15 Air Terjun (Curug) Eksotis dan Menawan di Kebumen

Selain terkenal akan keragaman wisata pantainya, Kabupaten Kebumen ternyata juga memiliki banyak wisata curug atau air terjun. Keberadaan curug-curug yang banyak dijumpai di wilayah perbukitan ini pun semakin melengkapi kekayaan alam Kebumen dengan sederet potensi wisata andalannya. 

Curug atau air terjun memang menyajikan sensasi tersendiri bagi wisatawan. Tidak heran tempat wisata berupa maha karya alam ini selalu membuat penasaran orang untuk mengunjunginya. Penasaran dengan air terjun-air terjun cantik yang berada di wilayah Kebumen?, berikut informasi singkatnya. 

1. Curug Sudimoro 


curug sudimoro
via mykebumenwisata.blogspot.com

Keunikan air terjun ini yaitu bentuknya yang menyerupai tirai dengan tiga tingkatan air terjun. Curug Sudimoro memiliki ketinggian 35 meter dengan bentuk melebar membentuk formasi seperti tirai. Panorama perbukitan yang mengelilingi curug ini semakin menambah keeksotisan dari tempat ini. Jika anda ingin mengunjunginya, lokasinya berada di desa Donorojo, kecamatan Sempor. 

2. Curug Silangit 


curug silangit
via kaskus.co.id

Curug Silangit berlokasi di desa Sidoagung, kecamatan Sruweng, Kebumen. Akses menuju curug ini mesti trekking terlebih dulu sekitar 30 - 45 menit sebelum sampai di lokasi curug. Meski melelahkan, gemericik air terjun dengan pemandangan alam di sekitarnya dijamin akan membuat anda terpesona akan keindahannya. 

3. Curug Silancur 


curug silancur
via modatranswisata.blogspot.com

Berada di dusun Pujegan, desa Wadasmalang, kecamatan Karangsambung, Curug Silancur menyajikan indahnya panorama air terjun setinggi sekitar 20 meter yang jatuh menghantam bebatuan purba di bawahnya. Meski aksesnya lumayan menguras tenaga, pemandangan alam yang tersaji tidak bakal mengecewakan perjuangan anda. 

4. Curug Kedondong 


curug kedondong
via explorekebumen.com

Curug kedondong atau biasa juga disebut Curug Gunungsari terletak di desa Gunungsari, kecamatan Karanggayam. Curug ini memiliki ketinggian 23 meter yang mana airnya jatuh merayap di antara tebing bebatuan. Selain menikmati kesegaran airnya, pemandangan menawan di sekitar curug ini juga sangat cocok untuk anda abadikan dalam galeri foto anda. 

5. Curug Plumbon / Curug Kali 


curug plumbon
via iqbalkautsar.com

Curug Plumbon atau juga di kenal dengan curug Kali ini terletak di desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung. Akses menuju curug ini mesti dilewati dengan menyusuri sungai terlebih dulu. Ketinggian curug Plumbon ini memang tidak terlalu tinggi atau sekitar 15 meter. Meski begitu, airnya yang jernih dan segar berpadu dengan indahnya pemandangan alam di sekitar curug yang terasa menyejukkan hati. 

6. Curug Wringin 


curug wringin
via wikipedia.org

Terletak di desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung, akses menuju Curug Wringin bisa ditempuh dengan melakukan trekking sekitar 30-45 menit hingga sampai di lokasi curug. Curug Wringin merupakan air terjun yang bagus untuk aktivitas cliff jumping dengan luas kolam mencapai 6 meter. Kedalaman kolamnya bisa mencapai 4-6 meter sehingga anda mesti mahir renang kalau ingin berenang di sini. 

7. Curug Sawangan 


curug sawangan
via kompas.com

Berada tidak jauh dari wisata pantai tanjung Nogosari, curug Sawangan terletak di desa Karangduwur, kecamatan Ayah, Kebumen. Akses menuju curug ini mesti ditempuh dengan melewati jalanan setapak dan anak tangga yang telah tersedia. Begitu sampai di lokasi, pesona air terjun dengan pemandangan pantai selatan dan luasnya Samudera Hindia siap membuat anda terkagum-kagum akan keindahannya.

