7 Air Terjun Eksotis dan Mempesona di Wonogiri

Kondisi geografis Wonogiri yang terdiri dari pegunungan dan hutan membuat wilayah ini memiliki paket wisata alam yang cukup lengkap, salah satunya yaitu wisata air terjun. Ibarat surga tersembunyi di tengah hutan dan gunung, air terjun atau biasa juga disebut curug merupakan salah satu wisata andalan yang banyak menarik wisatawan di Wonogiri. 

Sebetulnya ada cukup banyak air terjun yang berada di Kabupaten Wonogiri. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kita akan mengenal 7 di antaranya yang cukup populer di kalangan para wisatawan. 

1. Air Terjun Sanginan 


sanginan
via hybrid2.jw.lt

Sanginan merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter yang berada di desa kepyar, kecamatan Purwantoro, Wonogiri. Curug yang lokasinya dekat dengan perbatasan Jawa Timur ini masih sangat natural sehingga masih terjaga keasriannya. Akses menuju curug ini memang cukup melelahkan. Meski begitu, curug Sanginan menyajikan indahnya panorama alam dengan hawa udara sejuk yang menyegarkan. Pengunjung bisa merasakan sensasi dinginnya air terjun ini dengan berenang atau berendam di kolam yang tersedia. Banyak juga spot-spot foto keren dan instagramable bagi anda yang hobi berfoto selfie. 

2. Air Terjun Girimanik 


girimanik
via paradiso-wonogiri.blogspot.com

Girimanik merupakan obyek wisata air terjun dengan paket lengkap yang berlokasi di desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri. Ada tiga air terjun di kawasan ini, yaitu air terjun Manik Moyo dengan ketinggian 70 m, air terjun Tinjo Moyo dengan ketinggian 30 m dan air terjun Condromoyo. Curug ini memang telah dikenal luas sehingga selalu ramai wisatawan saat musim liburan tiba, saat akhir pekan, atau bahkan pada hari-hari biasa. Selain merasakan dinginnya air terjun, pengunjung juga dapat menikmati segarnya udara pegunungan sembari bersantai di bawah rimbunnya pohon pinus yang berada di sekitar lokasi. 

3. Air Terjun Melati 


curug melati
via m.facebook.com/pesonawisatawonogiri

Berada di desa Keloran, Kec. Selogiri, curug melati adalah salah satu air terjun terkenal di wonogiri yang sering dikunjungi wisatawan pada saat akhir pekan atau memasuki musim liburan. Lokasinya yang cukup tersembunyi di balik gugusan perbukitan membuat banyak orang penasaran untuk menjelajahi indahnya panorama alam di sekitar kawasan curug ini. Curug melati memiliki 7 titik lokasi dengan bentuk berundak-undak. Pengunjung mesti berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai di air terjun melati tingkat 1. Kawasan wisata ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga anda pasti akan betah untuk berlama-lama di tempat ini. 

4. Air Terjun Kalimas 


curug kalimas
via wisatahits.co

Ingin merasakan sensasi berenang di curug yang mirip dengan air terjun Niagara di Benua Amerika sana, anda bisa mengunjungi curug Kalimas yang berlokasi di dusun Dungsono, desa Wonokerto, kecamatan Wonogiri Kota. Dari pusat kota, anda hanya butuh waktu sekitar 10 menit perjalanan untuk menuju keberadaan curug ini. Dinamakan curug atau air terjun Kalimas karena aliran airnya tidak pernah kering karena di sepanjang sungai ada mata air. Curug Kalimas memiliki ketinggian 10 meter dengan lebar sekitar 15 meter sehingga memang tampak seperti air terjun niagara versi mini jika dilihat dari atas ketinggian. 

5. Air Terjun Banyunibo 


curug banyunibo
via ksmtour.com

Curug Banyunibo adalah air terjun tersembunyi nan alami yang berada di dusun Ngluwur, Kepuhsari, Manyaran, Wonogiri. Dinamakan Banyu Nibo karena memang airnya  jatuh (bahasa jawa: banyu nibo)  dari ketinggian sekitar 50 meter dan langsung mengenai batu hitam besar yang berada tepat di bawahnya. Akses menuju curug ini melewati area persawahan warga sehingga suasana pedesaan juga sangat terasa ketika menjelajahi curug ini. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dengan airnya bersih, sejuk dan menyegarkan. Indahnya pemandangan alam di sekitar curug juga siap untuk memanjakan setiap wisatawan yang datang berkunjung. 

6. Air Terjun Watu Jadah 


curug watu jadah
via notobudiyanto.blogspot.com

Berlokasi di dusun Grenjeng, desa Girimulyo, kecamatan Jatipurno, Wonogiri, Watu Jadah adalah air terjun tersembunyi setinggi 30 meter yang terletak di bawah kaki pegunungan Lawu Selatan. Curug ini memiliki tebing batuan andesit yang membentuk lapisan seperti jadah sehingga warga sekitar menyebutnya Watu Jadah. Sepanjang perjalanan menuju curug, pengunjung akan dimanjakan oleh indahnya pemandangan alam yang asri berupa hutan pinus, cengkeh, pohon durian, dan persawahan warga. Selain pemandangan alamnya yang begitu mempesona, curug ini juga dikeramatkan karena konon dipakai sebagai tempat bertapa oleh sesosok makhluk gaib tak kasat mata. 

7. Air Terjun Seloresi 


curug seloresi
via idntrip.com

Air terjun pada daftar terakhir ini adalah air terjun Seloresi yang berlokasi di desa Setren, kecamatan Slogohimo, Wonogiri. Air terjun setinggi 50 meter ini berada di dalam kawasan hutan milik perhutani dan masih jarang yang tahu sehingga keasriannya masih cukup terjaga. Untuk sampai di lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki melewati pematang sawah, jalan setapak, hingga menyeberangi sungai dengan Jarak perjalanan sekitar 1,6 km. Meski begitu, sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya pemandangan alam yang memanjakan mata. Selain menikmati segarnya air terjun, ada banyak spot foto menarik bagi anda yang hobi berfoto selfie.

Itulah informasi tentang 7 wisata air terjun eksotis dan mempesona di Wonogiri yang cukup populer di kalangan wisatawan. Semoga bermanfaat. 

Labels: Jelajah

Thanks for reading 7 Air Terjun Eksotis dan Mempesona di Wonogiri. Please share...!