Cara Terbaru Membuat Pesan Peringatan di Atas Kotak Komentar Blog

Demi meminimalisir munculnya komentar spam, komentar berisi link aktif, atau komentar ngawur yang tidak sesuai dengan isi topik pembahasan pada artikel, beberapa blogger menerapkan settingan tertentu pada kolom komentarnya. Beberapa di antaranya ada yang komentar dimoderasi, mematikan link aktif pada komentar, atau bahkan menonaktifkan kolom komentarnya. Baca:

Namun sebelum mengatur hal tersebut, sebetulnya ada fitur khusus yang telah disediakan oleh blogspot untuk mencegah munculnya komentar-komentar spam dan kawan-kawannya tersebut, yaitu dengan cara membuat warning atau semacam pesan berisi peringatan bagi siapa pun yang hendak berkomentar di blog tersebut. Pesan ini bisa diisi dengan himbauan agar pengunjung mau memberikan komentarnya terkait apa yang sudah dibahas pada artikel tersebut. 

Selain itu, pesan ini juga bisa anda isi dengan semacam peringatan agar pengunjung yang hendak berkomentar tetap mematuhi peraturan yang ada, misal larangan untuk komentar spam, komentar berisi link aktif, komentar tidak sopan, komentar berbau SARA, j*di, p*rn*, dan komentar-komentar negatif lainnya. Komentar-komentar semacam ini memang sebaiknya dihindari agar blog anda tidak terkena dampak buruknya. 

pesan peringatan

Dengan adanya pesan peringatan ini, maka harapannya pengunjung dapat berkomentar sesuai aturan dan etikanya, sehingga hal itu dapat mengurangi munculnya komentar-komentar negatif di blog kita, dan sekaligus agar blog kita tetap terjaga kesehatannya. 

Untuk mengatur hal ini, tentu bukanlah perkara sulit bagi yang sudah malang melintang di dunia blogging. Namun bagi anda blogger pemula yang baru saja terjun di dunia blog, mungkin kesulitan untuk membuat atau mengatur munculnya fitur pesan di atas kotak komentar ini. Terlebih dengan tampilan dashboard blogger baru yang tampak berbeda dengan versi lamanya, mungkin sedikit sulit untuk menemukan setelan tersebut.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara terbaru membuat pesan peringatan di atas kotak komentar Blog. 

Cara Membuat Pesan di Atas Kotak Komentar Blog Terbaru

1. Buka akun blogger anda. 

2. Pilih menu setting (setelan) dan cari Comments. 

3. Pada bagian bawahnya, silahkan pilih Comment form message. 

setting pesan

4. Setelahnya isikan pesan anda pada kotak yang telah tersedia, misalnya seperti berikut ini:

Terima kasih telah berkunjung ke Blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan. Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.

tulisan pesan peringatan

5. Silahkan simpan dan lihat hasilnya. 

Demikianlah tutorial tentang cara membuat pesan peringatan di atas kotak komentar Blog terbaru. Semoga dengan menerapkan ini blog anda akan lebih sehat, aman dan mantap jaya. Semoga bermanfaat. 

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Terbaru Membuat Pesan Peringatan di Atas Kotak Komentar Blog. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Terbaru Membuat Pesan Peringatan di Atas Kotak Komentar Blog"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.