Cara Agar Widget/ Fitur Tertentu Tidak Muncul Pada Tampilan Blog Versi Mobile

Pernahkah anda melihat suatu fitur pada blog seperti widget atau lainnya yang muncul (ada) saat diakses lewat desktop (PC) namun tidak muncul (hilang) ketika dibuka lewat mobile (hp)?. Jika pernah maka bisa jadi sang empunya blog tersebut memasang tag kondisional untuk menyembunyikan widget atau fitur tersebut pada tampilan blog untuk versi mobilenya. 

Tag kondisional sendiri merupakan bahasa pemrograman html yang berfungsi memberi perintah untuk menampilkan script atau widget pada halaman tertentu saja. Misalnya anda ingin widget popular post muncul hanya di tampilan homepage, widget artikel terbaru agar muncul hanya di tampilan postingan, atau bagi yang dipasang iklan adsense mungkin ingin agar iklan tidak tampil pada halaman statis, halaman error dan lain sebagainya. 

Sebetulnya ada beberapa tag kondisional yang bisa anda pelajari untuk mengetahui masing-masing fungsinya. Namun seperti tertera pada judul artikel ini, pada kesempatan kali ini saya hanya ingin mempraktekkan salah satunya yaitu tag kondisional untuk mengatur widget atau fitur tertentu pada Blog agar tidak muncul di versi mobile (HP). 

fitur tidak tampil versi hp

Mengapa mesti disembunyikan?. Ada beberapa alasan mengapa suatu fitur/ widget perlu disembunyikan atau agar tidak muncul ketika blog diakses melalui hape. Salah satu di antaranya yaitu pertimbangan soal kecepatan loading blog. Sebagai contoh misalnya anda memasang fitur slider (gambar bergerak) pada tampilan blog anda. Namun karena anda khawatir menjadi lebih berat saat diakses melalui hape, maka anda ingin menyembunyikan fitur slider tersebut sehingga hanya muncul pada tampilan desktop saja. 

Atau alasan lainnya mungkin tampilan widget atau fitur tertentu tidak responsive (berantakan) saat dibuka lewat mobile (hp), sehingga anda ingin agar fitur tersebut hanya muncul pada tampilan desktop saja. Nah, untuk mengaturnya, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini. 

1. Buka akun blogger anda. 

2. Jika yang ingin disembunyikan adalah widget, maka untuk mempermudah ketahui lebih dulu ID widget yang ingin anda atur. Caranya yaitu masuk menu tataletak, pilih widget dimaksud, dan kemudian catat ID widgetnya (lihat pada bagian url atau link widget).

id widget

3. Selanjutnya pilih menu thema dan klik edit html. 

4. Cari ID html widget yang anda catat tadi. Jika sudah ketemu, lihat pada bagian bawahnya dan cari kode <b:includable id='main'>. Kemudian letakkan kode tag kondisional berikut ini tepat di bawahnya:

<b:if cond='data:blog.isMobileRequest == "false"'>

Setelahnya, cari di bawahnya lagi kode </b:includable> dan letakkan kode penutup ini tepat di atasnya:

</b:if>

Atau jika script untuk fitur tersebut ditambahkan langsung ke dalam edit html (bukan lewat tambahkan gadget pada menu tata letak), maka penerapannya lebih mudah. Cukup letakkan kode tag kondisional di atas sebagai pembuka dan penutup kode pada fitur tersebut. 

<b:if cond='data:blog.isMobileRequest == "false"'> ...Script kode fitur...  </b:if>

5. Silahkan simpan kembali template anda. 

Dengan cara di atas, maka widget atau fitur tersebut pun hanya akan muncul pada tampilan desktop, alias tidak bakal muncul ketika diakses lewat hape. 

Bagaimana misalnya kalau ingin sebaliknya, artinya agar fitur tidak muncul di tampilan desktop dan hanya muncul di tampilan mobile (hp). Silahkan anda cukup ganti "false" pada tag kondisional di atas menjadi "true". Maka hasilnya akan menjadi kebalikannya, fitur/ widget hanya akan muncul saat diakses lewat hape dan tidak bakal muncul ketika dilihat pada tampilan web (desktop/PC). Demikian. Semoga bermanfaat. 


* sebenarnya tag kondisional sudah tersedia versi terbaru. Namun khusus untuk pengaturan tampilan mobile ini, menurut saya lebih efektif menggunakan versi lamanya yang masih berfungsi sebagaimana diulas di atas. Untuk versi terbaru silahkan anda bisa browsing untuk mengetahuinya. 

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Agar Widget/ Fitur Tertentu Tidak Muncul Pada Tampilan Blog Versi Mobile. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Agar Widget/ Fitur Tertentu Tidak Muncul Pada Tampilan Blog Versi Mobile"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.