7 Tempat Wisata Keren di Kabupaten Purworejo


Dengan bentang alam luas, dibatasi oleh Pegunungan Serayu Selatan dan Gunung Sumbing di sebelah utara, Pegunungan Menoreh di timur, Samudra Hindia di selatan dan dataran Kebumen di sebelah barat, Kabupaten Purworejo menyimpan beragam panorama keindahan alam menawan, eksotis, dan mempesona di sejumlah tempat yang menjadi wilayahnya.

Potensi wisata yang ada pun terus berkembang sehingga sering menjadi tujuan pelancong yang hendak berwisata untuk sekedar menghilangkan kepenatan setelah lelah beraktivitas. 

Banyak pilihan tempat wisata yang tersebar di wilayah kabupaten yang berdekatan dengan kota Jogja ini. Namun pada artikel kali ini, saya hanya memilih 7 tempat wisata keren mewakili keindahan alam Purworejo yang sayang jika anda lewatkan. Berikut informasinya:

1. Pantai Jatimalang


Pantai jatimalang purworejo
via berbagifun.com

Berbatasan langsung dengan laut Selatan, Kabupaten Purworejo juga memiliki sejumlah wisata pantai yang menjadi andalannya, salah satunya yaitu pantai Jatimalang. Pantai ini terletak di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi. Pantai Jatimalang sangat cocok digunakan wisata keluarga untuk menghabiskan waktu bermain bersama ombak dan pasir. Moment matahari terbenam menjadi salah satu spot keren untuk bisa anda nikmati di pantai ini.

Di sekitar pantai juga tersedia gubuk-gubuk kecil untuk tempat beristirahat. Bagi yang suka kuliner, di kawasan pantai ini juga banyak dijumpai warung makan sehingga anda bisa menikmati deburan ombak sembari menyantap hidangan yang disajikan. 

2. Pantai Jetis


Pantai jetis purworejo
via arifsetiawan.com

Pantai Jetis milik Kabupaten Purworejo ini terletak di desa Patutrejo kecamatan Grabag. Pantai berpasir hitam ini menampilkan panorama alam khas pantai dengan deburan ombak dan semilir angin segar yang berhembus. Selain bermain pasir, salah satu yang cukup menarik di sini adalah adanya taman payung yang menjadi daya tarik tersendiri.

Suguhan di pantai ini semakin komplit dengan adanya taman bunga yang instagramable dan wisata edukasi pembuatan garam. Terlebih, pantai Jetis kini juga dilengkapi dengan pendopo pertemuan bagi warga, sehingga pantai ini cocok sekali dijadikan wisata favorit bagi semua kalangan.

3. Curug Lumbung


Curug lumbung
via instagram/ozils_88

Bagi anda yang suka dengan wisata air terjun atau curug, anda bisa mendatangi Curug Lumbung di Desa Karangsari, Kecamatan Bener. Untuk menuju lokasi curug, anda akan melewati desa dengan pemandangan nan indah.

Curug nan eksotis ini memiliki panjang kurang lebih 100 meter, dengan formasi bebatuan unik pada tebing yang terpahat alami dari aliran air. Pemandangan tebing dan aliran sungai di bawahnya memberikan daya tarik yang tidak bisa anda dilewatkan. Nuansa asri dan hawa udara sejuk juga membuat siapapun yang berkunjung ke sini pasti betah berlama-lama untuk bermain air dan menikmati panorama keindahan yang tiada duanya.

4. Gua Seplawan


Goa Seplawan
via njogja.co.id

Goa ini banyak diminati wisatawan karena keindahan goa yang masih asli dan juga keindahan pemandangan alamnya. Goa Seplawan terletak desa Donorejo, kecamatan Kaligesing. Begitu sampai di lokasi goa, kita akan disambut dengan dua patung besar replika arca emas Dewa Siwa dan Pawarti.

Goa Seplawan memiliki nilai sejarah tinggi, karena di sana pernah ditemukan arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati yang beratnya mencapai 2,5 kilogram pada tahun 1979. Selain memiliki nilai sejarah, goa seplawan juga menyuguhkan keindahan panorama luar biasa indah untuk dinikmati. Puas menyusuri goa, anda bisa membeli oleh-oleh durian atau mengunjungi peternakan kambing etawa sebagai salah satu ciri khas hewan ternak di Kabupaten Purworejo.

5. Gunung Kunir


Gunung kunir
via lintangsongo.com

Bagi anda yang hobi mendaki gunung, anda bisa mencoba mengunjungi tempat wisata satu ini. Gunung Kunir berlokasi di Desa Benowo, Kecamatan Bener, sekitar 26 kilometer dari kota Purworejo. Berada di kawasan pegunungan Menoreh, Gunung Kunir merupakan tempat terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbit (sunrise) atau tenggelam (sunset). Untuk sampai ke puncaknya, kita akan merasakan kenikmatan mendaki gunung dengan panorama alam menakjubkan.

Jika anda berkunjung di pagi hari buta, biasanya lokasi ini telah dipenuhi oleh banyak wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan saat terbitnya matahari. Pada bulan-bulan tertentu, kita juga dapat melihat matahari tenggelam dengan pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. 

6. Hutan Pinus Sikepel


Hutan pinus sikepel
via amazingindonesia.id

Wisata Hutan Pinus Sikepel berlokasi di desa Kembang Kidul, kecamatan Bener. Seperti halnya wisata hutan pinus pada umumnya, tempat satu ini juga menyuguhkan keindahan alam mempesona dengan suburnya pepohonan pinus dengan tinggi menjulang.

Tempat wisata yang berada di perbatasan antara Purworejo dan Magelang ini merupakan lokasi yang cocok sebagai wisata keluarga untuk bersantai bersama orang-orang tercinta. Bagi anda yang hobi berfoto-foto ria, di sini juga tersedia sejumlah spot untuk berfoto yang keren dan instagramabble. Tersedia juga arena tempat bermain anak, sehingga menjadikan tempat wisata ini memang pas untuk wisata keluarga.

7. Puncak Kahyangan Sigendol


Puncak sigendol
via detik.com

Tempat wisata satu ini berada di desa Giyombong, kecamatan Bruno. Obyek wisata ini menawarkan beberapa spot apik yang berada di bukit desa. Dengan ketinggian sekitar 1000 Mdpl, pengunjung disuguhi pemandangan alam yang sangat menakjubkan, sehingga tak heran lokasi ini dikenal sebagai Puncak Kahyangan.

Dari atas ketinggian, kita bisa melihat pemandangan hamparan perbukitan dan lembah hijau sembari menikmati hawa sejuk khas pegunungan serta nuansa yang tenang. Selain itu, di tempat ini juga tersedia beberapa spot anjungan untuk pengambilan foto dengan background keren dan menawan. 

Demikianlah 7 Tempat Wisata Keren di Kabupaten Purworejo yang sayang jika anda lewatkan. Semoga bermanfaat.

Labels: Jelajah

Thanks for reading 7 Tempat Wisata Keren di Kabupaten Purworejo . Please share...!