17 Wisata Bukit Hits, Keren dan Menakjubkan di Kebumen

Dewasa ini, wisata bertema perbukitan banyak muncul di mana-mana. Tidak heran kini banyak bukit disulap menjadi destinasi wisata menarik yang banyak menyedot wisatawan. Beberapa fasilitas juga dibangun untuk membuat nyaman pengunjung saat berwisata. Tidak terkecuali di Kebumen, ada banyak wisata perbukitan yang bisa anda jumpai di Kabupaten berslogan Beriman ini. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kami uraikan 17 wisata bukit hits, keren dan menakjubkan di Kebumen. 

1. Bukit Pranji 


bukit pranji
via santridanalam.com

Populer di kalangan para kawula muda, bukit Pranji berlokasi di desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan, Kebumen. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan indah dari atas ketinggian. Jika cuaca cerah, gunung Sindoro dan Sumbing juga akan terlihat jelas dari bukit ini. Bagi penyuka camping, bukit ini juga cocok untuk berkemah sembari menikmati cantiknya sunset dan sunrise mentari. 

2. Bukit Pentulu Indah


bukit pentulu indah
via explorewisata.com

Terletak di desa Kaligending, kecamatan Karangsambung, Bukit Pentulu Indah merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup hits di Kebumen, khususnya di kalangan muda-mudi. Di tempat ini, pengunjung akan disuguhi indahnya pemandangan berupa kawasan perbukitan luas dengan landskap alam yang begitu hijau dan mempesona. Tersedia gardu pandang untuk dapat menikmati indahnya panorama alam atau berburu spot foto-foto menarik. 

3. Bukit Hud 


bukit hud
via zonekebumen.blogspot.com

Beralih ke bagian selatan, ada bukit Hud di desa Karangbolong, kecamatan Buayan. Bukit ini menyajikan pesona keindahan alam yang lengkap berupa perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS) di sebelah barat-utara dan hamparan lautan samudera Hindia yang luas di bagian selatannya. Pemandangan eksotis ini dapat pengunjung nikmati sembari berburu spot-spot foto menarik di atas bukit menawan ini. 

4. Gunung Duwur 


gunung duwur
via lintaskebumen.wordpress.com

Dalam bahasa jawa, duwur berarti tinggi sehingga tempat wisata ini bisa diartikan gunung tinggi. Puncak Gunung dengan ketinggian sekitar 500 mdpl ini bisa dicapai dengan melakukan trekking selama kurang lebih satu jam dengan medan tanah berbatu. Dari atas puncaknya, kita dapat menyaksikan luasnya hamparan Samudera Hindia di bagian selatan dengan garis pantai membentang. Jika anda ingin berkunjung ke sini, lokasinya berada di desa Watukelir, kecamatan Ayah, Kebumen. 

5. Bukit Jerit 


bukit jerit
via travel.tribunnews.com

Bukit Jerit merupakan tempat wisata tergolong baru dan masih dikembangkan. Lokasinya berada di komplek wisata Pantai Pasir, yakni di desa Ketanggung Pasir, kecamatan Ayah. Dari bukit ini, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan cantik berupa hijaunya alam perbukitan berpadu dengan gagahnya tebing karang dan disempurnakan lagi oleh birunya ait laut yang terhampar di Samudera Hindia. Tersedia gardu pandang untuk mencari spot terbaik atau berburu foto-foto epik nan menakjubkan. 

6. Bukit Langit 


bukit langit
via brobali.com

Balik lagi ke utara, datang saja ke desa Giripurno kecamatan Karanggayam untuk menjumpai bukit indah nan memukai yang diberi nama bukit langit. Bukit ini sedang hangat dibicarakan netizen terkait tersebarnya foto-foto pemandangan eksotis dari bukit ini di media sosial. Jika ingin berkunjung ke sini, ada baiknya datang pagi-pagi buta atau menjelang sore agar dapat menyaksikan cantiknya sunset atau sunrise dari bukit ini.

7. Bukit Pesona Khayangan 


bukit pesona khayangan
via safarum.blogspot.com

Memiliki nama keren bak kepingan surgawi, bukit pesona khayangan merupakan wisata perbukitan keren bernuansa eksotis dan romantis yang berlokasi di desa Purwosari, kecamatan Karanggayam, Kebumen. Dari atas bukit ini, kita akan disuguhkan pemandangan alam pegunungan dengan hutan hijau yang menyejukkan mata. Alamnya yang asri dengan hawa sejuk sangat cocok untuk tempat bercengkerama bersama pasangan atau para sahabat. 

8. Bukit Buluh Payung 


bukit buluh payung
via bukit-buluh-payung.business.site

Berlokasi di dukuh Tundan desa Bonosari kecamatan Sempor, tempat wisata ini sempat viral di pertengahan tahun 2018 lalu saat foto-fotonya banyak dibagikan di media sosial. Sejauh mata memandang, pengunjung akan disuguhkan panorama hijaunya perbukitan yang mengelilingi bukit ini. Cantiknya sunrise dan sunset juga dapat disaksikan dari atas bukit ini. Bagi pecinta alam, tempat ini juga sangat cocok untuk camping bersama para sahabat karib. 

9. Bukit Sianco 


bukit sianco
via explorewisata.com

Berlokasi dekat dengan pantai Ayah, Bukit Sianco dapat anda jumpai di dusun Bacok, desa Kalipoh, Kecamatan Ayah. Tempat ini seiring kali direkomendasikan untuk dikunjungi karena menyajikan pemandangan alam yang indah tiada tara. Dari atas ketinggian bukit ini, kita dapat menyaksikan pemandangan alam perbukitan bersanding dengan panorama laut selatan dan garis pantainya yang tampak mempesona. Tersedia juga bukit pandang untuk dapat menikmati sunset dan sunrise cantik dari bukit ini. 

