Daftar Kampus Unggulan di Kabupaten Purworejo


Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin kompetitif, menempuh jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi menjadi kebutuhan penting untuk menambah keterampilan, pengetahuan dan juga wawasan guna menunjang karir ke depannya.

Kuliah adalah sebuah proses pendidikan untuk mengembangkan kemampuan yang sudah didapat di bangku sekolah menengah. Oleh karenanya, keterampilan dan pengetahuan yang didapat masih perlu diasah kembali di perguruan tinggi agar benar-benar siap untuk bekerja dan mengabdi pada masyarakat. 

Ilustrasi kampus kuliah

Bagi anda yang berdomisili di Kabupaten Purworejo dan sekitarnya, ada beberapa pilihan kampus unggulan di Purworejo yang tidak kalah bersaing dengan beberapa perguruan tinggi di daerah lainnya. Berikut informasinya.

1. Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) 


Merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo menjadi salah satu perguruan Tinggi Unggulan di Purworejo yang cukup banyak peminatnya. Sebelumnya, Universitas ini bernama IKIP Muhammdiyah Purworejo, yang didirikan dari semangat tinggi para pendiri untuk menciptakan kepribadian yang menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan dilandasi nilai-nilai keislaman.

Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor 05/D/0/1999 tanggal 8 Januari 1999, IKIP Muhammadiyah Purworejo kemudian beralih bentuk menjadi Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan 14 Program Studi dan 6 Fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Ekonomi, Pertanian, Teknik, Psikologi dan Hukum. Kampusnya berada di Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6, Purworejo. Untuk info selengkapnya kunjungi http://www.umpwr.ac.id

2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rajawali (STIERA) Purworejo


Didirikan pada tanggal 2 Agustus 2001 di bawah naungan Yayasan Patriot Bangsa, STIE Rajawali merupakan salah satu kampus ekonomi swasta terkemuka di wilayah Purworejo. STIERA membuka dua program studi (prodi) yakni S1 Akuntansi dan S1 Manajemen. STIERA bertekad untuk memajukan masyarakat pelosok melalui transformasi ilmu dengan meningkatkan taraf pendidikan dan mewujudkan tujuan sebagai kampus yang berkompetensi wirausaha.

Dalam beberapa tahun terakhir, STIERA juga telah menorehkan beberapa pestasi membanggakan melalui karya-karya kreatif mahasiswa yang telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah baik di tingkat provinsi maupun lingkup nasional. Alamat kampus berada di Jl. Gajah Mada No.KM. 7, Dukuh, Dukuhrejo, Bayan, Purworejo. Info selengkapnya kunjungi http://www.stierajawali.ac.id

3. Sekolah Tinggi Agama Islam NU (STAINU) Purworejo


STAINU Purworejo merupakan perguruan tinggi Islam swasta binaan Nahdlatul Ulama yang berdiri sejak tahun 1976 dan telah melahirkan banyak lulusan Sarjana Pendidikan Agama Islam yang telah bekerja di berbagai Instansi baik Negeri maupun Swasta. Kampus yang berlokasi di Jl. Pahlawan No. 05 Purworejo ini hadir untuk mewujudkan generasi-generasi Pendidik Agama Islam yang handal, kompeten dan memiliki intelektualitas serta social skill.

Memiliki gedung sendiri dengan dilengkapi berbagai fasilitas kampus yang cukup memadai, kampus ini telah terakreditasi B berdasarkan SK BAN-PT No. 227/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 Tanggal 9 November 2013. Program Studi yang tersedia yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru MI (PGMI), Pendidikan Guru RA (PGRA) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Selengkapnya kunjungi https://stainupwr.ac.id

4. STAIAN Nawawi Purworejo


Dikutip dari laman resminya, Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi (STAIAN) Purworejo adalah sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam yang didirikan oleh Yayasan Pengembangan Pondok Pesantren Roudlotut Thullab, sebagai jawaban insan pesantren terhadap tuntutan masyarakat akan hadirnya sebuah institusi pendidikan tinggi Islam yang mengedepankan akhlaqul karimah dan keseimbangan lahiriyah dan batiniyah. 31 Mei 2001 M/8 Rabi'ul Awwal 1422 H secara resmi ditetapkan sebagai tanggal berdirinya STAI An-Nawawi Purworejo.

