Tiga Kelompok Umat Islam dalam Tafsir Surah Fathir Ayat 32

Nasib tiap-tiap Muslim itu akan berbeda tergantung amal perbuatannya ketika hidup di dunia. Beberapa ayat dalam Al Qur'an juga telah menyebutkan akan pengelompokkan tiap-tiap Muslim berdasarkan kadar kualitas ketaqwaannya. Nah, pada kesempatan kali ini, saya hendak sedikit mengulas tentang hal ini dari sebuah ayat dalam Al Qur'an, yakni ayat 32 Surah Fathir. 

Fathir artinya Pencipta, diambil dari ayat pertama surah ini. Surah Fathir adalah Surah ke 35 dalam Al Qur'an yang terdiri atas 45 ayat dan tergolong dalam surah Makkiyyah (turun di Makkah). Surah Fathir menerangkan bahwa Allah adalah pencipta langit dan bumi, manusia, dan makhluk lainnya.

Alam akhirat

Seperti tertera pada judul artikel ini, ada tiga kelompok Umat Islam sebagaimana disebutkan dalam Surah Fathir Ayat 32. Allah SWT berfirman:

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتٰبَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا  ۖ  فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِۦ وَمِنْهُمْ مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌۢ بِالْخَيْرٰتِ بِإِذْنِ اللَّهِ  ۚ  ذٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ

"Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menzalimi diri sendiri, ada yang pertengahan, dan ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang besar."


Mengenai tafsir ayat di atas, Imam Jalaluddin Al Mahalli dalam tafsir Jalalain menyebutkan:

"(Kemudian Kami wariskan) Kami berikan (Kitab itu) yakni Alquran (kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami) mereka adalah umatmu (lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri) karena sembrono di dalam mengamalkannya (dan di antara mereka ada yang pertengahan) dalam mengamalkannya (dan di antara mereka ada pula yang lebih cepat berbuat kebaikan) di samping mengamalkan Alquran, juga mempelajarinya, mengajarkannya dan membimbing orang lain untuk mengamalkannya (dengan izin Allah) dengan kehendak-Nya. (Yang demikian itu) yakni diwariskannya Alquran kepada mereka (adalah karunia yang amat besar.)"


Jika dirangkum, kandungan dari Surat Fathir ayat 32 di atas yaitu:

  • Allah SWT mewariskan Kitab Suci Al Qur'an kepada hamba-hambaNya yang terpilih yaitu Umat Islam. 
  • Sikap umat Islam terhadap Al Qur'an terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok yang menganiaya diri mereka sendiri, kelompok yang berada di tengah-tengah, dan kelompok yang lebih dahulu berbuat kebaikan. 

Penjelasan Ayat


Sebagaimana disebutkan di atas, umat Islam sebagai pewaris Al Qur'an terbagi ke dalam tiga kelompok berdasarkan amal perbuatannya selama hidup di dunia. 

Kelompok Pertama


Kelompok Umat Islam pertama adalah yang menganiaya dirinya sendiri, maksudnya yaitu kelompok yang mengaku beragama Islam, tetapi mereka lebih banyak berbuat keburukan daripada berbuat kebaikan. Kelompok ini di alam akhirat kelak akan dicampakkan ke dalam neraka, dan akan memperoleh siksa sesuai dengan dosa-dosanya. 

Namun apabila masa hukumannya habis, mereka akan dipindahkan ke dalam surga dengan syarat ketika di dunia tergolong orang beriman. Rasulullah SAW bersabda:

"Akan keluar dari neraka barang siapa yang mengucapkan: 'Laa Ilaaha Illallaahu', sedang dalam hatinya ada kebaikan seberat biji kacang. Akan keluar dari neraka siapa saja yang mengucapkan: 'Laa Ilaaha Illallaahu', sedang dalam hatinya ada kebaikan seberat gandum. Akan keluar dari neraka siapa saja yang mengucapkan: 'Laa Ilaaha Illallaahu', sedangkan dalam hatinya ada kebaikan seberat debu". (HR. Al Bukhari, Muslim, dan At Tirmidzi) 


Kelompok Kedua


Kelompok Umat Islam kedua adalah golongan yang berada di pertengahan, maksudnya yaitu kelompok Umat Islam yang perbuatan-perbuatan baiknya sebanding dengan perbuatan-perbuatan buruknya. Kelompok ini kelak di alam akhirat mula-mula akan ditempatkan di suatu tempat bernama A'raf yang terletak di antara surga dan neraka. Akan tetapi kemudian dengan izin dan kasih sayang Allah akan dipindahkan ke dalam surgaNya. Allah SWT berfirman:

 ادْخُلُوا الْجَنَّةَ لَا خَوْفٌ عَلَيْكُمْ وَلَآ أَنْتُمْ تَحْزَنُونَ... 

"... Masuklah kamu sekalian ke dalam surga! Tidak ada rasa takut pada kamu sekalian dan tidak pula akan bersedih hati" (QS. Al-A'raf, 49)


Kelompok Ketiga


Kelompok Umat Islam ketiga adalah golongan yang lebih dahulu berbuat kebaikan, maksudnya yaitu kelompok umat Islam yang perbuatan-perbuatan baiknya lebih banyak dari perbuatan-perbuatan buruknya. Kelompok ini kelak di alam akhirat akan ditempatkan di surga 'Adn, surga yang penuh dengan berbagai kenikmatan. Allah SWT berfirman:

(فَأَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوٰزِينُهُ (٦)  فَهُوَ فِى عِيشَةٍ رَّاضِيَةٍ (٧

"Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang)" (QS. Al-Qari'ah, 6-7)


Itulah sedikit ulasan mengenai tiga kelompok Umat Islam sebagaimana tertera dalam Surah Fathir Ayat 32. Isi atau kandungan Surah Fathir ayat 32 di atas adalah penegasan Allah tentang adanya tiga kelompok umat Islam (pewaris Al Qur'an), yaitu kelompok yang menganiaya diri mereka sendiri, kelompok yang berada di pertengahan, dan kelompok yang lebih dahulu berbuat kebaikan. 

Di antara ketiga kelompok tersebut, kelompok yang lebih dahulu berbuat kebaikan tentu akan memperoleh keberuntungan dan langsung masuk ke dalam surga. Wallahu A'lam. 

Labels: Horizon

Thanks for reading Tiga Kelompok Umat Islam dalam Tafsir Surah Fathir Ayat 32. Please share...!

0 Komentar untuk "Tiga Kelompok Umat Islam dalam Tafsir Surah Fathir Ayat 32"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.