7 Destinasi Wisata Curug (Air Terjun) Keren di Purworejo (Bag. Kedua)


Membahas tentang air terjun memang tidak ada habisnya. Sering kali sulit untuk bisa menggambarkan keindahan panorama air terjun yang cantiknya bak surga tersembunyi di tengah-tengah hutan belantara.

Air terjun atau biasa disebut Curug adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Seperti halnya yang ada di Kabupaten Purworejo, beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi. Meski sama-sama indah, setiap masing-masing air terjun tersebut tentunya menawarkan pemandangan berbeda antara satu dengan lainnya. 

Pada artikel sebelumnya, telah kami sebutkan 7 Wisata Air Terjun Menakjubkan yang ada di Kabupaten Purworejo. Pada artikel edisi kedua ini, akan kami sebutkan 7 air terjun menakjubkan lainnya di Kabupaten Purworejo untuk melengkapi daftar pada edisi sebelumnya.

1. Curug Loning


Curug Loning
via detik.com

Curug pada daftar pertama ini merupakan curug yang berada di Desa Loning, Kecamatan Kemiri. Untuk menuju lokasi, kita mesti siap berbasah-basahan karena akses ke lokasi ini harus melalui sungai terlebih dahulu. Curug yang juga dikenal dengan nama Curug Silumut ini memiliki aliran air terjun cukup deras yang jatuh dari ketinggian. Debit airnya bahkan tetap ada saat musim kemarau.

Keunikan air terjun ini juga memiliki dinding tebing cukup lebar dan tinggi serta kontur bertingkat sehingga membuat aliran curug terlihat semakin indah. Ada dua tingkatan curug bagian atas dan bawah yang sama-sama menakjubkan. Anda bisa bermain air sepuasnya di lokasi air terjun dengan panorama menggagumkan ini. 

2. Curug Kalisat


Curug Kalisat
via instagram/ ita_erlina

Jika anda menginginkan wisata air terjun dengan pemandangan serasa berada di Grand Canyon, Curug Kalisat bisa menjadi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Pada awalnya, curug yang berada di Desa Redin, Kecamatan Gebang ini merupakan tempat bermain air bagi anak-anak yang tinggal di sekitar curug. Namun seiring waktu banyak pula pengunjung yang tergoda untuk menyusuri keberadaan curug elok nan mempesona ini.

Di tempat ini, kita bisa menyaksikan jatuhnya air dari ketinggian sekian meter dibingkai dengan panorama tebing berpola unik yang mengelilingi Curug Kalisat ini. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi Curug Watu Lawang dan wisata Kedung yang masih berada di sekitar lokasi tempat ini. 

3. Curug Padusan


Curug Padusan
via ghozaliq.com

Sesuai sebutannya, nama curug ini diambil dari kata bahasa Jawa 'padusan' yang berarti tempat untuk mandi dalam artian bermain air atau menceburkan diri. Curug Padusan berada di Desa Benowo, Kecamatan Bener. Di tempat ini, kita bisa menyaksikan indahnya air terjun yang mengalir dari tebing batu setinggi 20 meter. Di bagian bawahnya terdapat kolam untuk kita menceburkan diri dan merasakan segarnya air terjun di tempat ini.

Di sekitar air terjun juga terdapat spot-spot foto menarik seperti jembatan dan kursi bambu di tepian kolam untuk pengambilan foto keren. Selain Curug Padusan, anda juga bisa mengunjungi Curug Batur dan Petilasan Pangeran Benowo masih berada di sekitar lokasi yang sama.

4. Curug Semrico dan Kedung Gulo


Curug Semrico & Kedung Gulo
via kalitapas.files.wordpress.com

Kedua curug nan mempesona ini berada di Desa Kalitapas, Kecamatan Bener. Curug Semrico memiliki rute yang cukup mudah dijangkau karena sudah dibikin jalan setapak berlapis semen untuk menuju lokasi. Sedangkan untuk menuju Curug Kedung Gulo kita mesti berjalan kurang lebih 9 menit melewati jalanan tanah setapak dan masuk hutan untuk sampai di lokasi.

Kedua curug ini sama-sama cantik meski memiliki ketinggian air terjun yang berbeda. Airnya jernih dan terasa segar saat kita menceburkan diri di curug ini. Alamnya juga masih asri sehingga sangat cocok untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran. 

5. Curug Kembar Mayang


Curug Kembar Mayang
via jadwaltravel.com

Beralih ke kecamatan Kaligesing, di sini kita akan menjumpai air terjun cantik yang berada di desa Donorejo. Curug yang masih searah dengan wisata goa Seplawan ini cukup mudah dijangkau dengan jalan kaki sekitar 10 menit dari area parkir. Curug ini menyajikan keindahan air terjun berpadu dengan alam nan asri.

Curug Kembar Mayang memiliki keunikan tersendiri karena memiliki 2 aliran air terjun yang sangat menakjubkan sehingga disebut Kembar Mayang. Di sini, kita bisa menyaksikan air yang jatuh dari atas tebing menuju kolam cukup luas di bawahnya. Airnya juga sangat jernih sehingga kita bisa menyegarkan diri dengan berenang di sana. 

6. Curug Purbayan


Curug Purbayan
via ihategreenjello.com

Berlokasi di Desa kemiri, Kecamatan Purworejo, Curug Purbayan menjadi salah satu destinasi wisata air terjun yang sayang untuk anda lewatkan. Perjuangan cukup melelahkan saat melewati jalanan licin dan berbatu menuju lokasi akan terbayarkan saat telah sampai di lokasi curug yang memang tersembunyi ini.

Curug Purbayan menyuguhkan keindahan air terjun dan kesegaran airnya yang membuat para wisatawan semakin betah untuk berlama-lama bermain air di wisata curug ini. Banyaknya pepohonan di sekitar lokasi air terjun ini juga membuat suasana semakin teduh dengan udara sejuk dan pemandangan alam yang benar-benar mengagumkan. 

7. Curug Sedayu/ Klanceng Putih


Curug Sedayu
via travelingyuk.com

Curug pada daftar terakhir ini merupakan curug yang masih sangat alami dan letaknya tersembunyi sehingga belum banyak dikenal orang. Curug yang berada di Desa Sedayu, Kecamatan Loano ini memang masih sepi pengunjung sehingga cocok bagi anda yang menginginkan ketenangan saat berlibur. Aksesnya juga lumayan sulit karena harus menembus hutan untuk sampai di lokasi.

Meski begitu, panorama alam berupa air terjun yang disuguhkan di tempat ini begitu menakjubkan sehingga anda akan betah berlama-lama di tempat ini. Selain itu, pemandangan alam di sekitar tempat ini juga masih asri sehingga sangat cocok untuk mengisi liburan anda. 

Itulah 7 Destinasi Wisata Curug (Air Terjun) Keren di Purworejo. Semoga bermanfaat. 

Labels: Jelajah

Thanks for reading 7 Destinasi Wisata Curug (Air Terjun) Keren di Purworejo (Bag. Kedua) . Please share...!