STAIAN membuka program studi S1 Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah), S1 Perbankan Syariah, S1 Manajemen Pendidikan Islam, dan S1 Ahwal Syakhsiyah. Alamat kampusnya berada di Jl. Ringroad Utara, Berjan, Purworejo. Info selengkapnya kunjungi http://www.staiannawawi.ac.id

5. Akper Pemkab Purworejo


Sebagai satu-satunya perguruan tinggi keperawatan di Kabupaten Purworejo, kampus yang beralamat di Jl. Raya Purworejo - Kutoarjo No.Km. 6, 5, Grantung, Bayan, Purworejo ini adalah sebuah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang D3 keperawatan. Berhasil memperoleh akreditasi B, Perguruan Tinggi ini kabarnya akan segera berubah menjadi STIKES dengan menambah dua program studi (Prodi) baru yakni Prodi S1 Manajemen Rumah Sakit dan Prodi S1 Keperawatan.

Akper Pemkab Purworejo telah banyak menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas. Terbukti, para alumninya mampu mengisi posisi kerja di Rumah Sakit milik pemerintah, swasta, maupun di klinik kesehatan. Tidak hanya itu saja, Akper Purworejo juga telah bekerjasama dengan rumah sakit dari luar negeri seperti Philipina dan Jepang. Selengkapnya kunjungi https://akperkabpurworejo.ac.id

6. Akbid Bhakti Putra Bangsa Purworejo


Akbid Purworejo merupakan amal usaha bidang pendidikan milik badan penyelenggara Yayasan Bhakti Putra Bangsa Purworejo. Alamat kampusnya berada di Jl. Soekarno-Hatta, Boro Kulon, Banyuurip, Purworejo. Terakreditasi B, Akbid Purworejo memiliki visi yaitu menjadi perguruan tinggi yang menghasilkan bidan kompeten dalam asuhan kebidanan yang unggul di Jawa Tengah dalam pelayanan kebidanan komunitas berbasis pelayanan prima pada tahun 2021.

Dengan sarana prasarana kampus yang representatif, program studi D3 Kebidanan Akbid Purworejo memiliki beberapa program unggulan yaitu Bidang Unit Pelayanan Kebidanan Komunitas, Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi, serta Pendidikan Kewirausahaan. Untuk info selengkapnya kunjungi http://akbid-purworejo.ac.id.

7. Politeknik Sawunggalih Aji (POLSA) Purworejo


POLSA Purworejo adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan dengan berorientasi pada dunia usaha dan industri guna menyiapkan tenaga ahli terampil dan siap kerja. Oleh karenanya, POLSA menitikberatkan pada ilmu terapan dengan sistem pendidikan berbasis kompetensi serta memberikan gelar profesional dengan sebutan Ahli Madya (A.Md) pada lulusannya. Menyelenggarakan Program Diploma III, Program Studi yang dibuka yaitu Teknik Informatika, Akuntasi, dan Administrasi Bisnis.

POLSA Purworejo telah dilengkapi dengan dukungan sarana prasarana dan fasilitas yang memadai dengan tenaga pengajar berkompetensi dibidangnya dan para praktisi berpengalaman. Alamat kampus berada di Jl. Wismo Aji No.08 Kutoarjo, Purworejo. Untuk informasi selengkapnya silahkan kunjungi http://www.polsa.ac.id

Demikianlah informasi mengenai daftar Kampus Unggulan yang berada di Kabupaten Purworejo. Semoga bermanfaat. Sumber: wikipedia, laman resmi kampus, purworejonews, laduni.id, dll. 

Labels: Info & Sains

Thanks for reading Daftar Kampus Unggulan di Kabupaten Purworejo. Please share...!