Menumbuhkan Ketulusan dalam Kehidupan Sehari-hari


Ketulusan adalah hal yang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan jika kita belum menyelami dalamnya arti kehidupan yang sebenarnya.

Ketulusan bisa diartikan melaksanakan kegiatan dengan penuh kejujuran, kesungguhan, berterus terang, tidak dendam, tidak pura-pura, tidak terpaksa, dan hati bersih.

Ketulusan muncul dari dalam lubuk hati yang terdalam, sehingga ia mampu memberikan makna terdalam dalam menyingkap suatu kebenaran yang nyata. Ia jualah yang sanggup memberikan warna terindah di dalam setiap tingkah laku dan tutur kata kita.

Hati setiap manusia itu berbeda, sehingga pemahaman akan sebuah ketulusan itu bisa dimaknai lain oleh orang yang menerimanya. Kita saat memberi mungkin bisa merasakannya, namun kita tidak bisa memastikan perasaan orang lain apakah ketulusan ataukah hanya kebohongan yang dia berikan kepada kita.

Meski demikian, kita mesti yakin bahwa dalam hidup ini, pasti ada orang yang benar-benar tulus terhadap kita. Maka seyogyanya bagi kita untuk selalu memberikan ketulusan kepada siapa pun orang-orang di sekitar kita. 

Ketulusan membantu

Ketulusan bisa kita wujudkan setiap melaksanakan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Ketulusan bisa ditujukan kepada keluarga, kekasih, atau orang-orang yang kita sayangi. Jika mereka mampu merasakan ketulusan yang kita berikan, pastinya mereka juga mempunyai ketulusan yang luar biasa untuk diberikan kepada kita.

Bahkan tidak hanya kepada orang yang kita kenal, ketulusan hati juga mesti kita wujudkan saat membantu orang-orang yang terkena kemalangan, musibah, atau siapa saja yang membutuhkan pertolongan tanpa pandang bulu apakah kita mengenalnya atau tidak. 

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat memberikan ketulusan di lingkungan keluarga misalnya dengan mematuhi segala nasihat orang tua, membantu kesibukan orang tua, merawat mereka dikala sakit, menyapu lantai yang kotor atau mencuci piring dengan tanpa mengharap imbalan dari orang tua.

Ketulusan di lingkungan sekolah misalnya dengan membantu membawakan barang bawaan guru, menolong teman yang mengalami masalah atau kesusahan, mentraktir teman yang tidak membawa uang saku, mengantarkan pulang teman yang sakit, dan lain sebagainya. 

tulus suci

Di lingkungan masyarakat, ketulusan dapat kita wujudkan misalnya dengan membantu tetangga yang sedang mengalami kesusahan, mengunjungi saudara, kerabat atau tetangga yang sakit, dan lain sebagainya. Sikap-sikap yang dilandasi ketulusan ini pastilah akan mendapat balasan setimpal kelak di suatu hari nanti.

Kita tidak tahu nasib yang akan menimpa dalam hidup ini. Ada saatnya kita memberi, namun bisa jadi ada saatnya suatu hari nanti kita butuh menerima bantuan. Keajaiban dari ketulusan yang pernah kita lakukan inilah yang akan menggerakan orang lain untuk datang dengan tulus dan ikhlas hati memberikan pertolongan kepada kita. 

Ada banyak manfaat dan nilai positif yang akan didapat andaikata manusia mau saling memberi kepada sesamanya dengan dilandasi ketulusan.

Manusia adalah makhluk lemah dengan hati rapuh dan mudah sekali berubah. Ketulusanlah yang akan mampu saling menguatkan di antara mereka jika mereka menginginkan keharmonisan di dalam hidup. Di antara manfaat yang bisa kita rasakan adalah ketulusan berperan besar dalam membina kerukunan hidup antar sesama manusia, mewujudkan sikap saling pengertian, dan menciptakan masyarakat yang aman, damai, dan tentram. 

Tulus berteman

Agar bisa terwujud hal-hal yang demikian, langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah hindari melaksanakan kegiatan dengan rasa terpaksa atau pura-pura.

Bersikap ikhlas dan penuh kerelaan hati dalam setiap aktivitas dan bersosialisasi dengan sesama manusia. Biasakan melaksanakan kegiatan dengan penuh kejujuran, berterus terang, bersungguh-sungguh, tidak dendam, tidak terpaksa, dan tidak pura-pura.

Itulah di antara hal yang merupakan perwujudan dari ketulusan. Kehidupan bersama akan menjadi indah manakala ketulusan menjadi tiang kokoh di dalamnya.

Labels: Refleksi

Thanks for reading Menumbuhkan Ketulusan dalam Kehidupan Sehari-hari. Please share...!

0 Komentar untuk "Menumbuhkan Ketulusan dalam Kehidupan Sehari-hari"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.