang bisa menjadi spot untuk melihat pemandangan Kota Purwodadi dari atas ketinggian.

Bukit pandang jati pohon juga menawarkan eksotisme pemandangan dari atas puncak bukit lamping, dimana pengunjung bisa berswafoto dengan latar pemandangan yang indah dan menawan. Fasilitas yang tersedia di tempat ini juga cukup lengkap mulai dari kolam renang, taman bermain, camping ground, dan kolam pemancingan. Tempat ini sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga anda.

8. Puncak Pelangi Gunung Ulo


Gunung Ulo
via explorewisata.com

Selain bukit pandang jati pohon, puncak pelangi Gunung Ulo juga merupakan tempat wisata yang sedang hits di Grobogan. Dulunya tempat ini merupakan kawasan tandus, namun berhasil disulap menjadi tempat wisata yang eksotis. Berlokasi di Desa Dokoro, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, puncak pelangi Gunung Ulo juga menawarkan pemandangan indah dari atas bukit yang eksotis dan menawan.

Dari atas puncak, panorama alam dengan kesejukan udara pegunungan dapat kita nikmati dengan santai. Selain menyuguhkan indahnya panorama ini, di tempat ini juga telah tersedia beberapa fasilitas pendukung seperti area camping ground, spot foto, hammock, peralatan safety untuk climbing, dan masih banyak lagi.

9. Taman Wisata Pungkruk


Taman pungkruk
via acspungkruk.blogspot.com

Taman wisata yang masih tergolong baru di Grobogan ini juga merupakan tempat wisata hits yang selalu ramai oleh pengunjung. Taman wisata pungkruk merupakan tempat wisata yang sangat cocok sebagai tempat rekreasi bersama teman maupun keluarga. Di tempat ini, kita bisa menikmati pemandangan taman yang asri dan mempesona. Hawa udara sejuk akan membuat kita nyaman dan betah berada disini.

Taman Wisata Pungkruk ini memang sangat terkenal di kalangan muda-mudi. Hampir setiap harinya, apalagi hari weekend, tempat wisata ini selalu ramai oleh para pengunjung. Lokasi tempat ini berada di desa Kedung Jati, Kecamatan Kedung Jati, Kabupaten Grobogan. 

10. Water N Snow (WNS) Gubug


WNS Gubug
via explorewisataindonesiayuk.blogspot.com

Berada di Jalan A. Yani, Gubug, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Water N Snow Gubug merupakan tempat wisata air yang cocok untuk berlibur di akhir pekan anda. Di tempat ini tersedia empat kolam renang dewasa dan anak-anak dengan ketinggian air berbeda. Tidak hanya kolam renang, di sini juga tersedia wahana permainan berupa area salju yang menjadi salah satu spot favorit dan diminati oleh banyak pengunjung.

Selain itu, terdapat pula wahana rumah pintar dan arena permaianan anak. Pemandangan di sekeliling area tempat wisata ini juga sangat indah, segar dan menyejukan, sehingga kita akan betah berada di sini. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap termasuk kamar mandi, rumah pintar, gazebo, mushola dan lainnya.

Demikianlah 10 Tempat Wisata Populer (Hits) di Kabupaten Grobogan. Semoga bermanfaat. 

Labels: Jelajah

Thanks for reading 10 Tempat Wisata Populer (Hits) di Grobogan. Please share...!