Cara Mudah Memasang Emoticon Lucu di Komentar Blog

Bagi yang masih bertahan menggunakan kolom komentar default dari blogspot (bukan disqus), ada banyak cara untuk membuat kolom komentar blog anda menjadi lebih hidup dan berwarna. Selain mendesain tampilan kolomnya, anda juga dapat memasang kumpulan emoticon lucu agar pengunjung dapat memberikan komentarnya sembari menambahkan emoticon tertentu untuk mengungkapkan ekspresinya. 

Melansir dari wikipedia, Emoticon (emosikon) adalah sebuah simbol atau kombinasi dari simbol-simbol yang biasanya digunakan untuk menggambarkan ekspresi wajah manusia yang mengandung emosi atau perasaan dalam bentuk pesan atau tulisan. Emoticon biasa ditemui pada teks pesan singkat, e-mail, maupun pada forum-forum internet, seperti chat-rooms maupun blog. Dalam komunikasi online, emoticon dapat menjadi sarana yang efektif untuk menghindari kesalahan dalam penginterpretasian pesan. 

Seperti disebutkan di atas, fitur emoticon juga biasa ditemui pada kolom komentar blog sehingga setiap pengunjung dapat mengungkapkan ekspresinya saat memberikan komentarnya dengan menambahkan emoticon tertentu. Simbol-simbol emoticon tersebut misalnya seperti ekspresi orang tersenyum, tertawa, sedih, menangis dan lain sebagainya. Dengan adanya emoticon, tampilan komentar pun menjadi lebih unik sehingga pengunjung pun akan tertarik untuk berkomentar di blog tersebut. 

emoticon di blog

Bagaimanakah caranya agar kolom komentar blog anda mendukung untuk dipasangi emoticon-emoticon lucu tersebut?. Silahkan ikuti petunjuk di bawah ini. 

Cara Memasang Emoticon Lucu di Komentar Blog

1. Buka akun blogger anda. 

2. Pilih thema dan klik edit html. 

3. Cari kode ]]></b:skin> atau </style> dan letakkan kode berikut ini di atasnya:

.emoWrap { position:relative; padding:10px; margin-bottom:7px; background:#fff; background-image:-ms-linear-gradient(right,#FFFFFF 0%,#FFF9F2 100%); background-image:-moz-linear-gradient(right,#FFFFFF 0%,#FFF9F2 100%); background-image:-o-linear-gradient(right,#FFFFFF 0%,#FFF9F2 100%); background-image:-webkit-gradient(linear,right top,left top,color-stop(0,#FFFFFF),color-stop(1,#FFF9F2)); background-image:-webkit-linear-gradient(right,#FFFFFF 0%,#FFF9F2 100%); background-image:linear-gradient(to left,#FFFFFF 0%,#FFF9F2 100%); border:3px solid #860000; -moz-border-radius:5px; -webkit-border-radius:5px; border-radius:5px; box-shadow:0 4px 6px rgba(0,0,0,0.1),0 1px 1px rgba(0,0,0,0.3); -moz-box-shadow:0 4px 6px rgba(0,0,0,0.1),0 1px 1px rgba(0,0,0,0.3); -webkit-box-shadow:0 4px 6px rgba(0,0,0,0.1),0 1px 1px rgba(0,0,0,0.3); box-shadow:0 2px 6px rgba(0,0,0,0.1),0 1px 1px rgba(0,0,0,0.3); font-weight:normal; color:#333; } .emoWrap:after { content:""; position:absolute; bottom:-10px; left:10px; border-top:10px solid #860000; border-right:20px solid transparent; width:0; height:0; line-height:0; }

4. Selanjutnya cari kode </body> dan letakkan kode berikut ini di atasnya:

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <script type='text/javascript'> //<![CDATA[ jQuery(document).ready(function () {emoticonx({ emoRange:"#comments p, div.emoWrap", putEmoAbove:"iframe#comment-editor", topText:"Click to see the code!", emoMessage:"To insert emoticon you must added at least one space before the code." }) }); //]]> </script> <script src='https://cdn.rawgit.com/Brando07/share/newbe/seocips-emo.js' type='text/javascript'/> </b:if>

5. Silahkan simpan kembali template anda.

Untuk mengetesnya, ketahui lebih dulu kode dari emoticon yang anda pilih. Misal kode :) untuk emoticon senyum, kode ;(( untuk emoticon menangis, dan lain sebagainya. Anda bisa mengetahuinya dengan mengklik gambar emoticon (di atas kolom komentar) yang anda pilih, nanti akan muncul kodenya. 

Sedangkan untuk memasukkan emoticonnya, anda harus menambahkan spasi terlebih dulu sebelum kode emoticonnya. Jika sudah dimasukkan, silahkan publish untuk lihat hasilnya. 

Contoh penulisan:

contoh ketik

Setelah dipublish, maka hasilnya:

hasil emoticon

Demikianlah Cara Mudah Memasang Emoticon Lucu di Komentar Blog. Semoga bermanfaat. 

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Mudah Memasang Emoticon Lucu di Komentar Blog. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Mudah Memasang Emoticon Lucu di Komentar Blog"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.