Cara Mengatasi Unparsable Structured data Parsing error yang Muncul di Google Console


Menjadi seorang blogger seutuhnya, kita memang harus selalu rutin secara berkala untuk mengecek dan memperhatikan kesehatan dan kebutuhan blog kita agar ia dapat selalu berkinerja dengan baik seperti yang diharapkan. Saat kita mengelola blog, masalah-masalah baru memang seringkali muncul seiring dengan perkembangan update terbaru, sehingga membutuhkan penanganan kita sebagai pemilik blog agar selalu tanggap terhadap permasalahan yang terjadi dan segera mungkin mengatasinya.

Bagi blogger pengguna google console (google webmaster) untuk kelengkapan alat tempur ngeblognya, mungkin tidak jarang kita akan sering mendapatkan notifikasi berupa masalah-masalah baru yang mesti diatasi. 

Dari mulai ngeblog, entah sudah berapa kali saya mendapatkan sebuah notifikasi berupa masalah yang muncul di google console untuk segera diperbaiki. Selama ini, Alhamdulillah semua masalah tersebut dapat teratasi dengan baik dengan memperbaikinya seoptimal mungkin.

Memang sebagian blogger mungkin tidak begitu peduli akan hal ini, tapi bagi saya, saran dari google ini tetap memerlukan penanganan agar blog tetap berkinerja dengan baik sesuai arahan dari google. Dan memang ke depannya masalah lain kiranya juga akan muncul seiring dengan aktivitas blogging, namun sepanjang kita mau mempelajari dan mengidentifikasi masalahnya, insya Allah semua pasti bisa teratasi dengan baik. 

Beberapa hari yang lalu, saya juga baru saja mendapati sebuah pesan dari google console mengenai masalah baru berkaitan dengan Unparsable Structured data karena parsing error. Berikut penampakannya:

Pesan masalah

Dari keterangan di atas diketahui bahwa telah terjadi error parsing di situs saya. Error ini terjadi karena data terstruktur tidak dapat diurai karena Parsing error: Missing ',' or '}'. Tertulis di sana ada dua artikel di blog saya yang terpengaruh error ini, sehingga mesti diperbaiki. Google console sendiri menyarankan kita untuk segera mengatasi masalah ini, karena error dapat mencegah halaman atau fitur muncul di hasil penelusuran nantinya.

Jika diperhatikan, sebetulnya masalah saya ini tergolong sepele. Bahkan saat masalah ini saya cek menggunakan alat pengujian struktur data testing tools, di sana juga tidak terdeteksi. Masalah ini sebenarnya terjadi karena dulu saya pernah menggunakan tanda petik pada dua judul artikel saya yang terpengaruh tersebut, sehingga akhirnya muncul masalah ini. 

Sebagaimana dikutip dari Blog Orang IT, menyertakan tanda petik pada deksripsi postingan (termasuk pada judul postingan) dapat mempengaruhi penafsiran markup json-ld dan schema yang digunakan dalam template, sehingga saat diembed/ ditampilkan maka akan menyebabkan error penguraian ',' atau '}' tidak ada (Decomposition error: ',' or '}' does not exist).

Beberapa waktu yang lalu, saya memang baru saja memasang markup json-Id untuk suatu fitur, sehingga mungkin itu jadi penyebabnya. Secara teknis, saya juga bukan ahlinya dalam hal seperti ini, sehingga kurang begitu paham akan masalah ini. Namun intinya memang masalah seperti ini mesti segera diperbaiki, sehingga tidak akan berpengaruh negatif terhadap hasil pencarian atau pun kinerja blog kita. 

Jika anda kebetulan mengalami masalah seperti saya ini, berikut cara mengatasinya:

1. Buka kembali pesan dari google console. 

2. Cari tahu halaman artikel di blog anda yang terpengaruh masalah ini (affected pages). 

3. Jika sudah ketemu, silahkan buka dashboard blogger anda. 

4. Pada menu postingan, cari artikel yang bermasalah dan pilih edit. 

5. Pada judul postingan, silahkan hapus tanda petik yang ada dan simpan (update) kembali postingan. 

Hapus tanda petik
hapus tanda petik pada judul

6. Jika ada banyak artikel terpengaruh, silahkan lakukan pada semuanya dan update kembali postingan anda. 

Setelahnya, silahkan kembali buka google console, buka notifikasi pesan error dan pilih pada VALIDATE FIX. 

Validate Fix

Untuk menunggu hasilnya, kita mesti menunggu beberapa waktu untuk google memprosesnya. Jika validasi berhasil, maka anda nanti akan mendapatkan pesan email dari google console seperti berikut ini:

Validasi sukses

Demikianlah Cara Mengatasi Unparsable Structured data Parsing error yang Muncul di Google Console. Semoga bermanfaat. 

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Mengatasi Unparsable Structured data Parsing error yang Muncul di Google Console. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Unparsable Structured data Parsing error yang Muncul di Google Console"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.