Beberapa Resep Tradisional Untuk Mengobati Diare

Pada umumnya, diare terjadi akibat makanan dan minuman yang terpapar virus, bakteri, atau parasit, sehingga penderitanya akan menjadi sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer. Karena sering berak disertai mulas dan kadang sampai muntah-muntah, maka tubuh penderitanya juga akan menjadi lemas seperti tidak bertenaga karena kekurangan cairan. 

sakit diare
via pixabay

Kesamaan antara diare dan disentri adalah sama-sama berupa mencret-mulas-muntah. Hanya saja disentri lebih dikarenakan serangan amuba yang hidup dalam usus besar atau amuba yang dari luar (basiles). Oleh karenanya, ramuan untuk disentri ditujukan untuk menyerang amuba-amuba itu, sementara ramuan untuk diare sekedar memampatkan diare. 

Jika anda ingin menghentikan diare menggunakan bahan-bahan tradisional nan alami, berikut ini kami rangkumkan beberapa resepnya untuk anda coba. 

1. Menggunakan Buah Delima

Buah delima telah digunakan selama berabad-abad yang lalu untuk mengobati dan mencegah diare, radang, dan infeksi usus. Buah delima dikenal memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu, benih delima dikemas dengan polifenol, ellagitannin (ET), dan antosianin (ANS). Senyawa-senyawa tersebut diketahui memiliki manfaat untuk mengurangi pertumbuhan patogen yaitu Helicobacter pylori yang menjadi penyebab diare.

Cara menggunakan:

2 buah delima dibuang kulitnya, lalu panggang sampai kering, kemudian tumbuk sampai halus. Gunakan 1 sendok makan bubuk yang diseduh dengan air panas untuk sekali minum. Lakukan 3 kali sehari.

2. Menggunakan Daun Jambu Biji

Selain buahnya, daun jambu biji juga dikenal akan banyak manfaatnya, salah satunya yaitu untuk mengobati diare. Daun jambu biji kaya akan kandungan antioksidan, antiperadangan, antibakteri, dan tanin yang bisa mengatasi diare hingga melawan sel kanker. Selain itu, daun jambu biji juga bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan. Bagi anda yang terkena diare, mengkonsumsi daun jambu biji dapat mengurangi frekuensi buang air besar dengan cara membunuh kuman yang menyebabkan diare.

Cara Menggunakan ada 3 cara, yaitu: 

Cara Pertama: Daun jambu biji 3 gram ditambah dengan segenggam tepung beras dan air 1 - 2 gelas, kemudian direbus. Larutan diminum 2 kali sehari. 

Cara Kedua: 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dikunyah dengan sdikit garam lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari. 

Cara Ketiga: 6 lembar daun jambu biji dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi secangkir air matang. Setelah itu kemudian peras dan minum airnya. Cukup untuk diminum 2 kali sehari. 

Untuk diare pada anak, anda bisa gunakan resep berikut ini:

1. Menggunakan Daun Mengkudu

Buah mengkudu, termasuk daunnya dikenal memiliki ragam manfaat yang tidak bisa disepelekan, salah satunya untuk mengatasi diare. Jika kurang menyukai buahnya, anda bisa menggunakan daunnya untuk menghentikan diare. Daun mengkudu juga bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan. Hal ini karena kandungan senyawa pada daun mengkudu akan menstimulasi serotonin dari dalam otak. Serotonin berperan penting dalam mengatur laju makanan di dalam usus dan mengatur sistem pencernaan. Jadi bisa dikatakan daun mengkudu juga sangat baik dikonsumsi orang yang sedang mencret guna menghentikan dan mempercepat penyembuhan.

Cara Menggunakan:

2 helai daun mengkudu dicuci, olesi minyak goreng, garang di atas api sampai layu. Setelahnya tempelkan sehelai di perut dan sehelai di punggung, bebat dengan gurita. 

2. Menggunakan Mentimun

Tidak banyak yang tahu bahwa selain sebagai lalapan atau acar, mentimun juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengobati diare. Saat seseorang terserang diare, pastinya tubuh akan kekurangan cairan dan tubuh menjadi lemas. Hal ini dikarenakan sejumlah cairan tubuh banyak dikeluarkan saat terserang diare. Mengkonsumsi rebusan mentimun ternyata bisa digunakan untuk mengganti cairan yang hilang tersebut, karena mentimun yang direbus memang terkenal kaya akan cairan dan serat. Selain itu, mentimun juga dikenal ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan, karena di dalamnya terkandung vitamin A, B, C, dan mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika. 

Cara Menggunakan:

Satu buah mentimun dicuci dan kemudian direbus. Setelahnya haluskan dan saring airnya. Air saringan mentimun ini bisa anda tambahkan madu dan kemudian siap untuk diminum.

Sumber Referensi:

https://alodokter.com
https://m.merdeka.com
https://www.sehatq.com
https://m.beautynesia.id
Buku Hidup Sehat Bersama Apotik Hidup, Bina Karya, Salatiga, Jawa Tengah. 

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Beberapa Resep Tradisional Untuk Mengobati Diare. Please share...!