Cara Menambahkan Tab Navigasi Blog Per Label di Google News

Pada artikel yang lalu, kita telah mengetahui apa itu google news dan beberapa kelebihan blog yang berhasil diterima di dalamnya sehingga memang alangkah baiknya jika blog kita daftarkan di google news agar semakin dikenal luas dan artikel-artikel yang telah kita posting di dalamnya dapat memberikan manfaat bagi orang banyak yang membutuhkan. 

BacaCara Mendaftarkan Blog di Google News

Banyak memang dampak positif yang saya rasakan semenjak blog saya ini telah terdaftar di google news. Salah satunya yaitu meningkatnya trafik dimana sebelumnya hanya naik turun atau mentok di angka itu-itu saja. Namun semenjak terdaftar di google news, trafik pun semakin merangkak naik sehingga penghasilan dari google adsense juga sedikit demi sedikit ikut naik seiring waktu berjalan. 

Bagi anda yang blognya sudah terdaftar, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi kepada anda untuk lebih memaksimalkan lagi blog yang berhasil masuk di google news, yaitu dengan cara menambahkan tab navigasi Blog per label. Jadi saat anda melihat tampilan blog anda di google news, tab ini nantinya akan berfungsi sebagaimana menu navigasi yang menampilkan label-label postingan blog anda. Lihat screenshot tampilan blog saya di google news berikut ini:

tab navigasi di google news
lihat & ikuti blog saya di Google News

Terlihat keren bukan?, adanya tampilan tab navigasi ini tentunya semakin membuat blog anda terlihat kredibel sehingga pengunjung juga dapat dengan lebih mudah untuk memilih artikel anda berdasarkan label atau kategori yang dikehendaki. Saat diklik, label-label ini akan menyajikan kumpulan artikel-artikel anda sesuai label yang telah dipilih. Tertarik untuk membuatnya?, simak penjelasan di bawah ini. 

Menambahkan Tab Navigasi Blog Per Label di Google News


Untuk menambahkan tab-tab navigasi tersebut, sebetulnya langkah ini sudah kita lalui saat pertama mendaftarkan blog di google news, yakni saat menambahkan pengaturan content dengan memasukkan feed blog. Meski begitu, kita bisa mengeditnya kembali atau menambahkan lagi pengaturan content tersebut agar dapat menampilkan tab-tab navigasi perlabel, yaitu dengan menambahkan feed blog untuk tiap label yang ingin ditampilkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka kembali laman pendaftaran anda atau klik saja pada link berikut ini:
2. Selanjutnya klik Edit dan pilih pada bagian Content untuk mengedit atau menambahkan section baru.

tambah new sections

Silahkan klik pada tombol + New Section untuk mulai menambahkan Tab baru di bawahnya. Pilih feed dan akan terbuka seperti di bawah ini:

pengaturan kotak

Silahkan isi kotak-kotak tersebut menjadi seperti berikut ini:

> Section title: Isikan dengan nama label yang ingin ditampilkan. Misal: Blogging. 

> Rss or Atom feed URL: Isikan dengan kode berikut ini:
https://namabloganda.com/feeds/posts/default/-/Blogging?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
Keterangan:
  • ganti link berwana merah di atas dengan alamat blog anda. 
  • ganti yang ditandai warna hijau dengan kategori blog anda yang ingin ditampilkan. Pastikan besar kecil huruf sama dengan label di postingan blog anda agar dapat tampil di google news. Jika nama label menggunakan spasi, gunakan %20 untuk menggantikan spasinya. Contohnya seperti berikut ini:
https://namabloganda.com/feeds/posts/default/-/Seni%20Budaya?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
> View Acces: Pilih saja Anyone

> Feed Option: biarkan saja

> Rendering preferences: Pilih saja Use feed content, atau bisa juga pilih AMP jika blog Anda sudah menggunakan AMP. 

Duplicate image removal: silahkan sesuaikan dua kotak untuk centang atau biarkan saja. 

Jika sudah diatur semuanya, silahkan pilih add di pojok kanan bawah. 

3. Setelah berhasil ditambahkan, silahkan simpan pengaturan tersebut dengan klik tombol Save berwarna biru di pojok kanan atas. 

Untuk melihat hasilnya, anda bisa mengeceknya dengan membuka google news untuk melihat tampilannya. Jika belum muncul, silahkan kembali pada pengaturan Content tadi, klik refresh pada section yang baru anda tambahkan tadi dan simpan kembali agar perubahan berhasil dimuat di google news.  

refresh

4. Jika anda ingin menambahkan beberapa tab navigasi lainnya, silahkan tinggal anda tambahkan lagi pada bagian Content --> +New Section seperti langkah-langkah di atas.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, tampilan blog anda di google news pun kini telah memiliki tab navigasi layaknya menu navigasi di blog anda. Semoga bermanfaat. 

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Menambahkan Tab Navigasi Blog Per Label di Google News. Please share...!

10 comments on Cara Menambahkan Tab Navigasi Blog Per Label di Google News

  1. Punya saya thumbnile nya kok gak tampil, setingannya gmna gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mengerti maksud anda, silahkan baca di artikel saya yg ini: https://santossalam.blogspot.com/2020/09/mengatasi-thumbnail-blog-tidak-muncul-di-google-news.html

      Hapus
  2. Punyaku rubrik kosong trs mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa ya.. Emang agak ribet di bagian itu gan. Coba aja utak-atik di bagian feednya sampe ketemu. Setelah itu refresh agar bisa muncul.

      Hapus
    2. Boleh minta kontaknya mas? Punya ku udah ngikutin tutor ini tetep gk bisa

      Hapus
    3. Ini WA saya 082319599199. Minto tolong ya mas

      Hapus
  3. Halo mas, mau minta tips nya dunk,,saya sudah approve sama Google News, tapi aneh nya tidak menu navigasi "ADS" untuk (adsense/GAM) di dashboard publisher center saya dari awal.

    Mohon tips nya Suhu..Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bls. Biasanya ada gan, kalau blog kita sudah sah mnjadi penayang (publisher) adsense kita tinggal memasukkan ID adsensenya. Tapi kalau gk ada saya jg krg tahu. Coba diutak-atik lg.

      Hapus
    2. Gpp gan,,makasih sudah share ilmu nya..pas bgt yg saya cari..hee

      Sudah di utak atik, memang sdh di tiadakan dari Google News nya kata nya..

      Adsense muncul di artikel google news hanya bisa di tampilkan dari tampilan AMP..🙇‍♂️

      Hapus
    3. Iya gan, di tampilan non amp iklan gk muncul.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan. Maaf, Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish.