7 Wisata Air Terjun (Curug) Menakjubkan di Kabupaten Purworejo


Memiliki wilayah sekitar 70% berupa pegunungan, Kabupaten Purworejo menyimpan sejumlah wisata air terjun yang siap memanjakan mata anda. Air terjun atau biasa disebut curug memang tempat wisata yang cocok untuk menghilangkan kepenatan setelah menjalani rutinitas padat yang melelahkan.

Berlibur bersama keluarga atau teman-teman juga akan semakin seru dengan berwisata mengunjungi air terjun. Menikmati indahnya alam sembari bermain air atau merasakan sensasi air jatuh dari atas curug, kesuntukan pun akan hilang seiring guyuran air segar yang membasahi tubuh. Kita pun dibuat terlena sekaligus kagum akan ciptaan Sang Kuasa. 

Ada beberapa tempat wisata berupa curug yang hits di Purworejo. Berikut kami sebutkan 7 di antaranya destinasi Wisata Air Terjun populer di Kabupaten Purworejo.

1. Curug Abang 


Curug Abang
via ihategreenjello.com

Curug ini memiliki dinding atau tebing yang berwarna merah (jawa: abang) sehingga dinamakan curug abang. Berada di Desa Wonosuko, Kecamatan Kemiri, curug ini cukup mudah untuk dijangkau karena lokasinya yang hanya berjarak 200 meter saja dari jalan raya. Curug ini menyuguhkan pesona keindahan air terjun yang mengalir deras jatuh dari ketinggian puluhan meter.

Selain dari pada itu, pemandangan alam berupa susunan batuan alami dan deretan hutan pinus yang berada di sekitar lokasi juga semakin melengkapi perpaduan panorama keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan.

2. Curug Kaliurip


Curug Kaliurip
via magelangekspres.com

Sesuai dengan namanya, Curug ini berada di Desa Kaliurip Kecamatan Kemiri. Kita memang akan melalui medan yang lumayan terjal dan penuh perjuangan untuk menuju lokasi air terjun, namun semua itu akan terbayarkan saat telah sampai di lokasi. Di tempat ini, kita akan melihat cantiknya pesona air terjun yang mengucur di antara dua buah tebing batu yang amat curam.

Curug kaliurip ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan kontur aliran sungai sehingga airnya tidak begitu deras dan tidak cukup dalam. Meski demikian, pemandangan di sekitar curug kaliurip ini masih sangat asri sehingga sangat cocok untuk menenangkan hati dan pikiran. 

3. Curug Kyai Kate


Curug Kyai Kate
via kabarbruno.com

Curug Kyai Kate berlokasi di Desa Gunung Condong, Kecamatan Bruno. Rute untuk menuju lokasinya lumayan jauh dengan jalanan setapak yang menurun sehingga diperlukan kewaspadaan untuk melewatinya. Curug Kyai Kate dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dengan hutan pinus dan pepohonan rimbun lainnya yang membuat hawa terasa sangat sejuk di tempat ini.

Curug kyai kate memiliki aliran air terjun yang cukup deras dengan kolam air luas yang berwarna biru kehijauan. Di tempat ini, kita bisa bermain air sepuasnya atau berfoto-foto ria dengan mengambil latar pemandangan air terjun yang menakjubkan.

4. Curug Muncar


Curug Muncar
via yukpiknik.com

Masih di Kecamatan Bruno, Curug yang berada di Desa Kaliwungu ini juga masih alami dan asri dengan rute menuju lokasi yang lumayan melelahkan. Berada di pegunungan dengan ketinggian 900 mdpl, kita harus berjalan kaki menyusuri lembah dengan medan terjal dan licin untuk sampai di lokasi. Begitu sampai, kita akan disuguhi panorama derasnya air terjun yang jatuh dari atas pegunungan.

Tidak hanya itu saja, pemandangan alam di sekitar Curug Muncar ini juga sangat menakjubkan sehingga tidak sia-sia untuk sampai di tempat ini. Dengan segala sajian yang ditawarkan, destinasi wisata ini sangat cocok bagi anda traveler yang menyukai kegiatan berpetualang.

5. Curug Tawing


Curug Tawing
via berwisata.org

Menurut bahasa masyarakat setempat, tawing berarti tebing karena air terjun ini berasal dari atau berada di tebing. Curug cantik yang selalu ramai dikunjungi wisatawan ini berlokasi di Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing. Berada di perbukitan yang cukup terjaga kelestariannya, lokasi di sekitar air terjun ini juga memiliki alam yang masih hijau berupa hutan pinus yang menyejukkan.

Air dari curug dengan ketinggian 100 meter berundak ini sangat jernih dan segar, bahkan ada mitos yang mengatakan siapa saja yang meminum atau mandi di sini akan diberi kesehatan dan awet muda. Puas bermain air, anda juga bisa mengunjungi Gua Anjani yang berada tidak jauh dari curug ini. 

6. Curug Gunung Putri


Curug Gunung Putri
via portalpurworejo.com

Air terjun cantik yang berpadu dengan hijaunya pepohonan dan rerumputan ini terletak di Desa Cipedak Kecamatan Bruno. Rasa lelah saat berjalan menuju lokasi akan hilang sekejap manakala tiba di lokasi dan menyaksikan keindahan alam wisata air terjun ini. Lokasinya yang dikelilingi hutan pinus dan cukup tersembunyi membuat suasana terasa sangat sejuk di tempat ini.

Curug gunung putri juga memiliki debit air yang lumayan besar sehingga airnya tetap mengalir meskipun saat musim kemarau. Bagi yang hobi foto, banyak spot-spot menarik untuk mengabadikan moment anda. Tempat wisata ini juga cukup populer sehingga selalu ramai dikunjungi pelancong dari berbagai kota. 

7. Curug Silangit


Curug Silangit
via telusurindonesia.co

Curug menawan ini berada di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing. Lokasinya mudah dijangkau sehingga dapat diakses dengan kendaraan umum atau mobil pribadi. Dinamakan curug silangit karena ketinggiannya yang mencapai 50 meter.

Selain itu, keunikan lainnya yaitu curug ini terbagi atas 3 tingkatan dengan pembagian curug paling atas setinggi 30 meter dan kedua curug di bawahnya masing-masing setinggi 10 meter. Curug ini memiliki area kolam yang cukup dalam sehingga bagi yang tidak bisa berenang disarankan untuk bermain di tepian saja. Meski begitu, anda tetap bisa puas menikmati kesegaran curug ini sembari menghayati indahnya pemandangan alam di sekitar curug Silangit ini. 

Demikianlah 7 Wisata Air Terjun (Curug) Menakjubkan di Kabupaten Purworejo. Selamat berwisata. Baca selanjutnya: 7 Destinasi Wisata Air Terjun (Curug) Keren di Kabupaten Purworejo (Bag. Kedua)

Labels: Jelajah

Thanks for reading 7 Wisata Air Terjun (Curug) Menakjubkan di Kabupaten Purworejo. Please share...!