10. Bukit Brujul 


bukit brujul
via wisatabaru.com

Berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Kebumen, bukit brujul termasuk bagian dari Kawasan Brujul Adventure Park yang berlokasi di pedukuhan Klapasawit, desa Peniron, kecamatan Pejagoan, Kebumen. Dari atas bukit setinggi kurang lebih 490 mdpl ini, pengunjung akan disuguhi bentang alam yang indah berpadu dengan rimbunnya hutan pinus yang hijau menyejukkan mata. Tidak hanya itu saja, kita juga dapat menyaksikan gagahnya gunung Sindoro dan Sumbing yang tampak dari kejauhan. 

11. Bukit Banda 


bukit banda
via inikebumen.net

Berada di Jl. Karangsambung – Wadasmalang, desa Wadasmalang, kecamatan Karangsambung, perjalanan menuju bukit banda bisa ditempuh sejauh 40 kilometer dari pusat kota Kebumen ke arah utara. Bukit banda menawarkan indahnya pemandangan alam yang masih terjaga keasriannya dengan hamparan awan yang berarak di atasnya. Tempat ini juga cocok sebagai tempat berkemah bersama para sahabat seperjuangan. 

12. Bukit Rayang 


bukit rayang
via androzmeda.blogspot.com  

Bukit Rayang atau warga sekitar juga biasa menyebutnya Gunung Kemangi atau Gunung Merayang merupakan obyek wisata perbukitan yang terletak di desa Sendangdalem kecamatan Padureso, Kebumen. Bukit ini merupakan puncak di Perbukitan Silender yang paling utara dengan ketinggian sekitar 247 mdpl. Selain menyaksikan indahnya alam pegunungan, pengunjung juga akan disambut oleh kawanan monyet liar yang masih banyak dijumpai di sekitar gunung ini. 

13. Bukit Comal 


bukit comal
via kebumenupdate.com

Bukit Comal adalah kawasan obyek wisata rintisan yang terletak di dusun Kedondong, desa Gunungsari, kecamatan Karanggayam, Kebumen. Bukit ini memiliki karakteristiknya sendiri dengan alam yang masih natural dan hawa udara sejuk menyegarkan. Selain wisata bukit, di kawasan ini juga dijumpai curug atau air terjun sehingga pengunjung dapat berenang sembari menikmati asrinya hutan pinus yang tampak hijau menyejukkan mata. 

14. Bukit Pager Jawa 


bukit pager jawa
via historyandlegacy-kebumen.blogspot.com 

Berada di atas ketinggian 425 mdpl, kawasan bernama bukit Pager Jawa bisa ditemukan di gunung Menyan, tepatnya di desa Kalibening kecamatan Karanggayam, Kebumen. Di atas areal yang banyak ditumbuhi pohon pinus ini, sepanjang mata memandang pengunjung akan disuguhi landskap alam berupa barisan bukit yang tampak indah. Tidak hanya itu saja, di atas bukit ini juga dapat dijumpai petilasan para leluhur yang pernah singgah di tempat ini.

15. Bukit Dewa 


bukit dewa
via facebook.com/desawonoharjonews

Berlokasi di dusun Lemungsur desa Wonoharjo kecamatan Rowokele, Bukit Dewa terletak di punggungan pegunungan Mahameru pada ketinggian sekitar 600 mdpl. Akses menuju bukit ini cukup menguras tenaga sehingga butuh fisik yang prima. Meski begitu, jalan setapak dan beberapa anak tangga telah dibangun pengelola untuk memudahkan pengunjung naik ke puncak. Dari atas bukit Dewa, kita dapat menyaksikan rimbunnya hutan pinus dan lereng-lereng lembah pegunungan yang tampak indah. 

16. Bukit Kedoya Sempor 


bukit kedoya sempor
via bikinbaperblog.wordpress.com

Selain wisata waduk sempor, anda juga bisa menjumpai wisata bukit kedoya yang berlokasi di desa Tunjungseto Kecamatan Sempor. Dari bukit dengan ketinggian sekitar 179 mdpl ini, anda dapat melihat indahnya pemandangan di bawahnya seperti waduk sempor, perbukitan, hingga kota Gombong yang berada di bagian selatan. Samar-samar juga terlihat garis pantai selatan Kebumen dari atas Bukit kedoya ini. Akan lebih indah jika anda datang pagi-pagi sekali untuk dapat menikmati sunrise dari atas bukit ini. 

17. Bukit Indrakila 


bukit indrakila
via iqbalkautsar.com

Bukit di pegunungan Indrakila ini merupakan bagian dari kawasan Geopark Karangsambung Karangbolong yang berlokasi di desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung. Bukit setinggi kurang lebih 548 mdpl ini menyajikan indahnya kawasan perbukitan dengan landskap waduk wadaslintang yang terlihat dari kejauhan. Selain wisata alam, bukit ini juga dikembangkan menjadi wisata religi dimana masyarakat sekitar biasa menggelar tradisi budaya yang disebut "Megunungan" di atas bukit indrakila ini. 

Itulah di antara beberapa wisata bukit di Kebumen yang indah, keren dan hits di kalangan wisatawan. Semoga bermanfaat.

Labels: Jelajah, Kebumen

Thanks for reading 17 Wisata Bukit Hits, Keren dan Menakjubkan di Kebumen. Please share...!