Kampus-Kampus Perguruan Tinggi di Kendal

Berada dekat dengan kota Semarang, sebagian pemuda Kendal memang beberapa di antaranya memilih untuk berkuliah di kota Semarang dimana banyak terdapat berbagai kampus perguruan tinggi pilihan. Meski begitu, di Kabupaten Kendal sendiri ternyata juga terdapat beberapa kampus perguruan tinggi unggulan yang tidak kalah kualitasnya dengan di tempat lain. Kampus-kampus tersebut juga membuka beragam program studi unggulan untuk ditawarkan kepada para peminatnya. Apa saja daftar kampus-kampus di Kabupaten Kendal tersebut?. Berikut informasinya. 

1. UNISS (Universitas Selamat Sri) Kendal


Kampus Uniss
pic. via hidupkita.com

Bernaung di bawah Yayasan Wakaf Selamat Rahayu, Universitas Selamat Sri (UNISS) Kendal secara resmi berdiri dengan dikeluarkannya ijin pendirian Universitas oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 156/KPT/I/2016. Universitas Selamat Sri (UNISS) membuka banyak program studi dari 6 fakultas yang tersedia, yaitu Fakultas Teknik dan Rekayasa (FTR), Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Psikologi (FPsi), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB). Untuk info selengkapnya, anda bisa kunjungi alamat kampusnya di Jl. Soekarno-Hatta Km 03, Kendal. 

2. Sekolah Tinggi Islam Kendal (STIK) 


Pada mulanya, Sekolah Tinggi Islam Kendal (STIK) yang berdiri pada tahun 2003 ini hanya memiliki satu Program Studi yaitu Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI). Namun seiring waktu, pada tahun 2016 kampus ini membuka Program Studi S-1 Pendidikan Guru Agama Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Program Studi S-1 Ekonomi Syari’ah (ES) pada tahun 2017. STIK memiliki Visi Menjadi sekolah tinggi Islam yang unggul dalam ilmu dan akhlak pada tahun 2031. Untuk info selengkapnya, silahkan kunjungi alamat kampusnya di Jl. Raya Soekarno-Hatta, Sukup Kulon, Jambearum, Kec. Kendal, Kendal. 

3. Universitas Bhakti Kencana (UBK) Kendal


Kampus ini pada mulanya bernama Akbid Uniska yang berubah menjadi STIKES Uniska, dan berubah bentuk lagi (bergabung) menjadi (bagian) Universitas Bhakti Kencana berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 238/KPT/I/2019 tentang Izin Penggabungan beberapa Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Yayasan Adhi Guna Kencana, terhitung sejak tanggal 25 Maret 2019. Kampus ini menerima Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun 2020/2021 dengan membuka Program Studi D3 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan dan SI Farmasi Fakultas Farmasi. Alamat kampus berada di Jl. Raya Soekarno-Hatta No.99, Sukup Kulon, Jambearum, Kec. Patebon, Kendal. 

4. STIKES Kendal


Bernaung di bawah Yayasan Ngesti Widhi Husada, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Kendal berdiri pada tahun 2003 berdasarkan SK Mendiknas RI Nomor: 76/D/O/2004. Pada awalnya, STIKES Kendal menyelenggarakan Program Studi Ilmu Keperawatan dan Program Studi Kesehatan Masyarakat. Selanjutnya pada tahun 2007 juga mulai menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Ners angkatan I, dan pada tahun 2010 menyelenggarakan Program Studi Farmasi (D3), serta pada tahun 2015 STIKES Kendal menambah 1 Program Studi S1 Farmasi. Untuk info selengkapnya, anda bisa kunjungi langsung alamat kampusnya di Jalan laut No.31 Kecamatan Ngilir Kabupaten Kendal Jawa Tengah 51311. 

5. STIKES Muhammadiyah Kendal


Bermula dari Akper Muhammadiyah Kendal yang berdiri pada tahun 1996, kampus ini kini telah berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Kendal berdasarkan SK. MENRISTEKDIKTI NOMOR : 17/KPT/I/ 2018. Kampus ini memiliki visi "Pada tahun 2034 menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang Unggul ditingkat Nasional dalam menghasilkan Tenaga kesehatan yang Berkarakter,  Berbudaya, dan Berkompeten yang dilandasi nilai-nilai Qur’ani". STIKES Muhammadiyah Kendal membuka 2 Program Studi yakni Prodi S1 Gizi dan D3 Keperawatan. Alamat kampusnya berada di Jl. Pemuda No.42-46, Karanggeneng, Pegulon, Kec. Kendal, Kendal. 

6. STIT Muhammadiyah Kendal


Berdiri sejak tahun 1990, kampus ini semula bernama Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Kendal. Dalam perkembangannya, untuk menyesuaikan Peraturan Menteri Agama Nomor : 3 Tahun 1987 tentang Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta, kampus ini kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Kendal pada tahun 1991. Program Studi yang tersedia yaitu S1 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Untuk info selengkapnya, silahkan kunjungi alamat kampusnya di Jl. Sukorejo - Parakan Km. 5 Pagersari Patean Kabupaten Kendal, Kode Pos 51364 Telp. 0294-3652959.

7. STEKOM Kampus Kendal


Sebagai sebuah institusi, Sekolah Tinggi Elektronika & Komputer (STEKOM) sangat mengutamakan kualitas pendidikan dan memberikan ilmu/keahlian yang berorientasi pada dunia kerja, sehingga para lulusan STEKOM akan memiliki ilmu dan pengetahuan sebagai bekal untuk mendapatkan kesuksesan di dunia kerja. Gedung kampusnya tersebar di Semarang, Ungaran, Kendal, Salatiga, dan Ambarawa. Ada banyak program studi yang tersedia berkaitan dengan elektronika dan komputer dengan taraf Diploma dan S1 di STEKOM. Bagi anda warga Kendal, untuk kampus STEKOM Kendal kota beralamat di Jl Raya Soekarno Hatta 61 Kendal, STEKOM Kaliwungu Kendal di Jl. Pantura Semarang - Kendal No.25 Kendal, dan STEKOM Weleri di Jl. Utama Barat 26 Weleri. 

8. Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu (Polifurneka) Kendal 


Berdiri pada tahun 2018, Politeknik Industri Furnitur Dan Pengolahan Kayu atau lebih dikenal polifurneka adalah salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Kendal yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Kampus ini memiliki visi "Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu menjadi role model pendidikan sektor industri furnitur dan pengolahan kayu yang menjadi pijakan bagi pengakuan internasional pada tahun 2030". Tiga program studi yang disetujui untuk diselenggarakan adalah Teknik Produksi Furnitur, Desain Industri Furnitur dan Manajemen Bisnis Furnitur. Alamat kampusnya berada di Jalan Wanamarta Raya No. 20, Kawasan Industri, Tambak, Wonorejo, Kaliwungu, Kendal. 

9. Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus Kendal


Sebelumnya, kampus ini bernama Akbid Pemkab Kendal yang kemudian pengelolaannya kini diserahkan kepada Poltekkes Kemenkes Semarang sesuai surat keputusan dari Kemenkes RI Nomor 1354/KPT/I/2018 tentang Pencabutan Izin Pembukaan Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga pada Akademisi Kebidanan Pemkab Kendal Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal. Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Semarang Kampus Kendal membuka program studi di antaranya yaitu Prodi D III Keperawatan dan Prodi D III Kebidanan. Alamat kampus Kendal berada di Jl. Laut No.21, Patukangan, Kendal. 

Itulah daftar kampus perguruan tinggi di wilayah Kabupaten Kendal. Semoga dapat memberikan referensi bagi anda yang sedang membutuhkan. Semoga bermanfaat. (sumber dinukil dari web masing-masing kampus

Labels: Info & Sains

Thanks for reading Kampus-Kampus Perguruan Tinggi di Kendal. Please share...!

0 Komentar untuk "Kampus-Kampus Perguruan Tinggi di Kendal"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.