Mengenal Suku Nias dan Mitologinya

Masing-masing suku bangsa biasanya memiliki kisah, dongeng, legenda, atau mitologi yang mengisahkan cerita masa lampau tentang asal usul mereka jauh ke belakang dimulai sejak adanya manusia pertama hingga terciptanya suatu kolektif yang dikenal sebagai masyarakat atau pun suku bangsa. Kisah-kisah tersebut diwariskan secara turun-temurun sebagai milik bersama, sebagai simbol identitas bersama, dan sebagai alat legitimasi tentang keberadaan mereka. Salah satu contohnya adalah mengenai mitos mengenai terjadinya mado-mado (semacam marga patrilineal) dari masyarakat di pulau Nias. 

lompat batu suku nias
via kaskus.co.id

Suku Nias adalah kelompok masyarakat yang hidup di Pulau Nias, terletak di sebelah barat pulau Sumatra dan secara administratif berada dalam wilayah Provinsi Sumatra Utara. Orang Nias menamakan diri mereka "Ono Niha" (Ono = anak/keturunan; Niha = manusia) dan Pulau Nias sebagai "Tanö Niha" (Tanö = tanah). Suku Nias merupakan masyarakat yang hidup dalam lingkungan adat dan kebudayaan yang masih tinggi. Hukum adat Nias secara umum disebut fondrakö yang mengatur segala segi kehidupan mulai dari kelahiran sampai kematian. 

Berdasarkan penelitian Arkeologi, keberadaan penghuni (manusia) di pulau Nias diperkirakan sudah ada sejak 12.000 tahun silam. Hasil penelitian menunjukan bahwa mereka bermigrasi dari daratan Asia ke Pulau Nias pada masa paleolitik, bahkan ada indikasi sejak 30.000 tahun lampau menurut  Prof. Harry Truman Simanjuntak dari Puslitbang Arkeologi Nasional dan LIPI Jakarta. Pada masa itu, hanya budaya Hoabinh, Vietnam, yang sama dengan budaya yang ada di Pulau Nias, sehingga diduga kalau asal-usul Suku Nias berasal dari daratan Asia di sebuah daerah yang kini menjadi negara disebut Vietnam. 

Sementara penelitian genetika terbaru menemukan bahwa masyarakat Nias berasal dari rumpun bangsa Austronesia, yang diperkirakan datang dari Taiwan melalui jalur Filipina 4.000-5.000 tahun lalu. Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa kromosom-Y dan mitokondria-DNA orang Nias sangat mirip dengan masyarakat Taiwan dan Filipina. Masyarakat Nias kuno hidup dalam budaya megalitik dibuktikan oleh peninggalan sejarah berupa ukiran pada batu-batu besar yang masih ditemukan di wilayah pedalaman pulau ini sampai sekarang. 

Mitologi Asal Usul Suku Nias


Menurut mitologi Nias, alam serta seluruh isinya diciptakan oleh Lowalangi. Langit yang diciptakannya berlapis sembilan. Setelah selesai mencipta langit, ia menciptakan satu pohon kehidupan yang disebut tora'a. Pohon itu kemudian berbuah dua dan harus dierami supaya menetas. Setelah dierami oleh seekor laba-laba yang merupakan jelmaan Lowalangi, menetaslah sepasang dewa pertama di alam semesta ini, yaitu Tuhamora'aangi Tuhamoraana'a yang berjenis kelamin laki-laki dan Burutiraoangi Burutiraoana'a yang berjenis kelamin perempuan. 

Salah satu keturunan sepasang dewa pertama itu bernama Sirao. Sirao kemudian menjadi raja langit lapisan pertama yang terletak paling dekat dengan bumi. Langit lapisan pertama ini disebut teteholi ana'a. Sirao mempunyai tiga orang istri dan dari mereka masing-masing menurunkan tiga orang anak laki-laki. Pada saat Sirao berusia lanjut dan hendak mengundurkan diri dari pemerintahan, timbul pertentangan di antara kesembilan putranya untuk memperebutkan singgasana. Untuk mencegah pertentangan itu, Sirao kemudian mengadakan sayembara ketangkasan menari di atas sembilan mata tombak.

Sayembara itu ternyata kemudian dimenangkan oleh putra bungsunya yang bernama Luo Mewona. Kebetulan juga putra bungsunya ini adalah putra yang paling dikasihi dan dihormati oleh rakyatnya. Hal itu disebabkan ia memiliki sifat rendah hati walaupun ia seorang yang gagah perkasa dan sangat bijaksana. Oleh karena itu, ia segera dikukuhkan sebagai dipertuan di teteholi ana'a menggantikan ayahnya. Untuk menentramkan kedelapan putranya yang lain, Sirao mengabulkan permohonan mereka untuk dinidadakan (diturunkan) ke tano niha atau tanah manusia, yang merupakan nama asli dari Pulau Nias. (diolah dari berbagai sumber

Labels: Info & Sains, Seni Budaya

Thanks for reading Mengenal Suku Nias dan Mitologinya. Please share...!