8. Curug Gemawang 


curug gemawang
via travelingyuk.com

Curug Gemawang merupakan salah satu wisata air terjun eksotis lainnya di Kebumen yang berlokasi di desa Candirenggo, Kecamatan Ayah. Akses yang mesti ditempuh untuk menemukan curug tersembunyi ini lumayan menguras tenaga sehingga butuh persiapan fisik prima agar siap berpetualang. Meski begitu, menemukan curug ini akan membuat rasa lelah hilang seketika begitu melihat keindahannya. 

9. Curug Karang Gemantung 


karang gemantung
via journey-andreanperdana.blogspot.com

Terletak di lereng Bukit Gliwang dengan ketinggian 452 mdpl, Curug Karang Gemantung dikenal karena pesona keindahannya yang banyak dibagikan di media sosial. Curug ini berlokasi di desa Pucangan, kecamatan Sadang, dan masih berada di kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung. Curug ini tampak seperti air terjun kembar karena memiliki dua aliran air terjun yang saling berdampingan. 

10. Curug Kedungwuni 


kedungwuni
via travelingyuk.com

Terletak di pelosok perbukitan Kebumen, tepatnya di desa Rawareja, kecamatan Kebumen, anda akan menjumpai air terjun setinggi 11 meter yang berada tepat di bagian barat Bukit Butak, salah satu puncak di perbukitan Bulupitu. Nuansa alami dan asri akan anda jumpai di tempat ini. Tidak perlu bingung, lokasi air terjun ini sebenarnya tidak begitu jauh dari pusat kota Kebumen sehingga cukup mudah untuk ditemukan. 

11. Curug Sindaro 


curug sindaro
via krjogja.com

Curug Sindaro merupakan air terjun cantik yang berlokasi di desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan merupakan hulu Sungai Kedungbener sehingga debit airnya tidak akan kering meski musim kemarau sekalipun. Dikelilingi hutan yang masih asri, indahnya pemandangan alam dengan hawa udara segar sangat terasa menyejukkan hati dan pikiran. 

12. Curug Pandansari 


pandansari
via sanjayatour.com

Memiliki nama lain air terjun Kaliwiro, Curug Pandansari terletak di desa Pandansari kecamatan Sruweng, Kebumen. Aksesnya cukup mudah ditempuh karena lokasinya dekat dengan permukiman warga. Jika ingin mengunjungi air terjun ini, alangkah baiknya datang saat musim hujan ketika debit airnya besar. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 25 meter.

13. Curug Domas 


curug domas
via lintaskebumen.wordpress.com

Terletak di bawah Bukit Sigentol, curug Domas bisa anda jumpai di dusun Sidomas, desa Selogiri, kecamatan karanggayam. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan kolam di bawahnya yang bisa digunakan untuk berenang. Lokasinya yang sejuk dikelilingi hijaunya pepohonan membuatnya nyaman untuk tempat berlibur yang mengasyikan. Di dekat lokasi curug ini juga dijumpai curug Lanang yang juga tidak kalah indahnya. 

14. Curug Superman Big Sister 


Superman big Sister
via ihategreenjello.com

Berada tidak begitu jauh dari wisata goa jatijajar, anda bisa mengunjungi goa barat dimana di dalam goa ini dijumpai air terjun eksotis bernama keren yaitu air terjun Superman Big Sister. Berlokasi tepat di desa Jatijajar, kecamatan Ayah, untuk menemukan air terjun ini pengunjung mesti berjalan menyusuri goa (caving) yang cukup dalam dengan ditemani pemandu berpengalaman. 

15. Curug Sikebut 


curug sikebut
via topwisata.com

Air terjun pada daftar terakhir ini berada di desa Ginandong, kecamatan Karanggayam. Menyusuri areal persawahan dan jalan setapak hutan pinus milik perhutani, anda akan menjumpai air terjun cantik bernama curug Sikebut yang memiliki ketinggian sekitar 24 meter. Pemandangan curug tersembunyi ini terasa semakin indah dengan landskap pemandangan hutan yang asri dan alami. 

Itulah informasi tentang 15 Air Terjun (Curug) Eksotis dan Menawan di Kebumen. Semoga bermanfaat.

Labels: Jelajah, Kebumen

Thanks for reading 15 Air Terjun (Curug) Eksotis dan Menawan di Kebumen. Please share...!