7 Wisata Pantai Cantik Nan Eksotis di Wonogiri

Wonogiri merupakan wilayah Kabupaten yang kondisi alamnya sebagian besar berupa pegunungan berbatu gamping, terutama di bagian selatannya. Tidak heran, pantai-pantai yang berada di wilayah Kabupaten ini juga pada umumnya memiliki tebing-tebing batu karang yang semakin melengkapi keindahan pesisir selatan wilayah Wonogiri. Berbicara tentang wisata pantai di Wonogiri, berikut ini kami perkenalkan 7 Pantai Cantik Nan Eksotis di Kabupaten Wonogiri. 

1. Pantai Banyutowo 


pantai banyutowo
via jejakpiknik.com

Pantai Banyutowo adalah pantai indah nan mempesona kebanggaan masyarakat Wonogiri yang berlokasi di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Salah satu keunikan dari pantai ini yaitu airnya yang merupakan pertemuan antara air laut dengan air tawar atau dalam bahasa jawa disebut towo. Konon inilah mengapa pantai ini disebut pantai Banyutowo (air tawar). Selain keunikan airnya, pantai ini juga menyajikan pemandangan alam yang indah berupa bebatuan karang yang sangat epik jika dijadikan sebagai latar untuk berfoto selfie. 

2. Pantai Sembukan 


pantai sembukan
via kompas.com

Pantai Sembukan adalah pantai berpasir putih yang berada di desa Sembukan, kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Pantai ini memiliki ombak yang tidak begitu besar sehingga cocok juga untuk tempat menenangkan diri. Selain keindahan alamnya, pantai ini juga terkenal akan cerita mistisnya karena konon tempat ini merupakan gerbang ke-13 Kerajaan Ratu Pantai Selatan, sehingga pantai ini juga sering dijadikan tempat meditasi maupun ngalap berkah oleh masyarakat sekitar. Upacara Labuhan Ageng juga biasa diadakan di pantai ini pada setiap malam satu Syuro. 

3. Pantai Klotok 


pantai klotok
via m.facebook.com/seputarwonogiri1/

Setelah cukup lama mangkrak, pantai yang berlokasi di desa Paranggupito, kecamatan Paranggupito ini telah berbenah dan siap memanjakan setiap mata wisatawan yang datang berkunjung. Pantai yang berada di sebelah barat pantai Sembukan ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan tebing-tebing karang yang membentuk formasi unik akibat hantaman ombak yang menerpanya setiap saat. Seiring dengan dikelolanya kembali tempat wisata ini, pantai ini kini semakin ramai dan menjadi salah satu wisata favorit masyarakat Wonogiri dan sekitarnya.

4.  Pantai Mangetan 


pantai mangetan
via catatannobi.com

Berada di perbatasan antara Kabupaten Wonogiri (Jawa tengah) dengan Kabupaten Gunungkidul (DIY), pantai Mangetan menjadi salah satu wisata pantai yang sayang untuk anda lewatkan saat berada di Wonogiri. Pantai ini memiliki garis pantai tidak terlalu luas karena berada di antara bebatuan karang yang mengapit pantai ini. Meski begitu, birunya air laut dan pasirnya yang putih siap untuk memanjakan mata anda. Pantai yang dikenal dengan nama pantai dadapan ini juga memiliki pemandangan yang masih alami sehingga sangat cocok untuk bersantai sembari menenangkan pikiran. 

5. Pantai Nampu 


pantai nampu
via pantainesia.com

Berlokasi di desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, pantai Nampu merupakan destinasi wisata pantai unggulan dan favorit bagi masyarakat Wonogiri dan sekitarnya. Ciri khas dari pantai ini yaitu memiliki dataran pantai yang landai berpasir putih dengan tebing karang yang berada di sisi sebelah baratnya. Hamparan pasir putih yang mempesona seakan saling melengkapi dengan gagahnya tebing-tebing karang yang berada di sisinya. Deburan ombak yang beradu dengan dinding-dinding karang tersebut juga semakin menambah keeksotisan dari pantai ini. 

6. Pantai Puyangan 


pantai puyangan
via idntrip.com

Masih berada di desa Gunturharjo, kecamatan Paranggupito, kita juga bisa menjumpai pantai cantik lainnya yang bernama pantai Puyangan. Pantai ini memang kurang begitu populer jika dibandingkan dengan pantai Nampu yang masih satu lokasi, namun pemandangan pantai ini ternyata juga tidak kalah mempesona dengan pantai Nampu atau pantai-pantai lainnya di Wonogiri. Pantai Puyangan memiliki garis pantai panjang dengan dua tebing yang mengapitnya. Meski lokasinya cukup tersembunyi, hamparan pasir putih dan jernihnya air laut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. 

7. Pantai Pringjono 


pantai pringjono
via detik.com

Masih berada di satu lokasi dengan dua pantai sebelumnya, pantai Pringjono juga merupakan pantai cantik dengan pemandangan tebing yang menjadi favorit wisata warga Wonogiri yang berada di desa Gunturharjo, kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Pantai yang baru dikembangkan ini memiliki ciri khas berpasir putih dengan aliran air terjun mini yang bisa disaksikan dengan jelas saat tiba musim penghujan. Pantai ini juga tidak begitu ramai pengunjung sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat camping bagi para pecinta alam. 

Demikianlah tadi informasi tentang 7 wisata pantai cantik nan eksotis di Kabupaten Wonogiri yang siap menanti kunjungan wisata anda. Semoga bermanfaat.
 
Labels: Jelajah

Thanks for reading 7 Wisata Pantai Cantik Nan Eksotis di Wonogiri. Please share...!