Cegah Penyakit Dengan Biasakan Cuci Tangan (Tepung Selaci Puput)


Saat artikel ini ditulis, masyarakat kita sedang dilanda kekhawatiran karena virus corona yang semakin meluas bahkan mulai menyebar ke berbagai wilayah di negeri ini. Sebagai orang beriman, kita mesti meyakini bahwa semua musibah atau pun wabah penyakit seperti virus corona ini merupakan ujian dari Tuhan, sehingga batin kita mesti tersentak untuk sadar akan segala dosa dan kesalahan yang kita lakukan, serta berserah diri meningkatkan keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Masing-masing individu mesti rajin berdoa sesuai kepercayaan masing-masing agar kita semua bisa diselamatkan dari musibah ini. Selain daripada itu, ikhtiar (usaha) secara lahir juga mesti kita lakukan dengan membentengi diri kita masing-masing agar terhindar dari wabah berbahaya ini. 

Pentingnya membentengi diri dari berbagai jenis penyakit ini dapat kita lakukan dengan senantiasa menjaga kesehatan tubuh kita. Upaya atau ikhtiar untuk menjaga kesehatan ini mesti benar-benar dipahami agar bisa dijalankan dengan sebenar-benarnya. Selain menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan terpapar penyakit, termasuk hal mendasar yang penting untuk kita terapkan agar terhindar dari wabah ini yaitu dengan meningkatkan pola hidup sehat setiap beraktivitas.

Terkait dengan hal ini, salah satu langkah mudah yang bisa kita lakukan yaitu dengan membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun dan air bersih. Tindakan ini merupakan bagian dari upaya menyehatkan diri sebelum ke tingkat preventif dan kuratif, sehingga untuk dapat menggalakkan kebiasaan ini pada masyarakat mesti dimulai dengan sosialisasi, seperti melalui kegiatan cuci tangan bersama.

Cuci tangan
via pixabay

Kegiatan ini memang mesti dibiasakan sejak dini, sehingga upaya untuk menjaga kesehatan diri yang dimulai dari kebersihan tangan ini dapat berjalan optimal. Mencuci tangan memiliki manfaat luar biasa, mengingat hampir setiap hari tangan manusia bersentuhan dengan benda-benda lain di sekitarnya. Sementara hampir semua penyakit yang menghampiri badan manusia berawal dari perut.

Asupan makanan maupun minuman yang dikonsumsi dan masuk ke dalam perut selayaknya bersih dan higienis, sehingga tangan pun harus bersih agar tidak menjadi perantara masuknya virus atau kuman pembawa penyakit. Oleh karenanya, sangat dianjurkan bagi kita untuk selalu memperhatikan kebersihan tangan kita masing-masing, yakni dengan rajin mencuci tangan. 

Mencuci tangan juga harus dilakukan dengan baik dan benar, yakni memakai sabun dan air yang mengalir, sehingga akan efektif dalam membunuh virus atau kuman-kuman pembawa penyakit. Selain itu, agar bersih maksimal kita juga mesti tahu cara mencuci tangan yang benar, yaitu dengan menerapkan teknik Tepung Selaci Puput.

Tepung Selaci Puput adalah akronim dari enam langkah membersihkan tangan dengan benar sesuai urutan tertentu. Penjabaran dari Tepung Selaci Puput yaitu:

1. Telapak tangan: menggosok kedua telapak tangan. 

2. Punggung tangan: gosok punggung dan sela-sela jari sisi luar tangan kiri dan sebaliknya.

3. Sela-sela jari: gosok telapak tangan dan sela-sela jari sisi dalam. 

4. Kunci: jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci. 

5. Putar: gosok ibu jari tangan kiri dan berputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya

6. Putar: rapatkan ujung jari tangan kanan dan gosokkan pada telapak tangan kiri dengan cara memutar mutar terbalik arah jarum jam, lakukan pada ujung jari tangan sebaliknya.

Setelah itu, keringkan kedua tangan dan tutup kran dengan sikut atau bekas kertas tissue yang masih di tangan. 

Tepung selaci puput
via facebook.com/sosantibacterial

Kegiatan cuci tangan pakai sabun dengan teknik Tepung Selaci Puput ini memang harus dibiasakan, karena tanpa kita sadari tangan sering bersentuhan dengan kuman, sehingga mesti sering dibersihkan. Pentingnya seseorang memahami cara mencuci tangan pakai sabun sejak dini juga mesti diupayakan, agar kesehatan selalu terjaga dan kita dapat terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

Pada saat-saat seperti ini, masyarakat juga mesti diberikan pemahaman agar budaya pola hidup bersih dan sehat melalui kebiasaan cuci tangan lebih mudah menyebar. Bagi yang sudah tahu, hendaknya juga menjadi agen bagi pembiasaan dan pembudayaan bagaimana langkah yang benar untuk mencuci tangan di tengah-tengah masyarakat, sehingga benar-benar akan tercipta masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Cegah Penyakit Dengan Biasakan Cuci Tangan (Tepung Selaci Puput) . Please share...!