Pedang-Pedang Legendaris Milik Rasulullah SAW

Saat mendakwahkan Islam dan mempertahankan diri dari serangan kaum kafir, Rasulullah SAW juga seringkali turun langsung ke medan laga sebagai pemimpin pasukan perang. Dalam setiap peperangan yang dilaluinya, beliau juga bersenjatakan pedang sebagai alat pertahanan dan menghalau serangan musuh. Pedang adalah sejenis senjata tajam yang memiliki bilah panjang dan berujung runcing. Menurut beberapa catatan sejarah, Rasulullah SAW memiliki beberapa pedang legendaris yang menyertai sepak terjang beliau dalam menegakkan ajaran Islam.

pedang pedang Nabi

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa nama pedang milik Rasulullah SAW beserta info singkat mengenai pedang-pedang tersebut. 

1. Al-Ma'thur


Sebelum Nabi SAW menerima wahyu pertamanya saat masih di Makkah, Nabi memiliki pedang warisan dari ayahnya yang dikenal dengan nama Al Ma'thur. Sewaktu beliau hijrah ke Madinah, pedang ini juga ikut dibawa serta hingga nantinya pedang ini kemudian beliau berikan kepada Ali bin Abi Thalib RA. Pedang sepanjang 99 cm ini memiliki pegangan berlapiskan emerald dan perak dengan bentuk dua kepala ular, serta bertuliskan lafaz 'Abdullah bin Abd Al-Muthalib'. Kini pedang ini dapat dijumpai di Museum Topkapi, Turki. 

2. Zulfikar


Konon pedang bernama Zulfikar ini merupakan salah satu senjata terkuat di bumi dan memiliki kekuatan sebanding dengan kekuatan seribu prajurit. Rasulullah SAW mendapatkan pedang ini seusai kaum Muslimin meraih kemenangan dalam perang badar. Pedang ini memiliki tampilan yang unik dimana bentuknya melengkung dan pada bagian ujung pedangnya terbelah menjadi dua. Pedang ini kemudian Rasulullah berikan kepada Ali bin Abi Thalib dan selalu menyertai Ali dalam setiap pertempuran yang dilaluinya. 

3. Al Battar


Pedang sepanjang satu meter ini merupakan harta rampasan perang yang beliau dapatkan dari Bani Qaynaqa. Pedang ini juga dikenal dengan sebutan "pedang para Nabi" dimana terdapat tulisan nama para Nabi yang pernah menggunakan pedang ini dari mulai Nabi Daud As hingga Nabi Muhammad SAW. Pada bagian pedang ini juga terdapat gambar Nabi Daud ketika memotong kepala Goliat, pemilik pedang ini sebelumnya. Beberapa kalangan mempercayai bahwa pedang ini akan kembali digunakan oleh Nabi Isa As untuk mengalahkan Dajjal menjelang hari kiamat nanti. 

4. Al-Adb


Secara harfiah, pedang legendaris milik Rasulullah SAW bernama Al-Adb ini berarti memotong atau tajam. Pedang ini merupakan kiriman dari salah seorang sahabat beliau sebelum terjadinya perang Badar. Namun pedang ini baru beliau gunakan saat terjadinya perang Uhud pada tahun 3 H (625 M). Para pengikut dan sahabat Rasulullah SAW juga menggunakan pedang ini sebagai tanda kesetiaan mereka terhadap beliau. Kini, pedang Al-Adb ini bisa dijumpai keberadaannya di Masjid Husain, Kairo, Mesir.

5. Al Mikhdam


Sebuah riwayat mengatakan bahwa pedang ini merupakan pemberian Nabi Muhammad kepada Ali bin Abu Thalib dan kemudian diwariskan secara turun temurun kepada anak-anaknya. Namun ada juga yang mengatakan bahwa pedang ini merupakan salah satu hasil rampasan perang yang didapat Ali bin Abi Thalib saat beliau memimpin perang di Suriah. Pedang ini memiliki ukuran panjang 97 cm dan terdapat ukiran bertuliskan Arab yang berbunyi Zayn al-Din al-Abidin. Kini keberadaan pedang ini dapat dijumpai di Museum Topkapi, Istanbul, Turki. 

6. Hatf


Selain pedang al Battar, pedang Hatf juga merupakan pedang milik Rasulullah SAW yang berasal dari harta rampasan perang Bani Qaynaqa. Bentuk pedang ini juga menyerupai pedang al Battar dengan ukuran lebih besar. Pedang ini memiliki panjang 112 cm dan lebar 8 cm. Pedang yang awalnya milik Nabi Daud As ini dahulunya diwariskan secara turun temurun kepada suku Lewi, dan senjata milik bani Israel ini terus digunakan hingga akhirnya sampai ke tangan Nabi Muhammad SAW. Saat ini, pedang hatf ini masih tersimpan di museum Topkapi, Istanbul, Turki.

7. Al-Qadib


Pedang ini memiliki bilah tipis sehingga bentuknya menyerupai sebuah tongkat. Kabarnya pedang ini biasa Rasulullah SAW bawa sebagai pertahanan saat bepergian, dan tidak digunakan untuk peperangan. Pedang ini berukuran panjang 100 cm dan memiliki sarung dari kulit hewan yang dicelup. Pada sisi pedang yang terbuat dari perak juga terdapat lafadz bertuliskan "Tidak ada Tuhan selain Allah, Muhammad Rasul Allah-Muhammad bin Abdallah bin Abdul Muththalib". Kini pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul, Turki. 

8.  Al Rasub


Pedang Al Rasub merupakan pedang wasiat milik keluarga Nabi yang disimpan dan dijaga oleh keluarga beliau seperti halnya Tabut milik bangsa Israel. Pedang berbentuk blade ini memiliki panjang 140 cm, terdapat lingkaran emas di salah satu bagiannya dan bertuliskan nama "Jafar al Sadiq (seorang ulama besar keturunan Ahli Bait)". Pedang ini saat ini disimpan di museum Topkapi, Istanbul, Turki. 

9. Qal'i


Pedang ini merupakan salah satu dari tiga pedang milik Nabi yang berasal dari harta rampasan perang Bani Qaynuqa. Beberapa kalangan menyebutkan bahwa nama pedang ini merujuk pada timah atau timah putih yang ditambang dari beberapa lokasi berbeda. Pedang ini mempunyai desain unik berbentuk gelombang, berukuran panjang sekitar 100 cm, dan terdapat ukiran bertuliskan lafadz arab yang artinya "Ini adalah pedang mulia dari rumah Nabi Muhammad SAW, Rasul Allah". Saat ini, pedang Qal'i tersimpan di Museum Topkapi, Istanbul, Turki.

Itulah daftar pedang-pedang kepunyaan Rasulullah SAW yang pernah menemani perjalanan dan perjuangan Nabi dalam berjuang mendakwahkan Islam ke berbagai tempat. Semoga bermanfaat.
 
Labels: Mozaik

Thanks for reading Pedang-Pedang Legendaris Milik Rasulullah SAW. Please share...!