Beberapa Resep Alami Tradisional Untuk Mengobati Batuk


Setiap dari kita pasti pernah merasakan sakit batuk, baik itu yang ringan maupun yang cukup menyiksa karena mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Penyakit ini juga dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Pada umumnya, batuk memang dapat sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu hingga sekitar tiga minggu lamanya. Namun tetap saja karena 'menyiksa' dan mengganggu aktivitas kita, batuk mesti segera diobati agar cepat reda dan lekas kembali sembuh seperti sedia kala. 

Orang batuk
via pixabay

Dalam ilmu kesehatan, batuk merupakan respons alami tubuh untuk menyingkirkan berbagai zat yang masuk dan membuat iritasi saluran pernapasan. Selain itu, batuk juga bisa merupakan gejala dari penyakit tertentu. Saat debu atau polusi memasuki sistem pernapasan, otak akan mengirim sinyal melalui saraf tulang belakang ke otot-otot di dada dan perut. Ketika otot-otot tersebut berkontraksi, udara menyembur melalui sistem pernapasan untuk mendorong keluar benda asing. Hal inilah yang dinamakan batuk.

Secara umum ada dua jenis batuk yang sering dialami banyak orang, yakni batuk berdahak dan batuk kering yang disertai dengan rasa gatal di tenggorokan. Batuk berdahak terjadi ketika tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir pada saluran pernapasan. Sedangkan batuk kering merupakan batuk yang tidak mengeluarkan dahak. Untuk mengobati kedua jenis batuk ini, biasanya ada banyak obat yang bisa kita konsumsi untuk mengatasinya. Kita bisa mendapatkannya dari resep dokter, apotik, atau toko-toko obat di sekitar kita. 

Sebetulnya, jika kita ingin menggunakan cara tradisional yang sehat dan aman dari efek samping bahan kimia, ada beberapa resep dari bahan-bahan alami di sekitar kita yang ampuh untuk mengobati batuk. Bahan-bahan dari alam tersebut di antaranya yaitu bawang putih, kencur, lidah buaya, belimbing wuluh, jeruk nipis dan mengkudu. Kita dapat meracik sendiri obat batuk alami menggunakan bahan-bahan alami tersebut. Berikut resep-resepnya:

Resep Satu: Belimbing Wuluh


Belimbing wuluh

Daun, bunga, dan buah belimbing wuluh yang masing-masing sama banyaknya direbus dalam air mendidih selama 1/2 jam. Setelahnya minum airnya. 

Resep Dua: Jeruk Nipis


Jeruk nipis
via pixabay

1 jeruk nipis dicuci, campur dengan 1,5 sendok kecap dan garam. Aduk rata dan saring airnya. Minum 1 - 3 kali sehari. 

Resep Tiga: Kencur


Kencur
via halodoc.com

Menggunakan kencur ada dua cara, yaitu:

Pertama: 3 potong kencur masing-masing sebesar jari dicuci, kupas, parut. Tambahkan setengah gelas air dan garam, kemudian peras dengan kain. Air perasan bisa diminum setiap pagi dan sore. 

Kedua: sepotong kencur sebesar jari dicuci, kupas dan kunyah sampai lumat, dan airnya ditelan. Lakukan setiap pagi. 

Resep Empat: Lidah Buaya + Madu


Lidah buaya
via pixabay

20 gram lidah buaya dicuci, dikupas, dipotong-potong dan lumat. Beri 2 sendok makan madu murni. Minum 2 kali sehari. Ulangi selama 10 hari.

Resep Lima: Buah Mengkudu


Buah mengkudu
via kabartani.com

2 buah mengkudu masak dicuci, parut dan peras. Beri gula batu dan sedikit perasan air jeruk nipis. Minum 3 kali sehari. 

Resep Enam: Bawang Putih/ Sambiloto + Madu


Untuk batuk rejan dan bronkhitis, gunakan resep berikut:

Bawang putih
via pixabay

Pertama: 3 gram bawang putih, kupas, cuci, dan tumbuk. Campur dengan gula batu dan segelas air matang. Diamkan selama 5 - 6 jam. Minum 1 sendok makan penuh setiap hari selama beberapa hari.

Sambiloto dan madu

Kedua: 3 lembar daun sambiloto diseduh dengan air panas dan tambahkan sedikit madu. Minum larutan ini 3 kali sehari. 

Demikianlah di antara beberapa resep tradisional dari bahan-bahan alami di sekitar kita. Selain tanpa menimbulkan efek samping, tentunya resep-resep tersebut juga berkhasiat dan ampuh untuk mengobati batuk yang mengganggu, sehingga tubuh pun menjadi sehat kembali. Sekian. Semoga bermanfaat. 

Sumber:

https://www.alodokter.com/penyebab-batuk-berdahak-dan-batuk-kering-serta-cara-mengobatinya

https://www.halodoc.com/kesehatan/batuk

Buku Hidup Sehat Bersama Apotik Hidup, Bina Karya, Salatiga, Jawa Tengah. 

Labels: Kesehatan, Tips & Cara

Thanks for reading Beberapa Resep Alami Tradisional Untuk Mengobati Batuk. Please share...!