7 Wisata Pantai Populer di Kabupaten Purworejo


Bersinggungan langsung dengan samudra Hindia, wilayah Kabupaten Purworejo memiliki sejumlah pantai cantik yang siap menanti kunjungan liburan anda. Pantai memang masih menjadi tempat wisata favorit bagi semua kalangan untuk melepas penat atau mengisi liburan bersama keluarga atau sahabat-sahabat tercinta.

Berlibur ke pantai menyajikan suasana yang berbeda dibanding tempat-tempat wisata lainnya. Banyak keseruan dan kesenangan yang didapat dengan plesiran ke pantai. Jika anda sedang mencari pantai menarik dan populer di Kabupaten Purworejo untuk tempat berlibur anda, berikut kami rangkumkan informasinya untuk anda. 

1. Pantai Jatimalang


Pantai Jatimalang
via radarjogja.jawapos.com

Pantai pada daftar pertama ini merupakan salah satu wisata andalan di Kabupaten Purworejo. Berlokasi di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, pantai cantik ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan, terutama pada saat liburan. Pantai Jatimalang memiliki pasir hitam halus dengan pemandangan pantai yang bagus dan elok. Pantainya cukup bersih dan dikelola dengan baik sehingga nyaman untuk tempat berlibur anda. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap.

Selain menikmati panorama pantai, anda juga bisa berwisata aneka kuliner atau mengunjungi pelelangan ikan dan peternakan udang di sekitar lokasi. Jangan lupa pula untuk menikmati pemandangan sunset matahari yang cantik di pantai ini. 

2. Pantai Keburuhan


Pantai Keburuhan
via ungarannews.com

Segara yang juga disebut Pantai Pasir Puncu ini memiliki pemandangan bagus dengan area bersih dan pasir hitam yang luas dan mengkilap. Deburan ombak di pantai ini cukup besar seperti halnya pantai pesisir selatan pada umumnya. Di sekitar pantai juga dijumpai jajaran pohon cemara yang dapat untuk tempat berteduh dari teriknya sinar matahari. Kita bisa bermain air, bermain pasir, atau sekedar bersantai sembari menikmati panorama pantai yang luas terbentang.

Di sekitar pantai juga dijumpai warung-warung makan untuk mengisi perut anda. Pantai yang berlokasi di desa Keburuhan Kecamatan Ngombol ini biasanya cukup ramai pengunjung saat menjelang akhir pekan atau memasuki musim liburan. 

3. Pantai Jetis


Pantai jetis
via rmoljateng.com

Termasuk pantai unggulan di Kabupaten Purworejo, pantai Jetis juga menjadi plesiran favorit wisatawan untuk mengisi liburannya. Pantai berpasir hitam ini berada di selatan kota Purworejo, tepatnya di Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag. Daya tarik pantai Jetis yaitu keindahan panoramanya dengan dukungan fasilitas yang cukup lengkap.

Banyak juga spot kekinian yang bisa anda nikmati di pantai ini. Selain bermain pasir atau merasakan deburan ombaknya, di pantai ini kita juga bisa berburu kepiting, naik kuda poni, atau berkeliling pantai naik ATV. Fasilitas lain di antaranya yaitu area bermain anak, kolam renang, pemancingan, serta spot-spot untuk foto menarik seperti taman bunga, taman payung dan lainnya. 

4. Pantai Ketawang


Pantai Ketawang
via indonesiatravel.news

Masih di kecamatan Grabag, pantai cantik satu ini berada di dusun Ketawang, desa Ketawangrejo. Meski tidak seramai pantai Jetis, pantai Ketawang juga ramai pengunjung kala memasuki musim liburan. Suasana di pantai sangat indah sehingga cocok buat anda yang ingin mengisi liburan bersama keluarga atau teman – teman terkasih.

Selain bersantai memandangi deburan ombak atau bermain air, kita juga bisa berburu spot foto menarik untuk mengabadikan momen seperti pemandangan laut atau taman dengan berbagai tumbuhan di sekitar pantai. Tersedia pula warung-warung yang menyediakan aneka makanan atau minuman seperti es kelapa muda yang banyak diminati oleh pengunjung.

5. Pantai Roro Inten Pagak Ngombol


Pantai Pagak Ngombol
via pantairorointen.blogspot.com

Pantai satu ini masih terbilang baru sehingga belum terlalu banyak pengunjung yang plesiran di tempat ini. Meski begitu, pantai yang berada di Desa Pagak Kecamatan Ngombol ini memiliki panorama indah dengan suguhan pemandangan pantainya. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan kedamaian sembari bersantai untuk melepas penat.

Di sekitar pantai juga dijumpai beberapa pohon cemara untuk berteduh dari sengatan cahaya sang mentari. Selain menawarkan panorama alam berupa pantai, kita juga bisa mengunjungi tempat pelelangan ikan dan udang yang ada di sekitar tempat ini. Pemandangan saat sore hari di tempat ini juga sangat indah sehingga sayang untuk dilewatkan. 

6. Pantai Genjik


Pantai Genjik
via fb: Wisata Purworejo Indah Pantai Genjik

Berada di perbatasan antara Kabupaten Purworejo dan Kebumen, pantai Genjik menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. Meski kalah kondang dengan beberapa wisata pantai lainnya di Purworejo, pantai berpasir hitam yang berada di Desa Kertojayan Kecamatan Grabag ini justru memiliki daya tarik tersendiri yang membedakan dengan lainnya.

Selain menyuguhkan keindahan pemandangan pantai dengan deburan ombaknya, di pantai Genjik ini juga sering diadakan berbagai event besar seperti sedekah laut dan event-event lainnya. Pantai yang masih terus berbenah ini akan ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan seperti saat lebaran Idul Fitri atau musim liburan sekolah.

7. Pantai Jatikontal


Pantai Jatikontal
via ruangdiary.com

Berada di sisi timur pantai Jatimalang, destinasi wisata pantai pada daftar terakhir ini memang lebih sering dikunjungi oleh para pemancing. Banyak spot pemancingan terbaik jika anda ingin berwisata sembari memancing ikan di pantai yang berada di Desa Jatikontal Kecamatan Purwodadi ini. Terdapat Tempat Pelelangan Ikan di dekat pantai ini sehingga kita juga bisa membeli ikan hasil melaut para nelayan.

Meski masih tergolong sepi pengunjung, pemandangan alam yang disuguhkan tempat ini sebetulnya tidak kalah menarik dengan pantai lainnya. Dengan deretan pohon cemara yang ada di sekitar pantai, kita juga bisa berteduh sembari menikmati pemandangan pantai yang terbentang luas di depan mata. 

Itulah 7 Wisata Pantai Populer di Kabupaten Purworejo. Semoga bermanfaat.

Labels: Jelajah

Thanks for reading 7 Wisata Pantai Populer di Kabupaten Purworejo. Please share...!